Seputar Fire Fighting Sistem dan 4 Sistemnya Pada Gedung Bertingkat Tinggi

Kebakaran adalah sebuah musibah yang memang banyak terjadi dan memiliki banyak penyebab juga, tetapi secara umum kebakaran disebabkan oleh konsleting instalasi listrik dalam sebuah gedung atau bangunan tingkat tinggi. Selain itu, kebakaran juga bisa mengakibatkan banyak korban jiwa dan korban harta, artinya kebanyakan memang membuat kerugian yang cukup besar dan memang tidak tanggung – tanggung untuk jumlah angka yang dicapainya.

Oleh sebab itu, maka dibutuhkan sebuah sistem khusus yang mampu menangani hingga mencegah kebakaran besar terjadi dan tentunya bisa meminimalisasi kerugian. Dengan meminimalisasi kerugian inilah maka mudah untuk pemilik perusahaan tersebut bangkit dari keterpurukan atau kerugian yang luamayan. Maka dalam kasus ini fire fighting sistem menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan ini.

Informasi Seputar Fire Fighting

Sistem fire fighting adalah sistem yang disediakan dalam menanggulangi kebakaran dalam sebuah gedung atau bangunan. Sistem fire fighting ini juga banyak dikenal dengan sebutan sebagai sebuah sistem pemadam kebakaran karena memang sesuai dengan fungsi dan tujuan dibuatnya. Kenapa sistem pengamanan dari kebakaran penting dalam sebuah gedung? Karena sebuah gedung atau bangunan yang tinggi pastinya akan memiliki keterbatasan dalam hal penanganan kasus kebakaran nantinya, terutama sistem keamanan seperti ini selalu berhubungan erat dengan keselamatan jiwa manusia.

Lokasi yang susah dijangkau tentunya akan menyulitkan dinas pemadam kebakaran dalam hal penanganan maupun evakuasi korban. Maka disinilah fire fighting berperan banyak, terutama untuk mempercepat proses penanganan agar bisa lebih optimal dan kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran juga tidak terlalu banyak. Selain alasan itu, alasan lain yang juga menguatkan bahwa sistem fire fighting ini menjadi penting adalah karena efek dari kebaaran bisa melemahan struktur gedung jika saja kebakaran yang terjadi tidak diatasi dengan segera.

Sistem Utama dalam Sistem Fire Fighting

Sistem fire fighting untuk sebuah gedung atau bangunan tinggi digolongkan menjadi beberapa sistem yang sifatnya berdiri sendiri namun ketiganya saling berhubungan. Berikut ini adalah 4 sistem yang ada dalam sebuah fire fighting bangunan tingkat tinggi.

  1. Fire Hydrant System

Sistem pertama dalam sebuah fire fighting adalah fire hydrant. Fire hydrant ini merupakan salah satu sistem dalam fire fghting yang dioperasikan manual dengan tenaga manusia, yakni dengan menggunakan media air sebagai sumber pemadam kebakaran. Prinsip kerjanya sendiri dari sebuah sistem fire hydrant adalah ketika hydrant valve pada bagian box hydrant dibuka atau diaktifkan, maka pompa dalam box hydrant akan mengalirkan air ke seluruh instalasi pipa hydrant dalam gedung menuju ke titi vavle yang dalam kondisi terbuka. Sistemnya tidak jauh berbeda dengan keran pada umumnya, yang membedakannya adalah sistem pemompaan serta volume yang stabil.

fire fighting pabrik gudang kantor

  1. Fire Sprinkler System

Fire sprinkler system dalam sebuah sistem fire fighting dalam gedung atau bangunan tinggi merupakan sistem pamadam kebakaran yang memiliki kemampuan bekerja secara otomatis apabila mendeteksi suhu yang panas dengan membandingkan antara suhu sebelum dan sesudahnya atau bisa juga suhu normal dengan suhu sekarang. Ketika sistem ini mendeteksi adanya perubahan suhu atau peningkatan suhu yang drastis maka sistem akan aktif.

Aktifnya sistem sprinkler ini membuat air dalam tangki penyimpanan fire sprinkler menjadi keluar. Berdasarkan kesiapan air dalam pipa instalasinya, fire sprinkler dibagi menjadi 2 jenis, yaitu wet riser sprinkler system dengan dry rise sprinkler system. Sistem kerjanya juga bisa dikatakan sangat kompleks.

  1. Fire Alarm System

Dalam sebuah sistem fire fighting, ada juga sistem yang disebut sebagai fire alarm. Fire alarm ini bisa dikatakan adalah sebuah sistem pendukung pemadam kebakaran pada sebuah bangunan atau gedung bertingkat tinggi. Sistem ini jika dibandingkan dengan fire sprinkler, maka sistem ini bisa dikatakan sebagai sistem yang lebih kompleks daripada sistem fire sprinkler. Fire alarm ini sangat berkaitan dengan sistem keamanan gedung, elevator, intake fan, detector asap, dan lain sebagai yang berada dalam lingkup general fire.

Kecanggihannya juga semakin komplit ketika ternyata sistem fire alarm ini bisa terhubung langsung dengan sudin damkar. Jika dibandingkan dengan sistem yang lain dalam sebuah fire fighting, maka fire alarm aka masuk dalam golongan ujung tombak dari sebuah sistem bagi pengamanan gedung serta isinya.

  1. Portable Fire Extinguisher

Dalam sistem fire fighting, portbale fire extinguisher ini adalah alat pemadam api ringan. Ukurannya yang minim dengan kemampuan terbatas juga termasuk di dalamnya. Tetapi paling tidak dalam sebuah sistem keamanan gedung tinggi, sistem ini juga termasuk dalam hal penting yang patut untuk diperhatikan. Walaupun skala yang bisa dipadamkan adalah hanya skala kecil, tetapi sistem ini meiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah meminimalisasi kerusakan barang – barang elektronik dalam sebuah ruangan. Karena bahan utama yang dijadikan fire fighting adalah berupa gas sehingga tidak terlalu rawan membuat kerusakan pada alat – alat tertentu.

Sistem Fire Fighting Indonesia

%d bloggers like this: