Sistem Fire Sprinkler, Tips Penggunaan dan Perawatan yang Perlu Anda Ketahui

Metode proteksi kebakaran aktif atau sistem fire sprinkler merupakan sistem yang terdiri dari pasokan air. Fire sprinkler nantinya akan bertugas memberikan aliran ke sistem perpipaan distribusi air secara cukup, menuju tempat penyiraman yang terhubung pada api. Meskipun secara umum, fire sprinkler hanya digunakan pada pabrik serta bangunan komersial besar. Namun anda tidak perlu khawatir karena kini sistem yang digunakan untuk rumah dan bangunan kecil telah tersedia dengan harga yang lebih hemat.

Sistem fire sprinkler sendiri telah banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan tidak tanggung-tanggung pada setiap tahunnya, sistem fire sprinkler telah dipasang oleh lebih dari 40 juta kepala. Dan untuk bangunan yang dilindungi oleh sistem penyiraman api secara sempurna, nantinya kebakaran 96 % akan dikendalikan oleh penyiram api saja.

kontraktor sistem fire sprinkler kebakaranCara Kerja Alarm Valves Pada Fire Sprinkler

Meskipun hanya sebuah plug sederhana. Namun sprinkler memiliki fungsi yang sangat penting. Hal tersebut bisa dilihat melalui proses sistem sprinkler itu sendiri. Untuk urutan proses sprinkler sendiri dimulai dari plug yang akan menahan air didalam pipa. Kemudian panas dari api secara otomatis akan memecahkan tabung gelas sehingga sumbat solder akan mencair dan melepaskan air. Selanjutnya air yang tersemprot tersebut akan menutupi area di sekitar sprinkler yang nantinya akan bertugas untuk memadamkan api. Disini hanya akan ada satu sprinkler yang terbuka, yaitu sprinkler yang berada paling dekat dengan api. Sedangkan sistem alat penyiraman lainnya, akan tetap tersegel sehingga air hanya akan menyemprot pada area api. Fire sprinkler system menggunakan alarm check valve untuk pengaplikasiannya. Alarm check valve yang bertugas sebagai equipment utama ini memiliki dua fungsi, yaitu:

1.      Melakukan kontrol terhadap sistem dengan cara memastikan tingkat tekanan air yang mengalir masuk ke fire sprinkler.

2.      Secara otomatis berfungsi untuk memberikan alarm signal dengan menggunakan aliran air, baik secara elektrik ataupun mechanical. Alarm check valve sendiri terdiri dari trim valve atau pipa kecil yang memiliki dua tipe: vertikal dan horizontal.

Cara Kerja Fire Sprinkler System Pada Saat Terjadi Kebakaran

  • Setelah ter-expose panas api dan telah mencapai aktivasi pointnya, sprinkler secara otomatis akan terbuka dan mengeluarkan air (Contoh: 50 C).
  • Clapper yang terletak pada alarm valve akan terbuka, dan membuat seat pada alarm ter-expose. Selanjutnya pipa alram trims akan teraliri air, kemudian air yang mengalir tersebut akan mengaktivasi alarm secara otomatis.
  • Dan yang terakhir, setelah ke pressure switch, alram gong, dan fire sprinkler ailiran air akan berhenti.

 

Tips Penggunaan Fire Sprinkler Paling Mudah dan Tepat Guna

Fire sprinkler sendiri didesain dengan berbagai gaya. Mulai dari liontin klasik, dinding samping, dan juga gaya tersembunyi. Oleh karena itulah, untuk menggunakannya, anda harus memilih fire sprinkler mana yang sesuai dengan yang anda butuhkan sebagai keamanan anda. Untuk lebih mudahnya, berikut beberapa tips penggunaan fire sprinkler yang perlu anda pahami.

1.      Usahakan jangan mengecat atau mewarnainya sendiri karena produsen akan mengecatnya sesuai dengan dekorasi anda.

2.      Pahami dan perhatikan tata letak fire sprinkler. Ada dua tata letak fire sprinkler yang harus anda ketahui. Yaitu mandiri dan gabungan. Tata letak mandiri atau sendiri merupakan tata letak yang memiliki pipa terpisah dan hanya akan melayani alat penyiraman. Sedangkan tata letak gabungan merupakan tata letak yang menggunakan pipa sama untuk melayani perlengkapan pipa dan sekaligus sebagai alat penyiram.

3.      Kontraktor sprinkler dapat menginformasikan pada anda mengenai sistem apa yang baik untuk rumah anda.

4.      Bagi anda yang berada di sistem kota, untuk bisa mengoperasikan alat penyiram, anda diwajibkan memiliki tekanan air yang cukup.

5.      Bagi anda yang berada di sumur atau yang memiliki tekanan air sangat rendah. Mencoba cara lain seperti menggunakan tangki dan pompa sebagai alat penyiram bisa menjadi solusi tepat.

6.      Alat penyiram api hampir tidak membutuhkan pemeliharaan khusus dan hanya akan bekerja ketika anda membutuhkannya.

7.      Dua tahun sekali, anda bisa meminta kontraktor sprinkler untuk mengecek dengan cara melakukan tes aliran sederhana atau jika bisa, anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan kontraktor sprinkler.

8.      Lakukan inspeksi visual terhadap kontrol dan sprinkler sesekali.

9.      Usahakan, gunakan gembok untuk menjaga katub air dalam posisi on atau menyala.

10.  Beri pengertian pada anak anda, bahwa fire sprinkler bukanlah sebuah mainan yang bisa mereka mainkan.

11.  Jangan pernah menggantungkan barang atau apapun pada alat penyiram meskipun hanya sebentar.12.  Jika anda menyewa pelukis, pastikan pelukis agar tidak mengecat sprinkler.

13.  Jangan pernah menghalangi alat penyiram anda dengan furnitur ataupun kain. Karena jika semprotan diblokir, maka sprinkler tidak akan bisa memadamkan api.

Tips Memasang Fire Sprinkler pada Bangunan Baru

1.      Jangan lupa tanyakan pada arsitek atau seseorang yang membangun rumah anda mengenai pengalaman kerja mereka dengan menggunakan penyiram api atau informasi tentang kontraktor sprinkler.

2.      Jika tidak memungkinkan, anda bisa mencari informasi melalui web dari orang terdekat mengenai rekomendasi jasa kontraktor fire sprinkler.

3.      Anda bisa meminta kontraktor sprinkler yang memiliki pengalaman dengan sistem NFPA 1 3D atau standar untuk penyemprotan api rumah).

4.      Kontraktor sprinkler akan menyarankan pada anda dengan memutuskan jenis alat penyiraman terbaik untuk rumah anda. Misalnya untuk pemilihan gaya seperti gaya pendent atau penyiraman tersembunyi yang tradisonal.

5.      Bagi yang mengkhawatirkan pembekuan di daerah anda, anda bisa menggunakan penyiraman samping agar terhindar dari menjalankan pemimpaan di loteng anda.

6.      Biasanya alat penyiram akan dipasang tepat setelah pipa dan listrik sebagai bagian dari proses kontruksi.Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya.

 

 

%d bloggers like this: