bahan pemadam kebakaran clean agent busa air

Bahan pemadam kebakaran terdiri dari beberapa jenis yang mampu memadamkan api dengan kelas tertentu. Sistem pemadam kebakaran sendiri sangat dibutuhkan bagi bangunan sebagai tambahan penting untuk sistem alarm kebakaran. Sistem alarm kebakaran hanya memberitahu bangunan dan penghuninya tentang kebakaran. Sedangkan sistem pemadam kebakaran sebenarnya dapat menghentikan penyebaran api atau memadamkan api sepenuhnya saat dinyalakan.

Jenis-jenis Bahan Pemadam Kebakaran

Sistem Fire Sprinkler berfungsi mirip dengan sistem pemadam kebakaran biasa. Namun, dalam banyak kasus, air biasa tidak dapat digunakan sebagai agen penekan api. Karakter air biasanya malah bisa tidak efektif untuk memadamkan api. Oleh karena itu digunakan jenis bahan pemadam api lainnya yang lebih efektif dan aman digunakan.

Ada beberapa bahan pemadam kebakaran yang umum digunakan untuk sistem proteksi kebakaran bangunan. Berikut ini beberapa jenisnya.

Sistem Supresi Clean Agent

Clean agent ini memiliki kemampuan pemadaman yang luar biasa, tidak merusak lingkungan, dan yang lebih penting, tidak terlalu berbahaya bagi penghuni mana pun.

Sistem Supresi Berbasis Kering/Dry Chemical

Kebanyakan agen kering juga ramah lingkungan, dan memiliki banyak keunggulan yang sama dari bahan clean agent.

Sistem Penekan Karbon Dioksida

Sesuai dengan namanya, agen ini juga sangat menguntungkan terhadap kebakaran karena mematikan api dengan menghilangkan semua oksigen dari area tersebut. Ini sudah tersedia, memiliki pembersihan minimal, dan sangat bagus untuk kebakaran kimia/berbahaya.

Sistem Penekan Busa

Jenis busa tertentu sebagian besar berbahan dasar basah dan sangat cocok untuk cairan yang mudah terbakar karena busa ini menghilangkan bahan bakar langsung dari api. Busa ini memiliki jenis ekspansi tinggi dan rendah tergantung pada area yang dipasang, sementara juga memiliki dampak minimal terhadap lingkungan.

Sistem Supresi Berbasis Air

Ini sangat berguna untuk dapur, di mana saja dengan panas tinggi dan api terbuka, karena sistem ini paling sering dilepaskan secara otomatis (tidak diperlukan stasiun tarik untuk dilepaskan). Agen ini tidak mahal, juga ramah lingkungan, dan memiliki banyak keunggulan lainnya.

Secara keseluruhan, fire suppression system adalah bagian dari teknologi pemadam kebakaran yang memiliki banyak jenis agen yang berbeda. Pemilihan agen pemadam yang tepat dapat memadamkan api secara efektif.

Harga Fire Hydrant Dan Jenis hidran air pabrik gedung

Bahan Pemadam Kebakaran Jenis Clean Agent

Sistem pemadam kebakaran agen bersih menggunakan bahan kimia atau gas inert untuk memadamkan api dengan cepat saat api baru saja mulai dan dapat secara efektif memadamkan kebakaran Kelas A, B, dan C tanpa merusak aset. Sistem supresi agen bersih memanfaatkan gas yang aman bagi manusia dan lingkungan.

National Fire Protection Association (NFPA) mendefinisikan agen bersih atau clean agent sebagai agen pemadam api non-konduktif, volatil, atau gas yang tidak meninggalkan residu pada penguapan. Karena bahan pembersih tidak meninggalkan residu saat dikeluarkan, bahan ini ideal untuk melindungi barang elektronik yang sensitif.

Mereka juga secara elektrik non-konduktif yang berarti bahwa kebakaran yang melibatkan peralatan listrik berenergi dapat dipadamkan tanpa mematikan. Ini dapat menghindari gangguan layanan dan kehilangan data.

Berikut adalah tiga sistem pencegah kebakaran clean agent tanpa air yang dapat melindungi infrastruktur TI (Teknologi Informasi) dari kerusakan.

Cairan Proteksi Kebakaran 3M Novec 1230

Melindungi infrastruktur TI hanyalah salah satu aplikasi untuk 3M Novec 1230. Ini adalah bahan pemadam kebakaran clean agent canggih yang digunakan untuk melindungi aset bernilai tinggi seperti komputer, peralatan switching, susunan disk kamera, dan perangkat penting lainnya.

Untuk beberapa industri, bahkan gangguan teknologi yang paling singkat pun dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan. Novec 1230 dirancang untuk memadamkan api dengan cepat tanpa mematikan dan mengganggu komunikasi.

Sistem Pemadam Kebakaran FM-200

FM-200 adalah agen pemadam kebakaran agen bersih tanpa air yang dipercaya di seluruh dunia. Seperti agen di atas, FM-200 sangat ideal untuk aplikasi di mana ruang minimal, seperti ruang server. Agen disimpan dalam silinder sebagai cairan dan bertekanan dengan nitrogen, menghemat hingga tujuh kali ruang sistem CO2 atau sistem gas inert.

Sistem FM-200 mencapai tingkat pemadaman dalam waktu kurang dari sepuluh detik, menghentikan kebakaran sebelum menyebabkan kerusakan yang signifikan. Ini juga dapat digunakan dengan aman saat ada orang, tidak reaktif, tidak korosif, tidak konduktif, dan menawarkan kinerja yang baik.

Sistem Pemadam Kebakaran Inergen

Inergen adalah satu-satunya agen pencegah kebakaran gas inert yang menyediakan lingkungan yang aman bagi manusia. Itu juga tidak pernah bereaksi dengan api untuk menciptakan produk sampingan yang berbahaya atau beracun.

Untuk ruang kecil yang berisi infrastruktur TI, sistem Inergen dapat menjadi ideal karena waktu tunggu yang sangat baik yang disediakan oleh pemilihan agen ini. Kepadatan Inergen hanya sedikit lebih besar dari udara ruangan yang berarti akan bocor lebih lambat daripada bahan kimia dalam banyak kasus.

Karena memenuhi persyaratan waktu tunggu untuk retensi agen dapat menjadi masalah di ruangan kecil, Inergen sering kali dapat memberikan solusi untuk masalah desain ini. Sistem Inergen dapat dirancang khusus untuk area bisnis-kritis yang sangat kecil dan merupakan cara hemat biaya untuk melindungi peralatan listrik sensitif yang berharga.

Jasa Penyedia Bahan Pemadam Kebakaran

Bahan pemadam kebakaran yang beragam tersebut dapat dipilih berdasarkan kebutuhan bangunan. Tiap bangunan punya risiko kelas kebakaran yang tidak sama karena tergantung dari bahan dan properti di area bangunan tersebut.

Pemilihan dan pemasangan sistem pemadam kebakaran bisa dilakukan oleh jasa kontraktor fire protection. Totalfire Indonesia dapat diandalkan untuk melakukan instalasi sistem proteksi kebakaran yang dibutuhkan. Kami merupakan jasa profesional yang menerapkan standar internasional dan telah berpengalaman selama bertahun-tahun.