Informasi Lengkap Tentang Biaya Jasa Instalasi Fire Alarm

Jasa Instalasi fire alarm di pabrik gudang kantor data center bank

Sistem proteksi kebakaran banyak jenisnya, salah satunya adalah fire alarm. Peralatan ini menjadi prioritas bagi Anda yang ingin melindungi aset berharga dari bahaya kebakaran. Sekarang sudah banyak penyedia layanan jasa instalasi fire alarm, namun pastikan yang Anda pilih adalah yang terpercaya.

Komponen Fire Alarm

Fire alarm merupakan sebuah sistem, dimana di dalamnya tersusun dari beberapa komponen. Masing-masing komponen saling berkaitan fungsinya antara yang satu dengan yang lain.

Satu perangkat fire alarm terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu: control panel. Supervision, fire alarm annunciator, power supply, alarm system, notification appliance dan alarm initiating device. Pada komponen alarm initiating device terdiri dari duct smoke detector assemblies, addressable heat detectors dan addressable manual station.

Selain komponen utama tersebut, fire alarm juga memiliki komponen pelengkap yaitu: manual pull station, heat detector, smoke detector, water flow alarms, duct smoke detector, valve tamper swich, fire pump supervisiory signals, trouble signals, high or low pressure signal dan special door locking arrangements.

Untuk melakukan pemasangan fire alarm, baik komponen utamanya maupun pelengkapnya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan ahli. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Kecepatan Fire Alarm Mendeteksi Tanda Kebakaran

Ada dua tipe fire alarm, yaitu tipe konvensional dan addressable. Keduanya memiliki perbedaan pengamatan dan harganya juga berbeda. Anda harus mempertimbangkan detektor yang sesuai termasuk kecepatan dalam mendeteksi tanda kebakaran.

  1. Pilih Sistem Yang Dapat Meminimalkan Fake Alarm (Kesalahan Alarm)

Terkadang fire alarm sistem mengalami masalah, seperti salah bunyi atau bunyi yang tidak tepat bahkan tidak berbunyi saat situasi darurat. Oleh sebab itu, penting memilih supplier atau jasa instalasi fire alarm yang menjamin keaslian dan kualitas peralatan proteksi kebakaran. Selain itu Anda juga bisa mengantisipasi dengan menggunakan manual call point untuk mencegah terjadinya kesalahan alarm.

Manual call point atau emergency break glass sangat bermanfaat mengantisipasi ketidakberfungsian detektor. Harga peralatan ini berbeda-beda, tergantung kualitas. Semakin bagus kualitasnya harganya pun semakin mahal.

  1. Kemampuan Detektor Memprediksi Penyebaran Api

Semakin bagus kemampuan detektor mendeteksi penyebab kebakaran maka semakin ideal untuk digunakan. Tapi juga harus disesuaikan dengan konstruksi pemasangan fire alarm yang akan dilakukan. Ada beberapa jenis detektor, seperti detektor panas, api, asap dan gas, pilihlah yang paling tepat. Masing-masing jenis detektor harganya berbeda-beda.

  1. Faktor Lingkungan

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan dalam memilih detektor adalah faktor lingkungan. Misalnya, kelembapan udara di dalam ruangan yang akan dipasang detektor, debu, suhu ruangan dan bahan atau benda-benda yang ada di dalam ruangan.

  1. Besarnya Ruangan

Luas atau besarnya ruangan yang akan dipasang fire alarm juga menentukan jumlah dan sistem yang akan digunakan. Apakah tepat menggunakan sistem alarm kebakaran tipe konvensional, addressable atau semi addressable.

Solusi Instalasi Fire Alarm Tanpa Resiko Dan Biayanya

Proses instalasi fire alarm yang bisa dibilang sangat rumit ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke tenaga ahli atau kontraktor dan harus ditangani (dilakukan) oleh teknisi ahli profesional. Biayanya relatif terjangkau dibandingkan dengan resiko kerusakan dan kerugian ke depannya.

Mengenai berapa harga yang pasti instalasi fire alarm, berbeda-beda antara jasa yang satu dengan yang lain. Namun umumnya biaya untuk pemasangan fire alarm tergantung kebutuhan gedung karena setiap gedung memiliki luas dan kebutuhan yang berbeda-beda. Selain itu jenis alarm yang dipasang juga menentukan berapa biayanya.

Biaya jasa instalasi fire alarm  umumnya dipatok berdasarkan komponen yang digunakan dan biaya tambahan lainnya. Seperti jumlah pemasangan heat dan smoke detektor, harganya dihitung per detektor yang dipasang. Biaya pemasangan kabel dihitung per meter, alarm set dihitung setiap setnya.

Misalnya, komponen smoke detector atau heat detektor bisa menghabiskan biaya Rp 150.000,- per satu detector. Biaya instalasi gas detector dan flame detector per buahnya Rp 250.000,- sedangkan pemasangan sistem perkabelan sekitar Rp 2.000.000,- per meter.

Untuk pemasangan komponen control panel jenis konvensional biayanya sekitar Rp 50.000.000,-  per zona. Pemasangan satu set komponen fire alarm, mencakup alarm bell, MPC dan indicating lamp sekitar Rp 300.000,- per set.

Harga tersebut hanya gambaran saja dan terjadi kenaikan harga jasa setiap tahunnya. Anda bisa memilih PT Totalfire yang sudah sejak 2005 memberikan layanan jasa instalasi fire alarm, pengadaan dan perawatan. Pemasangan dilakukan dengan profesional dan dikerjakan oleh tenaga ahli sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku.

Totalfire juga melayani instalasi fire alarm untuk seluruh wilayah di Indonesia. Memberikan penawaran harga terbaik dan jaminan dapat berfungsi dengan baik.