Dilarang Panik! Lakukan Hal Ini Ketika Terjadi Kebakaran Gudang

jual alarm kebakaran gudang, harga alarm api, jenis alarm api

Gudang dalam suatu perusahaan merupakan salah satu aset yang berharga, sehingga patut diperhatikan keamanannya. Jangan sampai akibat keteledoran atau kesalahan kecil, keamanannya jadi terganggu bahkan berdampak pada kerugian besar. Saking pentingnya keamanan gudang, setiap perusahaan disarankan memasang alarm kebakaran gudang demi penjagaan keamanan yang maksimal.

Apapun jenis barang yang disimpan, potensi kebakaran gudang sangat tinggi. Ini bisa disebabkan oleh faktor keteledoran seperti tersulut api atau korslet listrik, maupun unsur kesengajaan. Apapun penyebabnya, langkah antisipatif perlu dilakukan. Tujuannya ialah mencegah kerugian yang besar akibat tersulut api.

Lantas, langkah apa saja yang bisa kita lakukan ketika terjadi kebakaran gedung? Terdapat langkah tepat yang bisa diterapkan, dengan penjelasan dalam uraian berikut ini.

  1. Jangan Panik

Tanda kebakaran pada gudang bisa terasa ketika Anda melihat api dan asap yang mengepul, atau berbunyinya alarm kebakaran gudang. Ketika hal itu terjadi, hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah jangan panik.

Semua orang pun tahu kalau orang yang berada di area kebakaran pastinya sedang ada di posisi bahaya. Tapi ketika Anda panik, justru hanya akan memperparah keadaan, sebab tingkat konsentrasi akan buyar, sementara Anda jadi kehilangan fokus untuk melakukan tindak penyelamatan diri.

Ketimbang panik, lebih baik segera mengambil langkah cepat untuk berlari menuju tangga darurat, atau menyusuri rute keselamatan yang biasanya berada dekat tangga atau lift. Selanjutnya, jangan lupa untuk melapor pada petugas keamanan agar segera dilakukan pemadaman api.

  1. Mematikan Peralatan Listrik

Ketika alarm kebakaran gudang berbunyi, jangan buru-buru meninggalkan ruangan. Dalam situasi yang tenang, segeralah mematikan pusat peralatan listrik meskipun aliran listrik tersebut jauh dari sumber api. Cara ini akan efektif mencegah kobaran api lebih meluas akibat arus pendek atau ledakan api karena listrik.

  1. Bernapas Perlahan

Kebakaran di dalam gedung berpeluang besar menghasilkan asap pekat yang akan mengganggu saluran pernapasan. Ketika Anda terjebak dalam gudang yang terbakar, segeralah mengambil kain atau tisu basah lalu tutuplah hidung dan mulut Anda sembari bernapas perlahan. Ini akan membantu Anda tidak kekurangan oksigen sehingga punya cukup energi untuk melakukan tindak penyelamatan.

Sembari menutup saluran pernapasan, berjalanlah perlahan sembari membungkuk atau merangkak. Sifat asap cenderung membumbung ke atas. Jadi ketika Anda membungkuk, asap di bagian bawah ruangan tidak akan terlalu pekat.

  1. Mengikuti Petunjuk Evakuasi

Gudang yang sudah dilengkapi alarm kebakaran gudang biasanya telah juga memiliki sistem evakuasi yang siaga. Ketika kebakaran melanda, Anda diharapkan tidak panik dan membuat gaduh suasana. Sebaliknya, ikutilah petunjuk evakuasi dengan tenang. Cara ini akan mempersingkat jalur penyelamatan, pun membantu petugas untuk memadamkan api tanpa harus memakan korban jiwa.

  1. Hindari Keramaian

Anda bisa saja bersikap tenang, tapi orang lain belum tentu. Kepanikan akan membuat kegaduhan dan keramaian sehingga menutup jalur evakuasi. Ketika hal ini terjadi, Anda jangan ikut bergabung di kerumunan tersebut. Tapi segeralah mencari jalan keluar lain, dan kalau bisa, ajaklah kerumunan untuk ikut mengikuti jalur evakuasi secara tertib.

Pada akhirnya, tidak ada pelaku usaha manapun yang ingin gudangnya mengalami kebakaran. Tapi ketika hal tersebut tak bisa dielakkan maka jangan sampai Anda memasrahkan diri sebagai korban. Langkah penyelamatan harus dimulai dengan ketenangan, lalu dilanjutkan dengan evakuasi secara tertib.

Setiap perusahaan diharapkan melengkapi gudangnya dengan alarm kebakaran gudang yang terandal. Maksudnya, fungsi alarm harus efektif menjadi tanda awal kebakaran, sehingga tindak pemadaman bisa segera diberlakukan.

Seperti diketahui, saat ini telah banyak diproduksi alarm kebakaran terbaru yang dilengkapi teknologi mutakhir. Bagi Anda yang belum melengkapi sistem pergudangan dengan alarm, segeralah melakukan pemasangan.

Langkah tersebut pastinya akan mengeluarkan biaya. Tapi pastinya biaya tersebut tidak akan sebanding dengan manfaat yang terasa ketika bencana kebakaran melanda. Jangan sampai akibat kelalaian atau lambat mengantisipasi, perusahaan malah mengalami rugi besar akibat kebakaran yang tak tertangani.

Untuk informasi dan konsultasi seputar alarm kebakaran paling andal, Anda bisa menghubungi kami melalui live chat. Terbuka pula peluang diskusi di kolom komentar sehingga semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya langkah antisipasi kebakaran gudang. Salam waspada!