kebakaran gudang

Jika anda pernah melihat sebuah benda kecil yang berbentuk seperti kran di atas bangunan, kurang lebih seperti itulah gambaran wet pipe system secara sederhana. Wet pipe system merupakan salah satu bagian dari benda kecil atau yang lebih dikenal dengan nama fire sprinkler system tersebut. Umumnya, benda kecil ini dipasang pada bangunan yang memiliki risiko tinggi kebakaran seperti pabrik kimia, atau gudang. Fungsi wet pipe tersebut untuk  meminimalisir terjadinya kebakaran gudang atau pabrik kimia.

Seperti halnya fire sprinkler system yang memiliki tugas untuk mencegah atau mengurangi risiko kebakaran. Wet pipe system bertugas untuk mengeluarkan air, ketika terdapat tanda-tanda kebakaran seperti asap, ataupun api. Sistem ini, umumnya dipasang dengan cara dihubungkan pada fire sprinkler. Sehingga ketika suhu naik, wet pipe system akan terbuka dan berusaha memadam api tersebut. Selain itu, ada banyak keuntungan wet pipe system lainnya. Keuntungan-keuntungan tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki Harga Yang Ekonomis

Jika dibandingkan dengan dry pipe system. Tentu Wet pipe system lebih cocok digunakan untuk mencegah kebakaran gudang. Karena memang wet pipe memiliki harga yang lebih murah atau ekonomis. Bukan hanya murah dalam pembayaran instalasi saja, tetapi wet pipe system  juga murah dalam hal pemeliharaan.

Hal tersebut dikarenakan wet pipe system hanya memiliki sedikit perangkat saja. Sehingga tidak heran, jika dibandingkan dengan jenis sprinkler lainnya, wet pipe system lebih banyak dipilih untuk digunakan.

  1. Sederhana, Tetapi Memiliki System Kerja Yang Efektif

Keuntungan yang paling menonjol dari wet pipe system yaitu meskipun hanya memiliki sedikit penunjang. Namun wet pipe system memiliki cara kerja yang efektif. Hal itu disebabkan karena, wet pipe memiliki sistem yang akan langsung memancarkan air ketika alarm fire berbunyi. Tanpa menunggu adanya tekanan udara yang keluar. Sehingga sebelum parah, kebakaran gudang bisa cepat teratasi.

Keefektifan ini tentu sangat menguntungkan. Terlebih jika kebakaran tersebut terjadi pada tempat penyimpanan yang mudah terbakar. Sehingga kemungkinan dan risiko api membesar akan menjadi kecil.

Keefektifan wet pipe system sendiri telah teruji sejak dua ratus tahun yang lalu. Terbukti sampai saat ini, dibandingkan dengan jenis sprinkler lain, kegagalan wet pipe system dalam mencegah kebakaran gedung terbilang paling sedikit. Keuntungan lain dari wet pipe system yaitu ketika rusak, anda bisa memperbaikinya dengan mudah.

  1. Sangat Mudah Dimodifikasi

Karena menggunakan sistem yang ringan. Wet pipe system sangat mudah dimodifikasi. Dalam prosesnya, anda hanya perlu melakukan modifikasi sistem seperti pengosongan pipa, dan juga pasokan air dari sumber. Hal ini tentu juga akan membuat  anggaran saat proses mendeteksi kerusakan menjadi lebih hemat.Pendeteksian kerusakan sendiri, bisa anda lakukan menggunakan peralatan kontrol khusus. Atau jika anda khawatir kerusakan menjadi semakin parah. Anda bisa mencari jasa pengecekan atau pemasangan alat ini secara benar dengan cara mengunjungi https://totalfire.co.id/. Selain mendapatkan informasi secara detail mengenai sprinkler system, disini anda juga akan mendapatkan informasi lengkap mengenai pemasangan fire fighting system juga. Sebagus apapun wet pipe system yang anda pilih, jika tidak dipasang sesuai prosedur maka fungsinya tidak akan maksimal.

  1. Memiliki Waktu Downtime Yang Singkat

Setelah mendeteksi adanya kebakaran, seperti kebakaran pabrik, atau kebakaran gudang. Biasanya head sprinkle akan pecah dan mengeluarkan air untuk memadamkan api. Selanjutnya, bagian ini akan diganti dengan mengisi sumber air baru melalui saluran yang tersedia.

Tidak perlu khawatir, karena proses penggantian tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, anda juga tidak memerlukan reset peralatan kontrol agar sistem bisa bekerja kembali seperti pada jenis sprinkle lainnya. Karena secara otomatis wet pipe system akan kembali bekerja seperti semula tanpa harus direset kembali.

Itulah keuntungan-kentungan yang bisa anda peroleh ketika menggunakan wet pipe system. Namun perlu diketahui, meskipun memiliki keuntungan yang banyak. Bukan berarti wet pipe system sempurna. Wet pipe system tetap mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat dipasang pada lingkungan yang memiliki suhu sangat dingin. Hal tersebut disebabkan karena di suhu yang dingin sistem wet pipe tidak dapat menahan suhu sehingga sistem akan pecah, bocor, dan rusak.

Demikian informasi mengenai keuntungan wet pipe system jika dipasang sebagai alarm kebakaran gudang tersebut. Semoga membantu anda menemukan solusi mengamankan aset berharga anda.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! contact us now!