Jasa Pemasangan Fire Sprinkler Untuk Bangunan Bertingkat Haruslah Yang Terbaik

jasa pemasangan fire sprinker indonesia, jakarta, surabaya, batam

Fire sprinkler system merupakan salah satu alat yang dipasang di bangunan atau gedung perkantoran, sekolah, mall bahkan di rumah hunian sebagai alat pencegah terjadinya kebakaran. Sistem ini terpasang secara permanen di bangunan fungsinya untuk memadamkan api secara otomatis jika terjadi kebakaran.

Karena itu, pemasangan fire sprinkler harus dengan perencanaan yang matang dan sesuai standar yang seharusnya dan percayakan pada jasa pemasangan fire sprinkler yang terpercaya dan memiliki teknisi ahli. Namun sebelum kita membahas lebih jauh simak terlebih dahulu jenis-jenis fire sprinkler system dan cara kerjanya berikut ini.

Jenis-Jenis Fire Sprinkler System

Ada beberapa jenis fire sprinkler yang perlu Anda ketahui. Setiap sistem tersebut memiliki keunggulannya dan fungsinya masing-masing, yaitu:

  1. Dry Pipe System, fungsinya untuk menyambungkan sistem pada perpipaan dengan bantuan sprinkler otomatis. Pipa tersebut berisi nitrogen dengan tekanan tertentu. Nitrogen akan terlepas karena ada panas atau suhu di ruangan.
  2. Wet Pipe System, fire sprinkler ini banyak diaplikasikan di negara tropis. Menggunakan sprinkler otomatis yang tersambung pada suplai air. Ketika sistem mendeteksi tanda kebakaran, air akan keluar secara otomatis
  3. Deluge System, yaitu sistem yang disambungkan terlebih dahulu pada pipa untuk memudahkan menyuplai air yang keluar jika terjadi kebakaran.
  4. Preaction System, cara kerjanya sama dengan sistem lain, yaitu menggunakan sprinkler otomatis yang harus disambungkan ke sistem pipa. Pipa ini memiliki tekanan untuk melakukan detektor tambahan menggunakan fire sprinkler.
  5. Kombinasi Dry Pipe – Preaction, sistem yang menggunakan pipa berisi udara yang memiliki tekanan. Menggunakan bantuan detektor untuk mendeteksi kontrol air dan udara.

Prinsip Kerja Dan Standar Perencanaan Fire Sprinkler System Pada Bangunan Bertingkat

Fire sprinkler bekerja jika sistem mendeteksi tanda-tanda berupa suhu panas yang berbuah di sebuah ruangan hingga mencapai 68 celcius. Secara otomatis sistem mengeluarkan air yang ada di bagian sprinkler. Setelah itu, clapper memunculkan alarm otomatis dan air menuju pipa.

Standar yang menjadi acuan pemasangan fire sprinkler gedung bertingkat, adalah National Fire Protection Association NPPA 13: Installation of sprinkler system, Fire offices committee: Rules for Automatic Sprinkler Installation 1974.

Perencanaan pemasangan fire sprinkler gedung bertingkat harus mempertimbangkan pancaran air, idealnya debit air yang dikeluarkan oleh empat mata sprinkler yang berdekatan dan disimpan dalam persegi panjang atau empat bujur sangkar dan jajaran genjang yang dibagi 4 luasnya. Penempatannya disarankan dipasang selang seling dibagi empat kali.

Perencanaan dalam setiap bangunan berbeda-beda tergantung sifat bangunan tersebut. Klasifikasi resiko kebakaran dapat dibedakan berdasarkan struktur bahan bangunan, sifat bahan yang tersimpan di dalam bangunan, banyaknya material yang tersimpan dan jumlah penghuni.

Untuk lebih jelas berikut ini, sifat bangunan yang menentukan perencanaan pemasangan fire sprinkler.

  • Bangunan bahaya kebakaran ringan, adalah bangunan yang resiko terjadi kebakarannya rendah. Jika terjadi kebakaran penghasil panasnya rendah sehingga penjalaran pun rendah.
  • Bangunan bahaya sedang kelompok I, adalah bangunan yang resiko kebakarannya sedang. Bangunan yang menyimpan material yang mudah terbakar dengan tinggi tumpukan tidak lebih 2,5 m. Jika terjadi kebakaran panas yang dihasilkan sedang dan resiko menjalarnya pun sedang.
  • Bangunan bahaya kebakaran sedang kelompok II, adalah jenis bangunan yang memiliki jumlah material dan resiko kebakaran sedang. Bedanya dengan kelompok I adalah material yang tersimpan tidak lebih dari 4 meter. Jika terjadi kebakaran panas yang dihasilkan sedang dan kemungkinan menjalarnya pun sedang.
  • Bangunan bahaya kebakaran sedang kelompok III, adalah bangunan yang jumlah dan materialnya bisa terbakar dengan panas yang tinggi, sehingga memungkinkan penjalaran terjadi lebih cepat.
  • Bangunan bahaya kebakaran berat, adalah bangunan yang memiliki banyak material/barang yang memiliki resiko tinggi mudah terbakar. Sehingga jika terjadi kebakaran dapat menghasilkan panas yang sangat tinggi dan penjalaran bisa terjadi dengan cepat. Misalnya, bangunan/gudang yang berisi cairan yang mudah terbakar atau meledak.

Dari pembahasan tersebut kita mengetahui bahwa pemasangan fire sprinkler sistem tidak bisa dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh teknisi ahli di bidangnya dan dengan perencanaan yang tepat dan matang.

Jasa Pemasangan Fire Sprinkler System Berkualitas Dan Terpercaya

Sekarang Anda tidak perlu bingung mencari jasa pemasangan fire sprinkler dengan teknisi ahli karena PT Totalfire siap membantu pengerjaan instalasi pemasangan fie sprinkler. Menggunakan teknisi ahli dan memiliki banyak pengalaman sehingga kualitas pekerjaan rapi, efisien, dan terjamin.

Untuk mengetahui informasi lebih detail bisa hubungi website kesayangan Anda ini. Jika Anda ingin bertanya mengenai fire Alarm system lainnya bisa konsultasikan terlebih dahulu. Selain bergerak di bidang pengadaan produk, pemasangan dan perawatan, Totalfire juga konsen memberikan edukasi pentingnya perlindungan pencegahan kebakaran.

Dengan memasang fire sprinkler di rumah atau di ruang bisnis Anda, artinya Anda sudah mempersiapkan perlindungan lebih cepat dan modern terhadap kebakaran. Alat ini memberikan perlindungan yang otomatis, tidak ada campur tangan manusia dalam usaha memadamkan api.