Fire suppression system adalah salah satu perangkat yang harus siap sedia di lokasi yang rawan terjadi kebakaran. Contohnya saja di area pertambangan dimana alat berat berbagai jenis selalu bekerja maksimal selama hampir seharian atau 24 jam dalam setiap harinya, itulah mengapa pertambangan memiliki potensi tinggi terjadinya kebakaran, walau tanpa disengaja sekalipun. Dengan adanya alat berat yang terus bekerja dengan ditambah wilayah bersuhu tinggi, ditambah alatnya minim perawatan maka suhu akan meningkat semakin tinggi dan ada pemicu barang sedikit saja sudah mampu menimbulkan kebakaran hebat.

Hal pertama yang akan dilakukan tentu pemadaman secara manual, biasanya dengan menggunakan APAR. Namun hal itu bukanlah merupakan solusi yang paling tepat, itu dikarenakan reaksi api bisa jadi jauh lebih cepat dari berbagai macam upaya pemadaman yang dilakukan. itulah mengapa fire suppression system yang tepat bagi sebuah alat berat itu posisinya menjadi sangat vital serta menyangkut banyak hal.

Cara Kerja Fire Suppression System

Adapun sistem ini biasa disebut juga  sebagai Fire Fighting System atau Fire Protection System, ini adalah sebuah sistem yang sengaja didesain untuk mencegah dan atau memadamkan kebakaran yang terjadi. Fire Suppression System ini ialah kombinasi tepat dari perangkat sistem pendeteksi dini dengan perangkat sistem penindakan dimana mereka mampu bekerja bersama dan otomatis untuk menyelesaikan masalah yakni api yang terus menyambar.

Sekali selesai memasang fire suppression system, maka sensor yang terintegrasi pada perangkat ini akan otomatis memantau kondisi yang ada di lingkungan berdasarkan pada standar setting yang telah dibuat sebelumnya. Apabila ada asap atau muncul sumber api, maka Fire Suppression System ini akan secara otomatis menyemburkan bahan pemadam yang ampuh untuk memadamkkan sumber api dalam jangka waktu yang cepat.

Adapun penjelasan singkat mengenai sistem yang disusun dalam fire suppression system  ini ialah sebuah tabung kompresor atau akumulator, dikoneksikan pada sistem alat berat yang memiliki fungsi untuk bisa mengakumulasikan tekanan gas, akumulator itu terpasang paralel dengan tabung pemadam dengan isi bahan pemadam atau disebut juga clean agent.

Adapun keduanya dihubungkan menggunakan detektor panas yang berupa pipa dan pipa tersebut terbuat dari bahan polimer yang terkenal tahan panas, juga dikoneksikan dengan alarm dan juga lampu sirine yang akan menyala saat sensor panas telah mendeteksi perubahan temperatur dalam ruangan atau pun timbul asap pekat.

Setelah hal itu terdeteksi maka alarm tanda bahaya dan lampu sirine akan bereaksi, kemudian di saat yang sama, valve pada kompresor akan terbuka dan tekanan gas yang muncul mendorong bahan pemadam yang ada dalam tabung , mengalir menuju nozzle dan kemudian disemburkan ke arah sumber api untuk memadamkannya

Macam-Macam Bahan Pemadam Fire Suppression System

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam fire suppression system terdapat clean agent atau bahan pemadam. Adapun bahan pemadam—clean agent, tersebut ada berbagai macam jenis. Bahan yang biasa digunakan misalnya

  • Clean Agent. Misalnya FM200, Novec 1230, Inertgent System
  • Foam
  • CO2
  • Dry Chemical Powder, dan lain sebagainya.

Adapun pemilihan dari berbagai bahan pemadam itu sendiri akan disesuaikan dengan berbagai situasi yang ada, contohnya seperti potensi sumber api, apa sajabahan-bahan yang berpotensi terbakar di lokasi rawan kebakaran, bahkan seberapa luasnya area pemadaman dan juga berapa ukuran dari benda-benda yang memiliki potensi mudah terbakar pun menjadi alasan pemilihan bahan pemadam.

Mengingat sekarang sedang gencar dikampanyekan misi untuk menjaga bumi, maka kebanyakan produk-produk yang ada di pasaran berusaha untuk selalu ramah lingkungan. Itulah kenapa Fire Suppression System berbagai merk berbasis Clean Agent. Hal itu dikarenakan clean agent ini memiliki keefektifan tinggi dalam mematikan sumber dan tentu saja lebih ramah dengan lingkungan, apalagi jika dibandingkan bahan berbagai jenis pemadam konvensional lainnya seperti Foam, Dry Chemical Powder, CO2, dan lainnya. Oleh sebab itu, usahakan anda memilih sistem pemadam kebakaran yang ramah lingkungan namun tepat dan cepat memadamkan api.