Apa itu EPC?

 

EPC (Engineering, Procurement and Construction) adalah istilah yang digunakan untuk proses perencanaan atau design yang digunakan untuk pengadaan, pembelian yang kemudian berlanjut ke proses kontruksi atau membangun apa yang sudah dirancang. Perusahaan yang mengerjakan EPC disebut EPC Company.

EPC disebut juga integrator karena sebagai jembatan yang mengkoordinasikan seluruh bagian yang berhubungan dengan pembangunan, mulai dari lincensor yaitu pemilik lisensi, vendor yang menjual barang, shipper yang mengirim barang bahkan operator yang mengoperasikan plant.

Biasanya orang menyamakan proyek EPC dengan jenis proyek kontruksi, padahal keduanya memiliki perbedaan. Pada EPC harus diketahui proses yang terjadi di dalamnya. Selain itu, memahami rumitnya proses dapat membantu menyelesaikan kompleksitasnya.

Memang pada kerja EPC memiliki tantangan yang sangat tinggi dan lebih kompleks dibandingkan dengan konstruksi biasa pada industri berat, seperti industri minyak dan gas, pertambangan, pembangkit tenaga listrik dan lain sebagainya.

Karakteristik dan pekerjaan EPC memiliki perbedaan dengan proyek konstruksi biasa. Agar hasil proyek EPC maksimal, penting untuk mengetahui proses yang terjadi. Dengan memahami rumitnya proses, membantu menyesaikan kompleksitasnya.

Pekerjaan EPC memiliki saling ketergantungan antar aktivitas yang ada. Perencanaan dan pemecahan aktivitas harus dikerjakan dengan detail, struktur organisasi dan kadang muncul ketidakpastian dalam akurasi prediksi yang muncul pada saat pelaksanaan.

Sama halnya dengan konstruksi tradisional, pada proyek EPC juga memiliki tujuan yang sama yaitu tercapainya persyaratan waktu, biaya dan hasil yang maksimal. Untuk mengetahui seperti apa proyek EPC ada baiknya mengetahui apa yang menjadi latar belakang munculnya proyek EPC.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu seb EPC (Engineering, Procurement and Construction) baiknya simak penjelasan masing-masing arti dari singakatan tersebut.

 

EPC (Engineering, Procurement, and Construction) Fire Protection

 

Waktu Penyelesaian

Dengan menggabungkan pekerjaan desain, pengadaan barang dan konstruksi maka waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Dengan waktu yang singkat maka proyek tersebut bisa lebih cepat beroperasi. Hal ini berhubungan dengan investasi pada proyek konstruksi, karena dengan semakin cepatnya proyek dioperasikan maka uang yang diinvestasikan bisa cepat kembali.

Anggaran Biaya

Pemilik proyek tentu menginginkan anggaran biaya yang dikeluarkan serendah mungkin sesuai dengan pengembalian investasi. Atau bahkan mungkin mendapatkan keuntungan. Hal tersebut dapat dicapai dengan mempercepat proyek konstruksi, mengurasi resiko yang bisa terjadi, melakukan perencanaan yang matang dan lain sebagainya. Dengan berkurangnya waktu pengerjaan maka biaya proyek dapat lebih murah.

Standar Mutu

Pemilik proyek EPC yang akan mempekerjakan jasa kontraktor EPC akan membutuhkan standar kualitas pada masing-masing pekerjaan pada proyeknya. Hal ini menjadi salah satu patokan yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

jasa EPC (Engineering, Procurement, and Construction) Fire Protection

 

Keuntungan Menggunakan Jasa EPC

Dari pembahasan tersebut kita dapat mengetahui, bahwa biasanya pemilik proyek memilh perusahaan EPC karena beberapa pertimbangan, seperti: dengan menggunakan jasa EPC pekerjaan dapat diminimalisasi, pemilik proyek hanya berhubungan dengan penanggung jawab EPC sehingga proses koordinasi dan monitoring lebih jelas dan efisien.

Selain itu, pemilik proyek mendapatkan jaminan kualitas, waktu pengerjaan yang cepat, biaya yang lebih kecil. Jika terjadi perubahan harga atau kenaikan harga dan kebutuhan atau pengadaan barang, bisa diketahui sejak awal pekerjaan (pada proses perencanaan).

Pekerjaan EPC tidak hanya membutuhkan kesiapan dari perusahaan EPC saja, namun membutuhkan kesiapan pemilik proyek. Pemilik proyek harus menjelaskan secara detail setiap kebutuhan, hal ini meliputi: penjelasan atau uraian fasilitas, keluaran yang diinginkan/dibutuhkan, kualitas, lamanya waktu pelaksanaan dan budget biaya. Sedangkan bagi perusahaan EPC harus memiliki kemampuan yang tepat dalam hal pembuatan desain fasilitas yang akan dibangun. Dengan desain yang tepat maka dapat mengadakan perhitungan yang nantinya dimasukkan ke dalam penawaran.

Selain itu, perusahaan EPC juga harus memiliki kemampuan membuat proposal untuk mendapatkan berbagai jenis tenaga ahli.Bagi Anda yang sedang mencari jasa EPC (Engineering, Procurement and Construction) kami rekomendasikan untuk menggunakan jasa perusahaan Totalfire Indonesia.

Anda bisa konsultasi proyek yang Anda inginkan. Selain itu, PT Totalfire menerima jasa pesanan, pengadaan dan instalasi sistem. Untuk info lebih lanjut anda dapat langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!