Ingin Bisnis Jual Sprinkler Kebakaran? Pahami Berbagai Hal Mengenai Sprinkler Berikut Ini

Fire protection indonesia Jual sprinkler kebakaran pemadam api

Ada sebagian orang yang masih gagal memahami mengenai ancaman kebakaran. Dengan mengatakan bahwa kebakaran tidak akan mungkin ada di sini, atau sekalipun ada akan segera bisa ditangani karena dekat dengan kantor pemadam kebakaran. Selain kedua alasan tersebut, alasan tercovernya biaya kerugian oleh asuransi yang diikuti juga membuat seseorang memilih tidak memasang alat proteksi kebakaran karena dirasa biayanya terlalu tinggi.

Namun sayangnya, anggapan tersebut benar-benar keliru. Api tidak akan muncul langsung besar. Biasanya berawal dari kecil dulu yang kemudian akan cepat sekali membesar. Nah, ketika telah besar dan melahap apapun benda di sekitarnya, baik benda mati maupun benda hidup, banyak orang baru menyadari. Betapa pentingnya memasang instalasi fire protection untuk melindungi bangunan dari bahaya kebakaran.

Setelah faham fenomena ini, banyak sekali pemilik bangunan yang telah sadar untuk memasang fire protection system. Hal inilah yang menjadi peluang bisnis tersendiri bagi beberapa pengusaha. Menjadi distributor atau jual sprinkler kebakaran.

Mengapa harus jual sprinkler kebakaran? Bukan sistem proteksi api yang lain? Karena fire sprinkler adalah sistem proteksi api yang dirasa cukup canggih untuk diaplikasikan pada jaman sekarang. Sprinkler bisa diaktifkan secara otomatis. Sehingga jika sensor detector menemukan adanya percikan api atau hawa panas di ambang batas maka secara otomatis akan menyemprotkan air melalui kepala sprinkler.

Air ini berasal dari pipa sprinkler yang dihubungkan langsung dengan kepala sprinkler. Ketika air telah dikeluarkan, maka secara otomatis alarm tanda kebakaran akan berbunyi memberi tahu pada seluruh penghuni bahwa telah terjadi bahaya kebakaran. Sehingga semua penghuni bisa lari menyelamatkan diri.

Hal inilah yang membuat fire sprinkler menjadi primadona bagi para pemilik bangunan sebagai sistem proteksi api. Sehingga membuka peluang bisnis tersediri di bidang jasa jual spribkler kebakaran.

Nah, bagi anda yang berniat membuka bisnis jual sprinkler kebakaran, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang terkait dengan sistem proteksi api sprinkler ini.

  1. Cara Alarm Merespon

Ketika tiba-tiba ada air yang keluar dari kepala sprinkler, maka secara otomatis alarm akan berbunyi untuk memberitahu bahwa bahaya kebakaran sudah di depan mata. Selain di area kebakaran, alarm kontrol juga akan berbunyi di pusat kontrol yang ada di luar area kebakaran. Fungsi pusat kontrol ini adalah sebagai pusat pemadam kebakaran agar ada petugas pemadam kebakaran yang segera datang ke lokasi kebakaran.

  1. Cara Sprinkler Merespon

Secara otomtis, springkle akan memberi respon dalam dua hal yaitu mengendalikan dan memadamkan api. Kepala sprinkler akan menyemprot dan membasahi pusat percikan api sebagai salah satu cara agar kerusakan tidak meluas. Selain itu, air juga akan membasahi bagian di luar pusat percikan untuk mencegah agar api tidak semakin meluas.

Selain itu, kepala sprinkler yang biasanya dipasang diplafon juga akan membasahi plafon dan sekitarnya untuk mencegah kerusakan struktur bangunan. Selain itu juga mencegah agar sprinkler lain di luar area menjadi aktif karena api berhasil dipadamkan.

Sedangkan untuk mematikan api, kepala sprinkler akan dihubungkan langsung dengan pipa sprinkler yang mendapat pasokan air langsung dari tandon water supply. Dengan pipa sprinkler yang berisi air dan pipa bertekanan maka dengan mudah air keluar dan segera mematikan api tanpa sisa. Sistem sprinkler ini sangat sesuai jika dipasang di gedung dengan lantai yang cukup banyak.

Perlu diketahui bahwa sistem sprinkler ini membutuhkan pasokan air yang cukup banyak agar mampu memadamkan api yang cukup besar. Anda bisa menyerankan cuatomer untuk membuat water supply yang cukup memadai. Seperti membuat tandon air untuk menghindari kemacetan pompa air ketika terjadi kebakaran.

Demikian beberapa hal yang perlu anda pahami jika ingin membuka bisnis jual sprinkler kebakaran. Selain itu, perlu juga dilalukan perawatan berkala pada sistem sprinkler untuk menghindari rusaknya alat jika sewaktu-waktu diperlukan. Jangan lupa sediakan tenaga ahli untuk memasang ataupun melakukan perawatan sprinkler kebakaran yang telah diinstal pada klien.