Apa Itu Pompa kebakaran?

 

Pompa kebakaran atau fire pump merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan distribusi air kepada jaringan sistem proteksi seperti hydrant dan sprinkler, dimana semua sistem yang berbasis air ini harus dapat didukung dengan suplai air yang baik agar sistem proteksi tersebut dapat berfungsi untuk memadamkan dan mengendalikan api.

Sehingga pompa kebakaran memiliki peran yang sangat penting untuk dapat menyediakan suplai air agar sistem proteksi dapat memberikan tekanan air yang sama, tanpa adanya suplai air yang cukup, maka sistem proteksi tidak mampu memandamkan api dan meletakan bangunan anda dalam resiko kebakaran.

Pompa kebakaran atau fire pump memiliki beberapa jenis yaitu, jockey pump, electric pump, dan diesel pump. Masing-masing pompa memiliki fungsi yang berbeda,

  1. Jockey pump mempunyai fungsi untuk mejaga atau menstabilkan tekanan air di dalam pipa. Jockey pump memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan electric pump dan diesel pump.
  2. Electric pump digunakan untuk memompa air yang dihisap dari sumber air untuk disalurkan kepada sistem proteksi kebakaran. Inti kegunaan electric pump adalah sebagai pompa pendorong saat terjadinya kebakaran
  3. Diesel pump mempunyai fungsi sebagai backup dan membantu pompa pendorong ketika keadaan listrik mati. Diesel pump membantu kerja electric pump guna untuk memenuhi kebutuhan air yang dibutuhkan jika tekanan dan volume air berkurang.

Karena Pompa kebakaran merupakan elemen penting dalam sistem proteksi kebakaran seperti sprinkler, sehingga sangat perlu untuk memastikan pompa kebakaran milik anda selalu terpelihara dan dalam kondisi siap digunakan. Pompa kebakaran mempunyai peran penting untuk menjaga tekanan yang sama di setiap sistem kepala sprinkler , sehingga jika pompa tidak bekerja dengan baik, maka seluruh sistem sprinkler akan berisiko mengalami kegagalan.

Berikut ini merupakan tips untuk memelihara pompa kebakaran,

 

1.Sumber daya

Pompa kebakaran anda membutuhkan sumber daya, yang bisa berupa mesin atau motor listrik, dan sumber daya itu harus diperiksa setidaknya setahun sekali. Selain inspeksi rutin, sumber daya juga harus didaur ylang sekali atau dua kali setahun. Melakukan daur ulang memungkinkan anda mempertahankan pelumasan dan memungkinkan inspeksi sistem yang sedang berjalan, dan juga akan meyakinkan Anda bahwa ada bahan bakar yang tersedia untuk sumber daya.

2.Bagian Penggerak

Melakukan perawatan dan inspeksi rutin pada pompa kebakaran  merupakan hal terbaik yang harus dilakukan untuk dapat memastikan  semua bagian dapat bergerak dan berjalan sesuai dengan fungsinya. Gunakan metode yang tepat untuk dapat menjaga kualitas bagian penggerak agar dapat bergerak dan tidak terkunci. Sebuah pompa kebakaran dibuat untuk dapat bertahan bertahun-tahun, tetapi tanpa adanya pemeliharaan yang tepat dapat menyebabkan pompa kebakaran tidak berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.

3.Melakukan Pengujian Produk

Sebulan sekali, luangkan waktu untuk menguji secara acak pada sistem sprinkler. Sebelum melakukan pengujian, selalu beri tahu kepada departemen kebakaran dan staff anda bahwa sedang diadakan pengujian pada keadaan darurat. Saat melakukan pengujian, lakukan inspeksi terhadap sistem dan kepala sprinkler untuk dapat mencari perbaikan yang dibutuhkan

Hubungi Totalfire untuk merancang, memasang dan pemeliharaan semua jenis sistem sprinkler dan pompa kebakaran. Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!

 

 

kontraktor fire protection konsultan epc