Alat Sensor Pendeteksi Kebakaran Flame Detection

Flame detection system pencegah kebakaran pabrik gudang kantor

Alat pendeteksi api atau yang biasa disebut dengan istilah flame detector atau flame detection merupakan bagian dari perangkat proteksi keamanan terhadap bencana kebakaran. Flame detection akan mengeluarkan bunyi ketika radarnya menangkap adanya percikan api. Perangkat ini memang didesain secara sensitif dan khusus terhadap percikan api sebagai deteksi awal dari adanya bahaya kebakaran. Kebutuhan akan keberadaan alat sensor seperti ini sedikit banyak membantu masyarakat dalam menanggulangi dan mengantisipasi penyebaran kebakaran yang lebih besar dan lebih luas. Sehingga begitu terdengar adanya alarm pendeteksi berbunyi, cepat segera diambil tindakan pertama.

Cara Kerja Dan Keunggulan Flame Detection

Umumnya flame detection diletakkan di tempat-tempat khusus yang agak berjauhan dari sumber percikan api umumnya seperti bengkel las, dapur restoran, dan lain sebagainya agar sensitivitas dari flame detection tidak selalu berbunyi ketika mendeteksi adanya sumber api. Itulah sebabnya perangkat ini harus diletakkan di lokasi tertentu yang melindungi area namun berjauhan dari sumber percikan api yang biasa dilakukan.

Bentuk dari flame detector sendiri umumnya berbentuk bulat, tergantung dari deteksinya. Ada yang dirancang sebagai sensor pendeteksi percikan api, ada pula yang dikhususkan untuk mendeteksi asap, ataupun hawa panas. Namun, berdasarkan survei, flame detection jauh lebih sensitif dan peka dibandingkan dengan alat pendeteksi lainnya.

Kualitas Flame Detection Series 65 Base Mounted UV

Berdasarkan fungsinya, flame detector series 65 base mounted UV dapat membedakan antara percikan api sesungguhnya yang menyebabkan kebakaran dengan alarm palsu yang terjadi akibat dari adanya petir kencang, atau radiasi panas akibat sinar matahari yang terik. Rancangan Apollo ini merupakan produk berkualitas baik dengan sistem kerja yang maksimal dan memiliki daya sensitivitas yang sesuai dengan keadaan lapangan saat itu. Sehingga sensor ini tidak akan memberikan sinyal/tanda palsu kepada pemiliknya. Dibandingkan dengan series lainnya, sensor ini memiliki kualitas lebih baik sehingga lebih memungkinkan banyak dipakai di masyarakat karena kinerjanya yang maksimal dan daya sensitivitasnya yang sangat tinggi.

alat sensor pendeteksi kebakaran