Pentingnya Detektor Kebakaran Di Gudang

detektor api kebakaran di gudang pabrik rumah sakit

Gudang adalah tempat penyimpanan dan pemeliharaan barang-barang di dalamnya. Selain itu, gudang juga dapat digunakan sebagai tempat penanganan, pemilahan, pengemasan dan pengemasan barang untuk dijual atau diangkut. Perusahaan harus menyimpan produk jadi sampai dijual. Fungsi penyimpanan diperlukan karena siklus produksi dan konsumsi. Banyak komoditas diproduksi secara musiman, dan permintaan terus berlanjut. Fungsi penyimpanan membuat perbedaan dalam jumlah dan waktu yang dibutuhkan. Perusahaan harus menentukan jumlah lokasi penyimpanan yang dibutuhkan, seperti di kawasan industri dan gudang hijau khusus. Lebih banyak ruang penyimpanan berarti pengiriman barang lebih cepat ke pelanggan. Tetapi biaya penyimpanan akan meningkat. Jumlah lokasi penyimpanan harus menyeimbangkan tingkat layanan pelanggan dan biaya distribusi. Di sinilah peran detektor kebakaran di gudang berfungsi.

Berikut ini adalah jenis-jenis gudang yang fungsinya, yang semuanya harus senantiasa dilindungi oleh detektor kebakaran di gudang.

  1. Gudang Otomatis

Saat ini sudah banyak gudang yang memiliki alat-alat dengan teknologi tinggi sehingga dapat dioperasikan secara otomatis. Jenis gudang selanjutnya adalah gudang otomatis. Adanya kemajuan teknologi yang pesat dan terus berinovasi membuat beberapa manusia berhasil menciptakan peralatan yang canggih. Mereka memakai conveyor belt yang berguna untuk mengangkut barang sehingga meminimalkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM).

  1. Gudang Untuk Pusat Distribusi

Gudang jenis ini dapat menyimpan produknya dalam waktu yang singkat. Cara  kerja gudang dimulai dengan datangnya produk di pagi hari dan didistribusikan di malam hari.

  1. Gudang Pribadi

Gudang jenis ini biasanya dioperasikan sebagai gudang grosiran. Mereka umumnya memiliki stok barang yang tinggi. Gudang ini memiliki sistem penyalur untuk pendistribusian barang-barang tersebut. Untuk itulah, gudang jenis ini sangat memerlukan detektor kebakaran di gudang karena jika terjadi musibah, akan dapat diatasi secara cepat.

  1. Gudang Sebagai Pusat Transhipment

Jika proses pendistribusian barang dalam jumlah sedikit maka proses selanjutnya bisa segera dilakukan, yaitu pengiriman barang ke berbagai tujuan. Gudang ini berfungsi untuk menerima barang dalam jumlah yang cukup dari berbagai pemasok yang dimiliki oleh sebuah pabrik atau perusahaan.

  1. Gudang Yang Memiliki Pengaturan Suhu

Gudang jenis ini dapat menangani penyimpanan berbagai produk, termasuk pemrosesan khusus, seperti freezer untuk menyimpan bahan baku. Lingkungan di dalam gedung dikontrol suhu untuk menjaga kelembaban udara. Karena kualitas bahan baku dalam bangunan harus tetap dijaga. Jenis detektor kebakaran yang ada di gudang yang cocok untuk bangunan ini adalah yang memanfaatkan sensor suhu.

  1. Gudang Untuk Penyimpanan Bahan Baku

Gudang jenis ini selalu menyimpan bahan baku setelah proses produksi selesai. Lokasi gudang selalu dekat dengan lokasi produksi. Biasa digunakan untuk menyimpan karet, bijih besi, bahan baku beton dan lain sebagainya.

  1. Gudang Cross Docking

Gudang ini disiapkan bagi pengusaha yang menyediakan layanan ekspedisi, yang dapat mentransfer barang dari satu truk ke truk lainnya. Gudang jenis ini merupakan salah satu gudang efisien yang dapat bereaksi dengan cepat saat menangani pergerakan barang. Sewa gudang tersebut relatif murah karena waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Detektor kebakaran di gudang ini sangat penting karena kebanyakan barang-barang yang ada disana adalah milik pelanggan.

  1. Gudang Fulfillment

Barang yang dikirimkan tidak selamanya sempurna, maka dari itu diperlukan sebuah gudang untuk menampung barang tersebut. Disana dilakukan pemeriksaan kembali kemudian barang yang cacat akan dikembalikan atau dimusnahkan.

  1. Gudang Untuk Transit

Jenis gudang selanjutnya digunakan untuk pusat konsolidasi dan transportasi. Gudang ini dipakai untuk menerima barang dari berbagai sumber kemudian meneruskan proses pengiriman ke konsumen.

Beberapa stok disimpan di dalam atau dekat pabrik, dan sisanya di gudang di seluruh negeri. Perusahaan dapat memiliki gudang pribadi dan dapat menyewa ruang di gudang umum. Perusahaan dapat mengontrol gudang mereka dengan lebih baik, tetapi jika lokasi yang diperlukan berubah, modal mereka melekat dan kurang fleksibel. Pada saat yang sama, gudang umum mengenakan biaya untuk lokasi yang disewa dan memberikan layanan tambahan (dikenakan biaya tertentu) untuk memeriksa barang, mengemas, mengirim dan mengumpulkan.

Dengan menggunakan gudang biasa, perusahaan dapat memilih lokasi dan jenis gudang dalam jumlah besar, apakah itu cold storage khusus, gudang komoditas, atau gudang lain. Operasi pergudangan memegang peranan yang sangat penting dalam proses produksi. Sistem manajemen untuk proses pergudangan, pengangkutan dan penanganan material serta aktivitas lain di dalam pergudangan diatur sedemikian rupa sehingga proses produksi dapat diatur.

Tingkat keamanan juga sangat mempengaruhi. Maka dari itu, sangat penting untuk memasang alat detektor kebakaran di gudang. Untuk melakukan pemasangan detektor kebakaran, bisa dilakukan oleh TotalFire Indonesia yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun.