Konsultan Kontraktor Fire Protection di Indonesia

Potensi kebakaran pada dunia industri sangat besar. Hal ini juga bisa terjadi pada skala rumah tangga. Pelaku usaha atau individu perlu kesadaran tentang pentingnya melakukan pencegahan dini dan upaya tertentu untuk menghindari bahaya kebakaran. Beruntungnya ada fire protection system terbaik di Indonesia yang dapat anda pilih sebagai upaya terbaik melindungi individu, aset perusahaan dan keberlangsungan industri.

Pemilihan sistem ini rasanya mutlak untuk meningkatkan rasa aman. Namun, tidak sedikit yang belum memahami bagaimana langkah memilihnya, semoga penjelasan berikut membantu anda.

3 Cara Mudah Memilih Fire Protection System Terbaik di Indonesia Berdasarkan Tipe Alarmnya

kontraktor fire protection di pabrik

Kemajuan teknologi membawa dampak positif dalam berbagai bidang salah satunya sistem perlindungan terhadap potensi kebakaran. Kita tahu jika kebakaran adalah bahaya yang lebih banyak penyebabnya, salah satunya oleh kelalaian dari manusia, namun sangat berbahaya dan merugikan.

Untuk itulah, perlu pencegahan atau upaya-upaya yang dapat menjaga diri maupun perusahaan dari dampak negatif terjadinya kebakaran.

Beruntung di masa kini telah banyak perubahan yang mutakhir dalam sistem keamanan dan keselamatan kerja untuk mencegah kebakaran. Tidak hanya itu, teknologi berkembang hingga bisa berperan dalam mengendalikan, memantau potensi bahaya kebakaran dan investigasi. Tentu ini hal yang patut kita syukuri dan manfaatkan sebaik-baiknya.

Sebelum jauh membahas bagaimana cara memilih fire protection system terbaik di Indonesia, ada baiknya anda memahami lebih dahulu definisi dari sistem perlindungan ini.

Orang-orang menyebutnya sebagai fire protection system, namun tidak sedikit yang lebih senang menyebut sebagai fire alarm system. Secara sederhana, ini adalah sistem pengindra api. Ia bekerja sebagai suatu sistem terintegrasi berfungsi mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran.

Selanjutnya, sistem ini akan bekerja secara otomatis memberikan peringatan sehingga individu dapat secepatnya melakukan sistem evakuasi. Kemudian sistem pengindra api ini dapat bekerja otomatis ataupun manual memberi tanda pada sistem instalasi pemadam kebakaran. Komponen terpenting dalam rangkaian sistem ini adalah bagaimana ia bisa mengolah sinyal masuk dari detector yang terpasang dan komponen pendeteksi lainnya.

Fungsinya yang luar biasa dan kebutuhan pasar yang kian tinggi mendorong banyak produsen untuk memproduksi barang dengan sistem kerja serupa. Hal ini tentu punya dua sisi bagi konsumen.

Yang pertama, memberi kemudahan dan variasi yang dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Di sisi lain, tidak jarang beberapa dari kita masih merasa bingung harus memilih yang mana. Sebagai panduan singkat, berikut cara mudah memilih fire protection system terbaik di Indonesia.

Cara yang pertama adalah memperkaya diri anda tentang pengetahuan seputar produk ini terutama pada aspek tipe alarm buzzer, suara, dan pemancar cahayanya. Umumnya, di pasaran ada tiga metode alarm kebakaran yang berfungsi saat ada gejala kebakaran pada ruangan anda. Anda bisa memilih berdasarkan jenis indikator yang anda suka misalnya suara, buzzer, dan cahaya.

Yang Pertama adalah Tipe Suara

Dalam metode ini, alarm kebakaran berupa rekaman suara seseorang yang memberitahu anda jika ada kebakaran di lokasi anda berada. Rekomendasi alarm jenis ini sepertinya sangat cocok untuk pemakaian dalam rumah pribadi terutama jika ada anak kecil atau orang tua di dalamnya. Anda mudah mengerti maksudnya dan sesegera mungkin dapat melakukan evakuasi dan mencari pertolongan.

Tipe Kedua adalah Fire Protection System dengan Tipe Buzzer

Saat ini, ini adalah tipe yang favorit dan populer. Jika anda pernah menonton film dan ada adegan kebakaran di dalamnya, terdengar dering kencang sebagai indikator nah begitulah cara kerja alarm ini. Jika ada potensi kebakaran di sekitar anda, maka ia akan mengeluarkan suara seperti dering. Saat itulah user bisa secepatnya melakukan evakuasi diri ke tempat yang jauh lebih aman.

Tipe Terakhir adalah Tipe Cahaya

Cara kerjanya adalah dengan memberi notifikasi jika ada kebakaran dengan mengeluarkan cahaya yang terang. Jika di rumah anda terdapat anggota keluarga yang sudah lanjut usia atau memiliki masalah pendengaran, tipe ini banyak mendapat rekomendasi.

Bagaimana Cara Memilih Jenis Sensor pada Fire Protection System?

Jika sebelumnya, ada rekomendasi tentang pilihan sistem pengindra api berdasarkan pada jenis alarmnya, kini anda dapat juga memilih berdasarkan jenis sensornya. Sensor ini berfungsi sebagai perangkat yang menerima dan merespon sinyal, gejala maupun stimulus yang berhubungan dengan adanya titik api di sekitar lokasi anda. Umumnya, ada dua jenis sensor pada sistem ini, yaitu panas dan asap.

Sensor Panas pada Sistem Pengindra Api

Jenis yang pertama akan mendeteksi adanya potensi kebakaran dengan membunyikan alarm sensor panas. Alat ini akan berbunyi jika di sekitarnya ada suhu yang terlalu panas. Jenis ini baik untuk area dapur rumah atau dapur restoran.

Bayangkan jika anda memasang jenis sensor asap, tentu ini akan sering berbunyi karena menangkap asap dari masakan sehingga akan muncul false alarm. Untuk ruangan ruang genset, area basement, atau bengkel las yang identik dengan area bersuhu hangat hingga panas, anda bisa memasang fix temperature yang juga merupakan bagian dari heat detector.

Smoke Detector atau Pendeteksi Asap

Asap akan lebih dulu tampak sebelum kebakaran meluas dan meningkatkan temperatur menjadi panas. Itulah sebaiknya anda memasang pendeteksi asap yang otomatis akan memberi tanda jika ada asap dari kejadian kebakaran di ruangan atau area anda berada.

Alarm ini akan lebih cepat memberi tanda jika ada kebakaran lewat asap yang muncul. Sehingga, orang-orang dapat lebih cepat mengambil tindakan mematikan api tanpa harus membiarkannya lebih besar dan melahap isi bangunan.

Prinsipnya, fire protection baik tipe alarm atau jenis sensor semua bekerja sebagai peringatan agar bahaya kebakaran dapat sebisa mungkin menghindarinya. Untuk itu, memasang fire protection system terbaik di Indonesia, bisa menjadi satu upaya yang tepat melindungi individu dan aset anda.

Dan keputusan itu bisa ditujukan kepada Total Fire Indonesia. Dalam memilih tipe sesuaikan dengan kebutuhan anda misalnya dan bagaimana ia bekerja, yang memudahkan anda adalah yang terbaik.