Mengenal Instalasi Hidran Kebakaran Lebih Lanjut

instalasi hidran kebakaran pabrik gudang gedung

Instalasi hidran kebakaran merupakan salah satu sistem proteksi gedung maupun bangunan dari bahaya kebakaran. Yaitu sebuah media air yang digunakan untuk memadamkan api. Cara kerja sistem hydrant masih menggunakan konsep manual dimana jaringan hydrant dan juga pipa akan memasok media air agar bisa dialirkan pada titik api.

Sistem kerja hydrant bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan jika didukung oleh beberapa komponen, antara lain:

  1. Reservoir

Merupakan salah satu komponen dalam instalasi hidran kebakaran yang berbentuk sebuah tandon air untuk memadamkan api. Tandon ini dipersiapkan khusus untuk menyediakan dan memasok air agar bisa memadamkan api selama kurang lebih 30 menit.

  1. Hydrant Pump

Atau biasa disebut dengan pompa hydrant. Pompa ini akan digunakan untuk proses pendistribusian medis air menuju jaringan hydrant. Di pasaran, pompa hydrant ada 3 jenis, yaitu jockey, electric, dan diesel pump. Electric dan diesel pump bertugas memompa air. Sedangkan jockey bertugas menstabilkan air ketika dialirkan agar sistem hydrant gedung tidak berubah.

  1. Siamese Connection

Reservoir memang disediakan untuk bisa memasok air agar bisa memadamkan api selama 30 menit. Tapi bagaimana jika selama 30 menit api belum mati juga? Inilah saatnya bagi siamese connection hadir mengambil peran.

Estimasinya, dalam 30 menit reservoir mampu menyuplai air, dalam waktu itu juga salah satu penghuni gedung akan menghubungi petugas pemadam kebakaran terdekat untuk meminta bantuan. Selama petugas damkar belum datang, api sementara dipadamkan menggunakan air dari dalam tandon persediaan. Ketika air tandon tidak mencukupi, maka, mobil pemadam kebakaranlah yang akan mengambil alih pemadaman api dengan mendistribusikan media air.

  1. Hydrant Pillar

Adalah bagian output dalam instalasi hidran kebakaran komponen output air yang telah dihantarkan oleh bagian jaringan pipa hydrant. Ada 3 jenis pillar hydrant, yaitu one way, two way, dan three way sesuai dengan jumlah outputnya.

  1. Hydrant Box

Sekalipun bukan komponen utama yang digunakan ketika terjadi kebakaran, namin hydrant box tidak bisa disepelekan keberadaannya. Hydrant box adalah sebuah benda yang berfungsi untuk menyimpan semua aksesoris hydrant seperti selang, valve, hose rack, nozzle, dan komponen lain yang diperlukan demi kelancaran pemadaman api.

Banyak yang mengatakan bahwa instalasi hidran kebakaran merupakan instalasi yang cukup mahal dalam pemasangannya. Biaya pemasangan hydrant ini berkisar antara 500 juta hingga milyaran rupiah. Sebenarnya harga ini wajar mengingat peran instalasi hidran kebakaran memang cukup penting bagi gedung-gedung bertingkat.

Berapa besarnya biaya pemasangan hydrant memang tidak bisa disamakan antara satu gedung dengan gedung terbaik. Beberapa faktor yang bisa menentukan besarnya biaya pemasangan hydrant, antara lain:

  1. Budget Dana Pemilik Gedung

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pemasangan instalasi hidran kebakaran adalah mengenai jumlah anggaran yang akan digunakan untuk instalasi ini. Setelah anda menentukan besaran biaya, langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan para ahli atau pihak terkait mengenai hal itu. Konsultasi ini dimaksudkan agar anda bisa mendapatkan peralatan instalasi terbaik sesuai dengan dana yang anda anggarkan tersebut.

  1. Luas Area Gedung

Perlu diketahui bahwa semakin luas area sebuah gedung, maka akan semakin mahal pula budget yang akan diperlukan. Karena semakin luas area maka semakin luas pula jangkauan instalasi hydrant ini, sehingga aksesoris dan media air yang diperlukan akan semakin banyak juga.

Sebagai sistem kebakaran api yang menggunakan media air, sistem hydrant harus mampu memompa air dari dalam tandon selama 30 menit. Jadi wajar jika instalasi ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

  1. Berbagai Peralatan Yang Akan Digunakan

Selain luas area sebuah gedung, peralatan hydrant juga sebagai penentu besarnya biaya instalasi. Jika anda mempunyai budget pemasangan instalasi kebakaran yang terbatas, anda bisa menggunakan pipa jenis medium. Selain pipa, spesifikasi pompa juga perlu diperhatikan terkait dengan budget. Jika anda mempunyai budget yang berlebih, anda bisa menggunakan pompa dengan standar NFPA atau UL FM.

Kapasitas tiap pompa beragam. Ada yang berkapasitas 250 gmp, 500 gmp, 750 gmp, 1.000 gmp. Besarnya kapasitas ini bisa anda sesuaikan dengan besarnya anggaran dan luas area gedung anda.  Semakin luas gedung, maka kapasitas pompa juga akan semakin besar sehingga membutuhkan biaya yang lebih besar juga.

Itulah sedikit informasi mengenai instalasi hidran kebakaran mulai dari komponen-komponennya hingga kisaran biaya pemasangannya. Jika anda berencana untuk memasang instalasi hydrant ini, cobalah untuk menghubungi tim ahli atau kontraktor pemadam kebakaran. Tapi jika anda hanya ingin sekedar bertanya atau berkonsultasi, anda bisa menulis berbagai pertanyaan dalam kolom komentar berikut ini. Ingat! Kebakaran bisa datang kapan saja dengan sebab apa saja. Selalu lakukan tindakan preventif agar tidak ada korban jiwa dan kerugian materi lainnya.