Saat ini memang banyak konsumen yang sedang mencari terminal box fire alarm. Alat yang satu ini memang mereka butuhkan untuk menambah keamanan dari fire alarm tersendiri.  Untuk itu, tidak heran jika semakin banyak pula produsen yang mengeluarkan beberapa macam merk terminal box dari alarm kebakaran ini. Nah, untuk mengetahui pentingnya terminal box dari fire alarm ini, tidak ada salahnya anda pun mengenal terlebih dahulu mengenai terminal box alarm kebakaran ini agar nantinya anda tidak salah dalam membeli.

Apa Itu Terminal Box Fire Alarm?

Terminal box fire alarm merupakan sebuah tempat yang memang sudah dirancang khusus yang dimana tempat ini berguna sebagai manajemen kabel yang digunakan dalam instalasi fire alarm di sebuah zona. Dimana kabel-kabel sebelum dari detector dan alarm set seperti manual call point, alarm bell, dan indicator lamp ini ditarik ke panel.

Nah, melalui terminal box inilah kabel-kabel tersebut akan dirapikan untuk mengurangi penggunaan kabel yang terlalu banyak. Sehingga dapat dipastikan kabel yang berasal dari TBFA yang menuju ke panel alarm lebih sedikit serta dengan cara ini juga bertujuan untuk memangkas harga satuan atau tarikan dari jasa permeternya. Dengan kata lain alat yang satu ini selain dapat mengehmat penggunaan kabel juga dapat menghemat penggunaan daya listrik perbulannya.

Bentuk dari terminal box yang digunakan untuk fire alarm ini pada umumnya memliki bentuk kotak biasa. Dimana terminal box ini terbuat dari plat besi. Warna terminal box ini pada umumnya adalah merah. Serta anda juga bisa menambahkan tulisan TBFA yang dapat anda gunakan sebagai tanda dari masing-masing perusahaan .

Berapa Harga Terminal Box Fire Alarm?

Harga dari terminal box alarm kebakaran ini tentunya bermacam-macam, tergantung dari spesifikasi, ukuran serta merknya. Berikut jenis jenis terminal box.

  1. Terminal Box 12 Pairs

Terminal box yang satu ini memiliki ikuran 30 x 20 x 8 cm.

  1. Terminal Box 24 Pairs

Terminal box 24 pairs ini memiliki ukuran 30 x 25 x 8 cm.

  1. Main Distribution Frame 50 Pairs

Main distribution frame 50 pairs ini memiliki ukuran 50 x 40 x 13 cm.

Namun tentunya masih banyak lagi ukuran-ukuran dari terminal box alarm kebakaran ini yang dirancang oleh produsen. Pada umumnya, terminal fire alarm ini dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari konsumen atau permintaan di lapangan. Jadi jangan kaget jika anda menemukan ukuran lain dari terminal box ini dipasaran dan tentunya dengan harga yang bervariasi pula.

Terminal box ini memang banyak dicari oleh konsumen karena selain sebagai tempat untuk merapikan kabel, alat ini juga dapat digunakan sebagai tempat menyimpan modul fire alarm seperti zone module, relay module, control module, dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam penggunaan terminal box alarm kebakaran ini anda juga harus memperhatikan mengenai instalasi kabel karena instalasi kabel disini membutuhkan ketelitian sserta kecermatan dalam memanajemen kabel. Jika anda melakukan kesalahan sedikit saja dalam mengintalasi kabel maka yang akan terjadi adalah fire alarm anda tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk itu, standarisasi kabel sebaiknya menggunakan conduit.

Namun jika anda menginginkan yang lebih bagus lagi anda juga bisa menggunakan pipa galvanis atau EMT. Hal ini tentunya bertujuan agar kabel dari fire alarm ini dapat berfungsi dengan baik walaupun cuaca yang mengalami perubahan serta terhindar dari gangguan binatang maupun dari faktor lainnya.

Jika anda memang berminat untuk memiliki terminal box dari fire alarm ini dan masih bingung dalam mengatur kabel maupun lain sebagainya, anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan jasa layanan dalam hal ini. Tentunya dengan tarif yang berbeda-beda. Anda dapat memilih jasa dari perusahaan mana yang akan anda gunakan. Anda dapat bertanya kepada teman yang sudah pernah menggunakan jasa ini maupun mencarinya diinternet.

Selamat memilih dan menggunakan terminal box fire alarm. Semoga dengan anda menggunakan alat ini, anda lebih merasa aman dan tenang karena dapat terhindar dari kebakaran dan fire alarm anda pun akan terlindungi dengan aman serta dapat bekerja secara maksimal. Beli sesuai kebutuhan dan jangan lupa cek spesifikasinya ya! Anda pun bisa berkonsultasi dengan TotalFire, selaku penyedia alat pemadam api terbaik di Indonesia.