Seputar Kontraktor Fire Sprinkler Dan Pelayanan Jasa Konsultan Sistem Keamanan Terhadap Kebakaran

Jika Anda mencari informasi seputar konsultan dan kontraktor fire sprinkler dapat mendapatkannya di artikel ini. Namun sebelumnya kita akan membahas seputar fire dan jenis-jenis sprinkler.

Pengertian Fire Sprinkler

Fire Sprinkler adalah sistem peralatan keamanan yang digunakan untuk memadamkan api secara otomatis. Sistem akan mengeluarkan air secara otomatis ketika terditeksi ada api atau panas ruangan melebihi suhu yang sudah ditentukan.

Sistem sprinkler adalah berupa jaringan pipa yang dipasang di bagian atas atau langit-langit sebuah bangunan. Selain itu pipa ini berfungsi menahan aliran air. Fungsinya sepertikeran yang akan terbuka dengan sendirinya jika terditeksi terjadi kebakaran.

Selain itu, fire sprinkler juga berfungsi sebagai deteksi atau detector yang akan aktif atau bereaksi terhadap panas. Dimana apabila suhu ruangan mencapai atau melebihi titik pada head sprinkler maka kaca akan pecah dan mengeluarkan air berekanan dari pompa hydrant.

Jenis-Jenis Sprinkler

Sprinkler dipasang pada tiap-tiap lubang disepanjang pipa. Jaraknya sekitar 3 meter sampai 4 meter. Ada beberapa jenis sprinkler, biasanya yang umum kita temui adalah jenis sprinkler dengan tabung kaca kecil yang dipasang pada bagian kepala sprinkler. Jenis sprinker itu sendiri diantaranya adalah pendent, sidewall dan upright. Standar tekanan kerja peralatan keamanan ini adalah 5 bar.

Jenis sprinker umumnya ada 2 tipe, yaitu wet sprinkler system dan dry sprinkler system. Sumber air kedua sprinkler ini adalah dari water tank. Pendistribusian airnya sama, yaitu pada saat kepala sprinkler menditeksi adanya panas pada temperatur tertentu maka pompa yang terdapat pada sistem akan bekerja sebagai distributor utama dari water tank yang mengalir menuju pipa. Kemudian air keluar melalui tiap-tiap kepala sprinkler.

Jual sprinkler kontraktor konsultan fire protection

Perbedaan jenis fire sprinkler wet dan dry adalah pada saat keadaan normal. Pipa pada wet sprinkler system sudah teraliri air, berbeda dengan dyr sprinkler sistem pada saat normal pipanya tidak teraliri air. Setiap jenis sprinklern  memiliki kelebihannya masing-masing dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis bangunan yang akan diproteksi.

Selain kedua jenis sprinkler tersebut masih ada jenis sprinkler lainnya, seperti deluge system, preaction system dan combined dry pipe preaction. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

  1. Wet Sprinkler System

Jenis sprinkler ini menggunakan sprinkler otomatis yang disambungkan langsung dengan suplai air. Jadi pada waktu sistem menditeksi adanya kebakaran, maka air akan keluar secara otomatis.

  1. Dry Sprinkler System

Jenis sprinkler ini merupakan jenis sistem yang menyambungkan pipa dengan sprinker otomatis dengan batas tekanan tertentu. Rangkaian pipa yang disambungkan berisi nitrogen. Pelepasan nitrogen umunya disebabkan karena adanya api dengan tekanan tertentu yang menyebabkan dry pipe vave terbuka dan mengeluarkan air.

  1. Deluge System

Sprinkler jenis ini adalah jenis sprinkler yang memanfaatkan kepala sprinkler jenis terbuka yang disambungkan pada sistem perpipaan yang dihubungkan dengan suplai air dengan bantuan valve.

  1. Preaction System

Jenis sprinkler ini menggunakan jenis sprinkler otomatis dengan cara kerja disambungkan pada sistem pipa yang merupakan pipa bertekanan dan tidak bertekanan. Sistem ini menggunakan tambahan dectector di tempat yang sama dimana fire sprinkler ditempatkan.

  1. Combined Dry System

Jenis sprinkler ini menggunakan pipa yang isinya udara bertekanan. Apabila terjadi kebakaran, maka alat detector akan menditeksi sehingga katup kontrol air dan udara otomatis terbuka.

Kontraktor sprinkler jual grosir servis maintenance

Jasa Kontraktor Dan Konsultan Fire Sprinkler

Pekerjaan perencanaan dan pemasangan peralatan kebakaran fire sprinkler tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang dengan cara yang sembarang. Pekerjaan ini memerlukan berbagai pertimbangan dan pemikiran yang tepat dan matang. Apalagi setelah membaca ulasan di atas mengenai fire protection, kita jadi mengetahui prinsip kerja alat ini sangat kompleks dan membutuhkan ketelitian. Itu sebabnya dalam pekerjaan ini dibutuhkan kontraktor fire sprinkler yang profesional, memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan. Dalam artikel ini kita akan membahas tugas dan kerja kontraktor fire sprinkler.

PT Totalfire Indonesia merupakan perusahaan kontraktor fire sprinkler sekaligus sebagai konsultan yang menyediakan pelayanan jasa, salah satunya seperti perencanaan, pengadaan, pemasangan (instalasi), perawatan dan perbaikan sistem proteksi bahaya kebakaran.

Perusahaan kami siap melayani dari perusahaan kecil, menengah hingga besar. Baik itu gedung sipil, perkantoran, mall, rumah sakit, pertokoan, hotel, rumah tempat tinggal dan bangunan lainnya.

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!