Mengenal Sistem Dan Cara Kerja Fire Alarm Addressable Sebagai Penyelamat

sistem fire alarm addressable jenis dan harga

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan nama fire alarm full addressable ini. namun, apabila Anda menemukan sebuah benda merah di titik tertentu pada saat berada di mall, tidak salah lagi itu lah yang disebut fire alarm tersebut.

Alat ini memang paling banyak ditemukan di tempat bertingkat seperti halnya mall yang sering Anda kunjungi atau perhotelan. Secara teknis alat ini memang sangat dibutuhkan karena sangat membantu sekali saat terjadi sebuah kebakaran.

Bagaimana cara kerja alat tersebut sehingga dikatakan sangat membantu? Berikut ini adalah paparan sederhana tentang cara kerja fire alarm tersebut.

  1. Fire alarm full addressable sendiri adalah sebuah sistem yang dilengkapi dengan berbagai panel dan detector yang terhubung satu sama lain. Setiap perangkat yang ada di sana akan langsung terhubung dengan control panel fire alarm di pusat. Sehingga dengan adanya control panel ini akan lebih mudah untuk mengirim informasi atau pesan ketika sebuah kebakaran terjadi.
  2. Setiap elemen yang terdapat di sana akan memberikan informasi pada kontrol panel mengenai kondisi saat terjadi kebakaran dengan sebuah alarm. Apabila tidak terdapat alarm, maka kontrol panel yang lain tidak akan merespon. Jadi ketika sebuah kebakaran terjadi lazim Anda akan mendengar alarm berbunyi. Alarm ini yang diteruskan ke panel yang lain sehingga ruangan yang lain pun akan cepat mendapatkan informasi.
  3. Setelah terjadi alarm yang panjang, para petugas pemadam kebakaran akan lebih mudah untuk menuju titik sumber kebakaran dan cepat melakukan pemadaman serta evakuasi para korban.

Jika diamati cara kerja fire alarm ini memang sangat sederhana. Namun, cara kerjanya yang penting inilah yang akan menentukan banyak tidaknya korban jiwa akibat kebakaran yang terjadi. Jika alarm masih berfungsi dengan baik tentu akan meminimalisasi resiko yang ditimbulkan.

Keuntungan Dan Manfaat Menggunakan Fire Alarm Full Addressable

Apabila ditelisik, fire alarm yang satu ini memang menyimpan banyak keuntungan dan manfaat. Sehingga kini semakin banyak yang menggunakan alarm ini untuk mengantisipasi saat terjadi sebuah kebakaran.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat dari fire alarm yang wajib untuk Anda ketahui. Dengan demikian, Anda dapat memutuskan betapa pentingnya alarm ini:

  1. Dapat Dengan Mudah Untuk Menentukan Lokasi Kebakaran

Dengan adanya fire alarm full addressable akan sangat menguntungkan bagi Anda atau pemakai yang lain. Karena sistemnya yang terhubung antara satu dengan yang lain, maka akan lebih mudah untuk menentukan lokasi dimana awal terjadinya kebakaran.

  1. Dapat Dikonfigurasi Secara Spesifik

Karena terhubung satu dengan yang lain antara kontrol panel dan detector, maka konfigurasi yang terjadi akan semakin spesifik. Dengan demikian akan memudahkan bagi siapa pun untuk melakukan tindakan cepat pada saat terjadinya kebakaran.

  1. Petugas Pemadam dapat Dengan Mudah Melakukan Tindakan

Alarm yang ditimbulkan dari alat ini akan memudahkan bagi para petugas pemadam kebakaran saat tiba di lokasi untuk menuju sumber terjadinya kebakaran. Dengan demikian kebakaran tidak akan cepat merembet dan dapat dipadamkan dengan secepatnya.

  1. Evakuasi Dapat Dilakukan Dengan Cepat Dan Tepat

Otomatis dengan adanya alarm, evakuasi akan lebih cepat dan aman untuk dilakukan. Jadi korban yang ditimbulkan dari adanya kebakaran tersebut akan minim. Baik materi maupun fisik.

  1. Kecil Terjadinya False Alarm

Karena sistemnya yang terkontrol maka akan meminimkan terjadinya false alarm. Oleh sebab itu kini semakin banyak gedung atau rumah yang menggunakannya. Untuk berjaga dari adanya bahaya yang ditimbulkan dari kebakaran.

Kelemahan Fire Alarm Full Addressable

Secara global sistem fire alarm  ini dapat dikatakan paling kuat dan aman dibandingkan dengan sistem yang terdahulu, yakni sistem konvensional. Mengapa demikian? Karena alat ini mampu dan dengan mudah langsung menuju titik kebakaran.

Dengan adanya kemudahan tersebut, maka antisipasi akibat adanya sebuah kebakaran agar tidak menjalar akan lebih cepat untuk dilakukan. Adapun kelemahannya, karena sistemnya yang kuat, alat ini lebih cocok untuk digunakan di tempat bertingkat dengan banyak ruang. Jika diamati memang sedikit sekali rumah yang menggunakan alarm yang satu ini.

Tips Mudah Dalam Menggunakan Fire Alarm Full Addressable

Agar lebih mudah dalam menggunakannya, tentu Anda harus tahu bagaimana seluk beluknya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips yang  akan berguna bagi Anda saat menggunakannya.

  1. Pahami betul cara kerjanya. Meskipun jarang digunakan di perumahan, bukan berarti Anda tidak boleh mengetahui cara kerjanya. Dengan mengetahui secara detail justru akan memudahkan bagi Anda ketika telah memutuskan menggunakannya.
  2. Lakukan Perawatan Agar Alarm dapat Bekerja Maksimal

Tetap saja alarm ini adalah sebuah alat yang bekerja apabila komponennya masih bekerja dengan baik. Untuk memastikannya, Anda harus melakukan perawatan. Misalnya dengan memanggil teknisi yang ahli di bidang tersebut dan mengeceknya secara berkala.

Setelah mengetahui tentang fire alarm full addressable ini dan tertarik untuk menggunakannya, saran terbaik adalah mendapatkannya di tempat yang terpercaya. Salah satunya adalah perusahaan Totalfire yang memang khusus menyediakan alat pemadam kebakaran profesional dengan kualitas terbaik.

Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi dan amankan rumah Anda dari resiko kebakaran yang parah.