Apa Saja Pekerjaan Yang Ditawarkan Kontraktor Fire Fighting?

Kebakaran merupakan bencana yang mengerikan bagi pemilik atau penghuni bangunan yang mengalaminya, juga bagi orang-orang yang tinggal di dekatnya. Kebakaran menyebabkan kerugian material bahkan korban jiwa. Untuk meminimalisasi api membesar dan menjalar adalah dengan peralatan pemadam kebakaran. Untuk mendapatkan sistem fire fighting yang tepat dan berfungsi dengan baik adalah dengan menyewa jasa kontraktor fire fighting.

Poin penting pengerjaan fire fighting adalah membuat perencanaan bangunan. Dengan mengetahui perancangan bangunan dapat memilih sistem keselamatan yang cocok dan tepat. Jika salah memilih malah bisa membuat kerugian dan kerugian yang fatal. Itu sebabnya dalam hal perencanaan disarankan memilih kontraktor fire fighting yang profesional dan berpengalaman.

kontraktor konsultan fire fighting di indonesia spesialis pabrik

Pekerjaan Kontraktor Sekaligus Konsultan Fire Fighting System

Berikut ini beberapa pekerjaan kontraktor fighting yang perlu Anda ketahui.

  • Memberikan solusi kepada perusahaan/klien dengan cara memberi konsultasi mengenai sistem fire fighting yang tepat yang akan dirancang.
  • Melakukan inspeksi atau riset selama beberapa waktu bahkan bisa jadi beberapa bulan sekali untuk merancang sistem fire fighting. Lamanya waktu riset tergantung jenis sistem yang akan dirancang/digunakan. Inspeksi langsung ke lokasi merupakan hal yang harus dilakukan untuk memastikan tempat yang tepat dan memastikan apakah sistem dapat/masih dapat bekerja dengan baik.
  • Melakukan service atau perbaikan peralatan apabila terjadi kerusakan pada sistem.

Berikut ini sistem fire fighting yang umumnya ditawarkan oleh jasa kontraktor fire fighting, bilamana Anda membutuhkannya.

  • Fire Hydrant

Sistem ini yang paling banyak kita lihat atau temukan di luar bangunan. Namun ada juga yang disimpan di dalam ruangan, perbedaannya adalah untuk fire hydrant yang di dalam menggunakan valve hydrant, sedangkan yang di dalam menggunakan hydrant pillar. Media untuk memadamkan api peralatan ini adalah air.

Prinsip kerja fire hydrant adalah memberikan efek dingin pada benda yang terbakar, dengan demikian dapat memutuskan salah satu syarat terjadinya api dan lama kelamaan akan padam. Alat ini dilengkapi pompa yang fungsinya memberikan daya tekan pada air yang kemudian dialirkan ke lokasi terjadinya kebakaran. Selang pada fire hydrant berfungsi mendistribuskanair dan nozzlenya berfungsi mengarahkan air.

Selain itu, nozzle pada alat ini berfungsi mengecilkan ukuran air yang keluar sehingga memperbesar luasnya area pada pendingin untuk memadamkan api yang memberikan efek dingin. Apabila kebakaran terjadi di tempat ketinggian tertentu, maka sistem fire hydrant membutuhkan tekanan air yang lebih besar

  • Fire Sprinkler

Sistem keamanan ini hanya digunakan di dalam bangunan, medianya sama seperti pada sistem hydrant, yaitu rangkaian pipa yang menyediakan persediaan air jika terjadi kebakaran. Sebuah sprinkler terdapat  head sprinklers yang aktif apabila terjadi aliran panas. Sprinklers ini memiliki pori-pori untuk keluaran air yang fungsinya untuk memadamkan api apabila sensor dari sprinklersnya aktif.

Sistem ini terkoneksi dengan heat dector yaitu kompenen yang menditeksi ruangan berdasarkan temperature dengan rentang 57 -107 derajat celcius. Apabila temperature berada di rentang tersebut maka sprinkler akan mengeluarkan air melalui pori-pori secara otomatis. Selain head sprinklers, pada sistem ini terdapat nozzle spray dan dua alat tambahan yaitu frame dan thermal linkage.

Pada tipe frame, menyediakan komponen utama untuk menahan sprinkler dan secara bersamaan menahan thermal linkage. Pertimbangan memilih frame harus berdasarkan pada tipe dan besarnya area yang akan diframe (dibingkai), bahaya yang harus diantisipasi, dampak visual dan kondisi atmosferik.

Sedangkan termal linkage adalah komponen yang bertanggung jawab keluarnya air. Pada kondisi normal, retakan menahan cap pada tempatnya serta mencegah aliran air.

biaya sistem pencegah kebakaran fire fighting di indonesia

Karena ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam menginstal fire sprinker dan memilih frame yang tepat maka lebih baik konsultasikan pada kontraktor fire fighting yang profesional, ahli dibidangnya dan memiliki pengalaman. Salah satunya adalah PT Totalifre Indonesia yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam bidang ini.

Untuk konsultasi dan info lebih lanjut mengenai jaasa pemesanan atau instalasi sistem dapat langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now