Siapapun yang memiliki bangunan baik rumah, gedung maupun fasilitas lain memiliki satu tujuan yaitu menjaga dan melindungi bangunan, penghuni, dan karyawan didalamnya agar tetap aman dan terlindung dari kebakaran. Banyak orang menganggap bahwa proteksi kebakaran lebih diperlukan daripada pencegahan kebakaran dalam melindungi bangunan dari kebakaran. Tetapi faktanya kedua metode tersebut dapat bekerja dengan baik ketika digunakan secara bersama-sama.

 

Proteksi Kebakaran

 

Proteksi kebakaran merupakan bagian dari tindakan perlindungan untuk bangunan terhadap kebakaran , kebanyakan orang menyiapkan prosedur keselamatan dan keamanan terlebih dahulu untuk mempertahankan bangunan mereka jika terjadi kebakaran. Tindakan proteksi kebakaran yang paling utama biasanya dengan memastikan bahwa bangunan dilengkapi dengan sistem proteksi terhadap kebakaran yang cukup untuk memadamkan api. Berikut adalah beberapa tips perlindungan kebakaran yang dapat anda terapkan pada bangunan anda sendiri

1.Detektor Panas dan Alarm Kebakaran / Asap

Langkah pertama dalam proteksi kebakaran adalah memastikan bahwa semua penghuni bangunan aman, itulah sebabnya alarm dan detektor panas ini dapat disebut sebagai garis pertahanan pertama dalam sistem proteksi kebakaran. Pastikan bangunan anda dilengkapi dengan alarm kebakaran dan detektor panas yang cukup untuk menyediakan deteksi dan peringatan kebakaran dini.

2.Fire Extinguishers (APAR)

Tempatkan beberapa alat pemadam kebakaran atau APAR di lokasi yang mudah dijangkau di seluruh bangunan anda dan latih staff anda dalam penggunaannya. Respons cepat terhadap api kecil sering kali dapat mencegah berkembangnya api yang berbahaya dan merusak.

3.Sistem Tambahan

Langkah lain adalah memberikan perlindungan lebih lanjut untuk menghentikan kebakaran agar tidak menyebar dan membuat kerusakan pada properti, peralatan atau barang-barang pribadi. Seperti Penyiram otomatis (sprinkler) yang efektif memberikan proteksi kebakaran pada bangunan atau pun dapat menggunakan FM 200 fire suppression yang merupakan salah satu jenis dari fire suppression system untuk mengatasi kebakaran dengan karakter yang bersih, tidak berwarna, dan ramah lingkungan yang secara elektrik non-konduktif dan aman bagi manusia.

 

Pencegahan Kebakaran (Prevention)

 

Pencegahan kebakaran merupakan cara untuk menghentikan kebakaran agar tidak terjadi. Setiap orang harus waspada terhadap apa pun yang dapat menyebabkan kebakaran. Berikut merupakan beberapa tips penting untuk pencegahan kebakaran pada bangunan

1.Lakukan Inspeksi Lengkap Pada Bangunan Anda

Mampu mengidentifikasi area bangunan anda yang mungkin lebih rentan terhadap potensi kebakaran akan membantu anda melakukan perbaikan pencegahan kebakaran yang diperlukan.

2.Pelajari dan Sebarkan Langkah-langkah Pencegahan Kebakaran 

Buat anggota staff anda sadar bahwa pencegahan kebakaran harus ditanggapi dengan serius dengan mencegah kebiasaan buruk atau praktik yang dapat meningkatkan risiko kebakaran, seperti:

  1. Merapihkan jalur instalasi listrik
  2. Menjaga outlet listrik agar tidak berlebih
  3. Tidak merokok di dalam / meninggalkan rokok tanpa pengawasan
  4. Menggunakan perangkat elektrikal yang berstandar nasional / international

 

Dengan meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan kebakaran di dalam bangunan, anda dapat membantu mengurangi kesalahan dan kemungkinan terjadinya kebakaran. Selalu ikuti panduan untuk memeriksa, menguji, dan memelihara peralatan perlindungan kebakaran. Kelalaian dapat membuat anda  tidak memiliki sistem kebakaran yang dapat berfungsi disaat anda paling membutuhkannya.

Maka pada intinya kedua metode tersebut sama-sama baik dan saling melengkapi. Setiap bangunan perlu adanya sistem proteksi dari kebakaran jika sewaktu terjadinya musibah kebakaran, akan tetapi akan lebih baik jika anda dan staff anda mengetahui dan mempelajari cara pencegahan kebakaran.

Ingin belajar lebih banyak? Hubungi tim totalfire  melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!

 

kebakaran gedung