Apa Itu Inert Gas Fire Suppression System?

Bagi pemilik perusahaan, anda pasti ingin memberikan perlindungan yang tepat pada bangunan anda. Salah satunya adalah bahaya kebakaran. Kebakaran pada bangunan anda menjadi salah satu hal yang perlu ditakutkan, karena selain membahayakan para staf anda tetapi juga dapat menghancurkan aset dan mengganggu kinerja perusahaan anda. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda lebih waspada mengenai bahaya kebakaran dan mengenal bagaimana perlindungan yang tepat pada bangunan anda terhadap kebakaran.

Salah satu sistem perlindungan yang dapat anda gunakan adalah Inert Gas Fire Suppression System. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai kegunaanya dan apa saja keunggulan yang dimiliki sistem tersebut

Gas Yang Digunakan

Ada beberapa jenis gas yang bisa digunakan dalam sistem ini yaitu, gas argon, nitrogen, dan helium. Co2 pun juga terdapat pada salah satu campuran dalam gas inert. Sedangkan argon atau nitrogen merupakan jenis gas yang paling sering digunakan dalam sistem ini.

Bagaimana Gas Dikerahkan?

Sistem ini memiliki beberapa desain, pada umumnya kebakaran listrik ‘C’ membutuhkan konsentrasi yang minim, sedangkan untuk kebakaran api kelas ‘B’ membutuhkan konsentrasi lebih tinggi dengan cara meminimalisir kadar oksigen untuk memadamkan api.

Pentingnya Ventilasi Dan Detektor

Inert gas merupakan elemen penting dalam  pemadaman kebakaran, namun pemilihan alarm serta sistem ventilasi juga tidak boleh disepelekan. Detektor asap dalam struktur bangunan harus efisien, serta sistem ventilasi juga harus dapat menjadi jalan udara bagi inert gas dapat lewat.

Sistem Inert Gas

Sistem inert gas bekerja dengan membuang oksigen menjauhi titip api, sehingga api tidak dapat berkembang, namun oksigen akan tetap cukup tinggi untuk digunakan bernapas oleh staf anda yang masih terjebak disekitar area kebakaran dan berusahan mencari jalan keluar.

Oleh karena itu, ventilasi yang efisien sangatlah dibutuhkan. Karena digunakan untuk membantu pelepasan gas inert agar dapat menggantikan volume udara pada area berbahaya.

Keunggulan Inert Gas

Pemadaman kebakaran dengan menggunakan inert gas dikenal memiliki teknologi yang ramah lingkungan dalam proses pemadaman. Cara kerja inert gas juga sangat baik karena bekerja dengan cara mengurangi jumlah oksigen yang terdapat pada lokasi kebakaran , sehingga ketika oksigen berkurang maka penyebaran api akan terhambat dan proses pemadaman akan jauh lebih mudah. Meskipun inert gas bekerja dengan mengurangi jumlah oksigen dalam ruangan, tidak serta merta oksigen tersebut hilang sama sekali, akan tetapi tetap terdapat oksigen yang cukup untuk mendukung pernapasan bagi staf anda yang masih berada disekitar lokasi kebakaran sehingga dapat tetap bergerak melalui jalur evakuasi dan keluar dengan selamat.

Layanan Kebakaran Inert Gas

Di Indonesia sendiri, penggunaan sistem gas inert sudah banyak digunakan oleh perusahaan dalam melindungi aset mereka dari bahaya kebakaran. Pemasangan sistem inert gas harus dilakukan oleh profesional dalam bidangnya, agar sistem dapat terpasang dengan baik dan bekerja sesuai dengan fungsinya.

PT Totalfire Indonesia merupakan perusahaan spesialis dalam bidang proteksi kebakaran yang memiliki tim engineering berpengalaman. Kami memberikan layanan dan kualitas produk yang terbaik dengan desain yang tepat berdasarkan standar International NFPA (National Fire Protection Association). Untuk info lebih lanjut mengenai Inert Gas Fire Suppression System dapat langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!