Ini Dia Tips Memilih Alarm Kebakaran Pabrik

jual Alarm kebakaran pabrik gudang kantor data center spesialis servis

Pabrik manufaktur adalah sebuah tempat yang tidak hanya dihuni oleh berbagai mesin-mesin canggih berharga mahal. Namun juga para karyawan, buruh, dan pekerja lainnya yang perlu mendapat perlindungan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Maka dari itu, diperlukan sistem fire protection yang bagus untuk mengantisipasi ancaman bahaya kebakaran. Salah satunya adalah alarm.

Fire alarm atau alarm kebakaran adalah hal penting yang harus ada pada fire protection system. Karena alarm adalah sebuah tanda awal yang memberi tahu pada penghuninya bahwa ada ancaman kebakaran sehingga bisa lebih cepat untuk menyelamatkan diri. Terutama pada gedung tinggi puluhan lantai ataupun pabrik dengan area yang cukup luas.

Memilih alarm kebakaran pabrik tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan jenis alarm kebakaran yang berkualitas dan tepat guna. Berikut ada beberapa tips sederhana untuk memilih alarm kebakaran pabrik, antara lain:

  1. Perhatikan Luas Ruangan Pabrik

Seberapa luas pabrik yang anda miliki menentukan jenis alarm kebakaran apa yang seharusnya anda beli. Pabrik dengan luas yang tidak terlalu besar lebih cocok dipasangan alarm konvensional yang tersusun dari detector dan call points yang bisa diaktifkan secara otomatis maupun manual.

Sistem ini menggunakan area dasar untuk mendeteksi kebakaran. Semua area terprogram dalam satu detector yang sama. Sehingga jika ada indikasi kebakaran maka alarm ini secara otomatis ataupun manual segera berbunyi untuk memberi tanda.

Sedangkan untuk pabrik yang lebih luas, bisa menggunakan alarm kebakaran pabrik yang lebih canggih. Alarm kebakaran jenis ini bisa diletakkan pada  bagian atau ruangan masing-masing dengan kasus identifikasi kebakaran yang berbeda. Jenis alarm yang bisa digunakan adalah addreseble fire alarm system yang secara otomatis sudah terprogram. Sehingga masing-masing alarm bisa bekerja sesuai dengan fingsinya yang berbeda.

  1. Perhatikan Kualitas

Salah satu tujuan penggunaan alarm kebakaran adalah untuk memberitahu sesegera mungkin kepada para penghuni pabrik untuk segera menyelamatkan diri jika ada ancaman kebakaran. Maka dari itu, pilihlah alarm kebakaran yang berkualitas. Salah satunya adalah alarm kebakaran dengan merek yang asli.

Namun keberhasilan dalam menggunakan produk pasti juga harus didukung dengan pemasangan yang dilakukan oleh tim ahli di bidangnya. Konsultasikan pada kontraktor fire alarm yang telah anda tunjuk untuk memilih jenis dan mek fire alarm apa yang bisa disesuaikan dengan keperluan pabrik anda.

Jangan tergiur pada harga murah yang ditawarkan suplier. Bukannya tidak memperbolehkan anda membeli barang murah. Boleh saja anda membeli barang dengan harga murah. Hanya pastikan saja bahwa harga murah bukan berarti kualitas murahan. Jangan sampai mengambil resiko terlalu tinggi hanya demi membeli produk yang tidak berkualitas.

  1. Pilih Alarm Dengan Kebutuhan Khusus

Masing-masing jenis fire alarm mempunyai fungsinya masing-masing. Pastikan untuk mengetahui kebutuhan apa yang sesuai dengan pabrik anda. Misalnya pabrik yang anda miliki sering bersentuhan dengan asap. Maka pilihlah alarm kebakaran pabrik sistem smoke detector. Ataupula mungkin pabrik anda sering menggunakan gas untuk proses produksinya. Anda bisa membeli jenis fire alarm gas detector.

Membeli jenis fire alarm yang sesuai dengan kebutuhan akan menghindarkan dari bahaya kebakaran yang bisa terjadi kapanpun di pabrik anda. Jangan sampai salah membeli. Karena kebutuhan fire alarm asap berbeda dengan fire alarm jenis gas.

Demikian berbagai tips sederhana dalam memilih alarm kebakaran pabrik. Satu hal yang penting untuk diketahui. Jika anda bukan ahli di bidang fire protection system, sebaiknya sewalah tenaga ahli di bidangnya. Misalnya kontraktor fire protection yang berpengalaman menangani berbagai pemasangan dan perawatan fire protection system.

Seluruh keamanan pemadaman kebakaran telah ada standarnya. Dan hanya orang yang ahli di bidangnya yang bisa menangani. Kalau perlu yang sering memasang dan merawat alat pemadam kebakaran di pabrik-pabrik manufactur. Tetap jaga asset dan karyawan anda dari ancaman kebakaran yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi di pabrik dengan alarm kebakaran pabrik yang berkualitas dan tepat guna serta ditangani oleh tim ahli di bidangnya.