Alarm kebakaran memiliki beberapa tipe, salah satunya semi addressable system. Tipe alarm kebakaran yang satu ini berupa gabungan antara sistem konvensional dan sistem full addressable system. Ini juga sering disebut sebagai sistem hybrid. Setiap sistem alarm tersebut memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing.

Alarm Kebakaran Tipe Semi Addressable System

Cara Kerja Alarm Kebakaran Tipe Semi Addressable System

Alarm tipe hybrid membawa fungsi dari dua tipe sistem alarm lainnya. Biasanya sistem hybrid merupakan kombinasi dari zona hardwired dan addressable loop. Sistem dengan hardwired ditemukan pada sistem konvensional. Sedangkan sistem addressable dengan kontrol panel bisa ditemukan di alarm tipe addressable.

Setiap sistem hybrid sedikit berbeda. Tapi kebanyakan menggunakan sistem tipe zona pengkabelan yang ada pada sistem konvensional. Setiap alat alarm terhubung dengan kabel dan lalu terkoneksi langsung pada kontrol panel.

Bagaimana tipe alarm hybrid ini bekerja? Di banyak kasus, alarm jenis ini menggunakan teknologi analog-addressable. Ini berarti bahwa sensor dan detektor pada alarm menggunakan sistem analog untuk mendeteksi kebakaran.

Informasi tersebut kemudian diubah dari analog ke sinyal digital untuk diintrepretasikan oleh kontrol panel. Sinyal deteksi yang berupa analog memberikan informasi yang lebih sedikit daripada sistem addressable. Namun ini tetap memberikan lebih banyak informasi daripada sistem konvensional biasa.

Seperti sistem konvensional, ada lebih banyak kabel yang dibutuhkan. Ini juga memerlukan beberapa pemograman meskipun lebih sedikit dari opsi addressable. Pemanfaatan sistem alarm hybrid pada bangunan memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Ada baiknya berkonsultasi lebih dulu pada ahlinya sebelum memasang.

fire protection system di Indonesia

Kelebihan Alarm Kebakaran Semi Addressable System

Sistem alarm kebakaran dikembangkan agar efektif dan memiliki fitur yang dibutuhkan. Alarm kebakaran tipe hybrid sendiri memiliki beberapa kelebihan yang bisa diunggulkan. Berikut beberapa kelebihan alarm kebakaran sistem hybrid.

Fleksibel

Alarm hybrid bisa memberikan desainer fleksibilitas. Mereka bisa menggunakan sistem deteksi dengan kabel atau wireless sesuai dengan kebutuhan. Setiap bangunan memiliki denah yang berbeda sehingga perlu penyesuaian. Sistem yang fleksibel bisa memudahkan dalam hal pemasangan dan efektivitas sistem.

Bisa Diandalkan

Sistem alarm tipe hybrid menggabungkan teknologi kabel dengan addressable system. Ini bisa memberikan keunggulan sistem alarm dengan alamat tertentu. Jadi jika ada deteksi di satu alarm maka bisa mengetahui di mana lokasinya. Ini bisa memudahkan dalam proses pemadaman awal dan juga evakuasi. Pemograman pada sistem juga bisa memberikan fitur lain yang memungkinkan alarm lain juga ikut berbunyi.

Mudah Dimonitor

Sistem alarm hybrid memiliki fitur yang dimiliki alarm konvensional dan alarm addressable. Ini memiliki sistem zona alarm namun juga addressable loop. Sistem alarm ini cukup mudah dimonitor dan diprogram untuk kemudahan operasinya.

Harga Yang Tidak Terlalu Mahal

Alarm dengan sistem hybrid masih menggunakan kabel namun ini lebih fleksibel. Dari segi harga, alarm dengan sistem hybrid akan lebih murah daripada full addressable system. Ini bisa jadi pilihan untuk jenis bangunan tertentu. Gedung yang tidak terlalu besar bisa menggunakan sistem ini dengan efektif.

Pemasangan Alarm Semi Addressable System pada Bangunan

Alarm tipe full addressable system cocok untuk bangunan besar, sedang sistem konvensional lebih cocok untuk bangunan kecil. Alarm dengan sistem hybrid sendiri bisa dimanfaatkan untuk bangunan sedang atau bangunan tambahan. Ini cocok untuk bangunan tambahan karena menggabungkan dua jenis sistem alarm. Misalnya jika sebuah gedung menambah bangunan baru yang ada di dekatnya.

Secara umum alarm hybrid sebenarnya bisa digunakan di berbagai jenis gedung atau bangunan. Ini misalnya bisa dimanfaatkan untuk gedung pertemuan, bangunan sekolah, perumahan, dan lain-lain. Namun efektivitasnya bisa ditanyakan lebih dulu pada kontraktor jasa pemasangan alarm.

Apapun sistem alarm kebakaran yang dipakai, akan lebih baik daripada tidak memasang alarm sama sekali. Adanya alarm kebakaran yang dilengkapi dengan detektor bisa membantu meminimalkan kerugian. Alarm yang mendeteksi kebakaran, bisa membantu proses pemadaman yang lebih cepat. Penghuni bangunan juga bisa segera dievakuasi dengan adanya peringatan dari alarm tersebut.

Pemasangan Sistem Alarm Semi Addressable System

Bagaimana memasang sistem alarm pada bangunan? Pemasangan alarm pada bangunan akan dilakukan oleh profesional. Ini karena alarm yang dipasang bukan hanya satu atau dua saja. Bangunan besar memerlukan banyak alarm untuk ruangan serta setiap lantainya.

Jasa layanan sistem proteksi kebakaran bisa membantu untuk proses perencanaan, desain, pemasangan, sampai pemeliharaan. Konsultasikan pada profesional mengenai pemilihan alat deteksi serta sistem alarm yang digunakan.

Bagi yang ingin memasang alarm kebakaran semi addressable system maka bisa menghubungi jasa sistem proteksi kebakaran. PT. Totalfire Indonesia bisa dipercaya untuk melakukan pemasangan berbagai jenis alarm kebakaran untuk bangunan. Kami memiliki tenaga profesional untuk melakukan pemasangan berbagai sistem proteksi kebakaran. Tak hanya alarm, kami juga menawarkan jasa pemasangan sistem pemadam kebakaran otomatis.