clean agent fm200 Media Pemadam Tidak Beracun

Ada beberapa bahan atau media yang digunakan untuk proses pemadaman api. Di antaranya ada media pemadam tidak beracun. Setiap agen atau media pemadam sebenarnya sesuai untuk kelas api yang berbeda-beda. Agen pemadam yang tidak beracun sering dicari karena dianggap tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar. Simak penjelasan berikut.

Clean Agent Sebagai Media Pemadam Tidak Beracun

Agen pemadam perlu efektif dalam memadamkan kebakaran. Diperlukan agen pemadam yang sesuai dengan tipe apinya. Adanya agen pemadam yang tak beracun bisa membantu proses pemadaman yang lebih ramah lingkungan. Clean agent menjadi solusi bagi yang ingin media pemadam yang aman, tidak beracun. Apa itu clean agent?

Clean agent merupakan setiap tipe agen pemadam kebakaran yang tidak konduktif listrik, mudah menguap atau berbentuk gas, dan tidak meninggalkan residu saat penguapan. Sistem pemadam kebakaran dengan clean agent memanfaatkan gas inert atau bahan kimia yang disimpan dalam wadah. Bahan tersebut akan dikeluarkan saat terdeteksi bahaya kebakaran.

Disebut clean agent atau agen bersih karena ini tidak meninggalkan residu. Selain itu agen ini juga secara signifikan lebih ramah lingkungan daripada media lainnya. Bagaimana cara kerja agen bersih ini? Agen bersih menghilangkan panas atau elemen oksigen untuk memadamkan api. Adanya api dapat terjadi jika ada tiga unsur, yaitu panas, oksigen, dan sumber bahan bakar. Jika salah satu elemen tersebut tak ada atau terhalang maka api akan padam.

agen media pemadam kebakaran tidak beracun

Contoh Clean Agent

Ada beberapa jenis sistem pemadam clean agent di pasaran. Namun yang paling umum digunakan ada tiga. Clean agent ini aman digunakan dan merupakan media pemadam tidak beracun. Berikut ini tiga contoh clean agent yang umum digunakan.

  • Ansul Inergen: ansul inergen merupakan agen bersih yang menggunakan tiga gas inert, yaitu nitrogen, argon, dan karbon dioksida. Agen bersih ini bekerja dengan menurunkan kadar oksigen dalam ruangan di bawah level yang mendukung pembakaran. Tapi ini masih aman bagi manusia untuk bernapas. Karakternya bisa membuat agen pemadam aman bagi lingkungan dan manusia.
  • FM-200: agen ini tidak beracun, berupa gas tak berwarna yang menggunakan penyerapan panas untuk memadamkan api. FM-200 menghilangkan elemen panas dalam api. Ini juga tidak meninggalkan residu dan melindungi aset dan orang agar tetap aman saat kebakaran.
  • 3M Novec 1230: agen bersih ini juga tidak berwarna dan tidak beracun. Tipe ini sering digunakan untuk kebakaran yang melibatkan peralatan elektronik sensitif. Cairan ini dengan aman memadamkan api tanpa merusak barang dan aman bagi lingkungan serta manusia.

Sebelumnya clean agent yang banyak digunakan yaitu berbahan halon. Namun halon ternyata menjadi zat bisa menyebabkan penipisan ozon sehingga tidak lagi diproduksi. Sebagai hasilnya, agen bersih yang sekarang dipasarkan sudah disetujui EPA dan ramah lingkungan. Pasar clean agent secara konstan berkembang untuk menciptakan agen bersih yang baru dan lebih efektif.

Apa Kelebihan Sistem Pemadam Kebakaran dengan Clean Agent?

Mengapa perusahaan dan organisasi memilih clean agent? Sementara hampir semua sistem memiliki pro dan kontra, clean agent merupakan media pemadam yang paling low-maintenance. Agen bersih juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Keamanan: agen bersih merupakan media pemadam tidak beracun dan tidak korosif. Ini berarti aman untuk digunakan di lingkungan bahkan saat ada manusia yang hadir.
  • Tidak merusak: Agen bersih pemadam kebakaran tidak menggunakan air atau bubuk. Ini tidak menyebabkan kerusakan pada benda-benda di sekitarnya. Media ini aman digunakan pada aset bernilai tinggi, teknologi sensitif, dan perangkat elektronik.
  • Tidak butuh dibersihkan: Agen bersih tidak meninggalkan residu. Ini berarti setelah proses pemadaman maka tidak perlu ada proses pembersihan tambahan.
  • Waktu kembali yang cepat: Tanpa adanya kerusakan dan pembersihan tambahan, maka mudah untuk segera kembali mengaktifkan bisnis atau kegiatan dalam bangunan tersebut.
  • Bekerja cepat: Agen bersih bisa memadamkan api secara cepat. Ini bisa memadamkan api secara efektif, jadi kerusakan akibat kebakaran bisa terbatas di area yang kecil.

Agen pemadam lainnya banyak yang memang sangat bagus dalam proses pemadaman kebakaran. Namun agen lainnya belum tentu bisa baik bagi lingkungan. Beberapa agen pemadam dapat berkontribusi pada perusakan ozon dan mengandung zat beracun yang tidak aman. Sementara itu agen bersih bisa menjadi media pemadam yang lebih aman dan tidak beracun.

Penggunaan media pemadam tidak beracun bisa dikonsultasikan melalui jasa sistem proteksi kebakaran. PT. Totalfire Indonesia merupakan jasa profesional yang bisa diandalkan untuk sistem proteksi kebakaran ini.

Ada berbagai pilihan sistem dan media pemadam yang disediakan. Pemilihan sistem dapat disesuaikan dengan karakteristik bangunan Anda. Ahli kami akan membantu dari proses perencanaan, pemasangan, sampai perawatan dan perbaikan sistem proteksi kebakaran.