Cara Penggunaan Fire Extinguisher Secara Benar

cara penggunaan fire extinguisher pemadam kebakaran

Cara penggunaan fire extinguisher ini sebaiknya dipahami oleh banyak orang terutama bagi karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Kemampuan dasar ini wajib dimiliki guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu bagi anda yang bekerja di sebuah perusahaan tidak ada salahnya anda pun mencari informasi cara menggunakan fire extinguisher ini secara benar.

Mengapa Hal Ini Wajib Diketahui Oleh Banyak Orang?

Iya, memang sebaiknya anda mengetahui cara menggunakan fire extinguisher ini karena dengan alat ini bisa menyelamatkan nyawa anda serta barang-barang yang ada di dekat anda. Fire extinguisher atau yang sering disebut dengan alat pemadam kebakaran ini memang pada umumnya dimiliki oleh setiap perusahaan terutama di pabrik. Setiap perusahaan tentunya akan menyediakan fire extinguisher ini guna mencegah terjadinya kebakaran.

Setidaknya apabila terjadi kebakaran, alat ini dapat membantu memadamkan api sambil menunggu mobil pemadam kebakaran datang. Walaupun sudah ada fire extinguisher, mobil pemadam kebakaran wajib untuk dipanggil karena api tetap akan menyebar dengan cepat.

Dengan demikian, anda tidak boleh terlena dengan alat ini atau bahkan anda hanya merasa aman dan tenang jika ada alat ini di dekat anda, namun anda tidak tahu cara menggunakannya. Tentunya hal ini sama saja. Untuk itu tetap cari tahu atau pelajari cara penggunaan alat ini secara benar ya!

Cara Menggunakan Fire Extinguisher

Cara menggunakan fire extinguisher ini dapat dikatakan mudah, asal anda sudah mengetahui. Berikut caranya.

  1. Tarik Kunci Pengaman

Fire extinguisher ini tentunya dilengkapi dengan kunci pengaman. Hal ini dikarenakan alat ini memang dapat dikatakan sebagai salah satu alat yang berbahaya yang harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Maka tidak heran jika kita sering melihat alat ini berada di atas atau dapat dikatakan jauh dari jangkauan anak-anak. Dalam membuka kunci pengaman dari alat ini yang harus anda perhatikan adalah pada saat mencabut kunci pengaman dari alat ini, anda jangan menekan kedua tuas yang ada. Karena alat ini memiliki dua tuas yaitu tuas bawah dan tuas atas. Karena jika anda menarik kedua tuas secara bersamaan maka pin atau kunci pengaman dari alat ini akan susah terlepas dikarenakan pinnya tertekan.

  1. Pegang Bagian Ujung Selang

Anda harus memegang alat ini dengan benar, yaitu pastikan tangan anda memegang pada bagian ujung selang. Karena jika anda memegang pada bagian tengah atau pangkal selang yang akan terjadi adalah media tidak dapat terarah dengan baik. Dengan demikian, anda harus benar-benar memperhatikan cara memegang yang tepat.

  1. Arahkan Selang Ke Sumber Api

Ketika menggunakan alat ini, anda harus mengarahkan selang tepat ke sumber api. Jangan anda terkecoh dengan lidah api yang lebih menarik perhatian. Karena pada umumnya, orang yang menggunakan alat ini lebih sering mengarahkan selang ke lidah api bukan ke sumber api. Jika kita tepat mengarahkaan selang ke sumber api maka api akan cepat padam jika dibandingkan dengan anda mengarahkan selang tersebut ke lidah api. Bahkan selain api akan lama padam jika anda mengarahkan ke lidah api, kemungkinan terburuk lainnya adalah api akan semakin menyambar banyak barang yang ada di sekitarnya.

  1. Tekan Tuas (Katup) Bagian Atas Sepenuhnya

Untuk mengeluarkan seluruh isi media dari alat ini untuk memadamkan api secara cepat adalah anda harus menekan tuas atau katup yang ada pada bagian atas ini dengan tepat. Dengan isi media dari fire extinguisher ini keluar secara penuh dan diarahkan pada sumber api yang tepat maka dapat dipastikan api pun akan segera padam.

  1. Sapukan Dari Satu Sisi Ke Sisi Lain

Ketika menggunakan fire extinguisher anda harus menyapukan atau mengarahkan selang ke beberapa sisi dari sumber api. Hal ini bertujuan agar api cepat padam. Jangan anda terlalku fokus pada satu sisi saja sedangkan sisi yang lain siap menyambar barang-barang yang ada di sekitarnya dan api pun semakin membesar. Dengan kata lain, anda harus mengarahkan selang ke semua arah sumber api tersebut.

Sebaiknya di setiap perusahaan memberitahu cara penggunaan fire extinguisher ini kepada semua karyawannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya di setiap perusahaan sudah dilengkapi dengan alat ini. Untuk itu, tidak ada salahnya, semua karyawan pun diberi penjelasan tentang penggunaan alat ini demi keselamatan para karyawan juga tentunya perusahaan itu sendiri. Dengan penggunaan fire extinguisher ini secara benar maka dapat dipastikan kebakaran akan dapat terhindari dan setidaknya membantu tidak membuat api merambat terlalu cepat sambil menunggu mobil pemadam kebakaran datang dan siap untuk membantu memadamkan api.