Peran Detektor Kebakaran Di Pabrik Yang Terbilang Penting

detektor kebakaran di pabrik, kontraktor fire protection

Api bisa jadi bermanfaat dan berbahaya untuk kehidupan manusia. Memiliki banyak peran di kehidupan manusia sehari-hari, bisa juga memberikan dampak negatif. Salah satu kemungkinan terburuk yang akan terjadi bila bermain dengan api adalah kebakaran. Kebakaran bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, salah satunya di dalam pabrik . Efek dari kebakaran tentunya sangat merugikan untuk semua orang, apalagi di sebuah pabrik yang memiliki banyak pekerja. Satu hal yang perlu diingat adalah kebakaran bisa diantisipasi sebelum mulai menjalar ke seluruh bagian pabrik dengan cara memasang detektor kebakaran di pabrik. Ada berbagai macam alat pemadam kebakaran yang bisa dipasang di sebuah pabrik, berikut adalah jenis dan penjelasannya.

  1. Alat Pendeteksi Api Atau Flame Detector

Metode yang digunakan alat ini untuk mendeteksi adanya api adalah metode IR (infra red), UV (ultra violet), spektroskopi, dan pencitraan visual api. Dengan metode optik di alat tersebut, api dapat terdeteksi dengan mudah kemudian memberikan peringatan kepada kita. Alat ini bisa dipasang sebagai detektor kebakaran di pabrik yang memproduksi barang yang mudah terbakar.

Ada beberapa jenis alat pendeteksi api, di antaranya:

  • Multi Spectrum IR Flame Detector Atau MSIR

Memanfaatkan secara berkelipatan pada daerah spektral IR yang bertujuan meningkatkan adanya perbedaan radiasi dari sumber kebakaran maupun bukan sumber kebakaran.

  • UV Flame Detektor

Jenis yang satu ini dapat bekerja dengan cara mendeteksi adanya sensor sinar UV. Alat ini akan menangkap sinyal kebakaran jika kedapatan radiasi yang memiliki spektral 180 hingga 260 manometer.

  • UV/IR Flame Detektor

Alat jenis ini adalah pengembangan dari jenis UV Flame Detektor yang sudah disempurnakan. Cara alat ini bekerja adalah menggunakan sensor integrasi antara UV dan infra red

  • Visual Flame Imaging Detector

Memanfaatkan perangkat CCD image sensors yang berguna untuk menggambarkan adanya sumber kobaran api. Dengan cara seperti itu akan lebih nyata untuk mendeteksi kebakaran

  • Alat Deteksi Asap Atau Smoke Detector

Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi asap yang ada di dalam ruangan, asap diasumsikan sebagai hasil dari api. Sehingga detektor yang satu ini juga cocok digunakan sebagai detektor kebakaran di pabrik. Ketika merokok di dalam ruangan yang terdapat alat detektor ini, maka pendetektor akan menyala. Ada beberapa macam alat detektor yang berbasis asap

  • Smoke Detector Multi

Jenis yang satu ini memiliki dua atau empat kabel sehingga dapat berfungsi untuk mengintegrasikan dengan Security Alarm dan Conventional Fire Alarm.

  • Smoke Detector 4 Wire

Alat ini bekerja dengan sistem empat kabel.

  • Stand Alone Smoke Detector

Alat pendeteksi kebakaran yang satu ini memiliki sistem berdiri sendiri jadi tidak memerlukan koneksi ke panel controller.

  • Smoke Detector 2 Wire

Alat ini bekerja menggunakan sistem kerja dua kabel.

  • Alat Deteksi Gas (Gas Detector)

Selain api dan panas, detektor kebakaran juga dapat bekerja saat mendeteksi gas. Prinsip kerja pemadam kebakaran yang satu ini adalah dengan cara mendeteksi adanya kebocoran gas. Alat detektor kebakaran ini cocok diletakkan di dapur yang menggunakan gas untuk memasak.

  • Alat Deteksi Panas (Heat Detector)

Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi panas yang ada di dalam ruangan. Panas yang diasumsikan oleh alat ini berasal dari api di ruangan tersebut. Jika suhunya mencapai 500C hingga 600C, alat detektor akan memberikan peringatan. Ada tigas jenis alat pendeteksi panas, yaitu rateof rise detector, fixed temperature heat detector, dan rate compensation detector. Jenis detektor yang satu ini cukup cocok digunakan sebagai detektor kebakaran di pabrik yang memproduksi barang atau makanan yang banyak membutuhkan alat pendingin.

  • Fixed Temperature Detector

Jenis alat yang satu ini juga cocok digunakan sebagai detektor kebakaran di pabrik. Tepatnya bisa ditempatkan di ruangan yang menyimpan peralatan yang memang sudah panas, seperti genset. Prinsip dasar jenis alat detektor yang satu ini adalah langsung mendeteksi suhu yang tinggi. Maka dari itu alat tersebut jika terlalu panas bisa terdeteksi oleh detektor jenis ini. Area yang cukup efektif untuk detektor jenis ini adalah pada ketinggian 4m atau dengan ketinggian plafon antara 4-8m. Jenis alat detektor yang satu ini cukup memerlukan dua kabel, yaitu L dan LC.

Tentunya alat detektor kebakaran adalah satu alat yang cukup wajib dipasang di sebuah bangunan. Hal ini juga dapat melindungi orang dan isi di dalam bangunan tersebut. Untuk memasang alat detektor kebakaran, TotalFire membuka jasa untuk melakukan pemasangan. Dengan pengalaman yang sudah lebih dari lima tahun, TotalFire memberikan jasa yang sangat berguna. Tidak perlu berpikir terlalu lama apakah Anda akan memasang alat detektor ini, karena alat detektor kebakaran adalah hal cukup penting untuk perlindungan diri.

Jadi, kapan Anda akan mengubungi TotalFire?