Fire Alarm System Indonesia Yang Wajib Untuk Diketahui

fire alarm system indonesia for factory, office, bank, data center

Bencana kebakaran adalah salah satu bencana yang dapat menimbulkan adanya kerugian yang sangat besar apabila tidak diatasi dengan cepat. Untuk menanggulanginya, dibutuhkan proteksi keamanan berskala tinggi mulai dari fire alarm, penyediaan Novec 1230 hingga adanya hydrant outdoor yang nantinya dapat membantu suplai air untuk memadamkan api.

Diantara proteksi yang paling penting dan vital adalah fire alarm system Indonesia. Begitu pentingnya, bahkan setiap bangunan yang mempunyai instalasi sistem proteksi akan memasang alarm ini. fire alarm system sendiri adalah sistem proteksi dengan tugas mengaktifkan alarm manakala kebakaran terjadi. Alarm ini akan aktif secara otomatis untuk mendeteksi tanda hadirnya sebuah api yang menjadi pemicu awal sebuah kebakaran.

Selain mendeteksi adanya kehadiran api, fire alarm system ini juga dapat mendeteksi jika terjadi keadaan yang tidak normal. Contohnya adalah peningkatan suhu yang drastis di sebuah area hingga muatan gas berbahaya.

Kenali Macam-Macam Fire Alarm System

Di lapangan, Anda akan banyak menemui alat fire alarm untuk mendeteksi kebakaran. Macam-macam fire alarm bergantung dari kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa macam alarm kebakaran dengan berbagai macam sensor yang melekat pada alarm.

  1. Gas Detector

Fire alarm yang pertama adalah gas detector, yang sesuai dengan namanya, alat ini memang diperuntukkan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas. Apabila kebocoran yang terjadi telah melebihi batas maka fire alarm ini otomatis akan berbunyi sehingga dapat mengingatkan orang untuk segera menyelamatkan diri.

  1. Heat Detector

Fire alarm jenis ini banyak dipilih oleh banyak orang karena memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah dapat dipasang di manapun termasuk rumah Anda. Alarm ini bertugas untuk mendeteksi suhu ruangan. Jika suhu  naik dengan tidak wajar, maka alarm akan segera berbunyi untuk memberikan peringatan.

  1. Flame Detector

Fire alarm system ini paling banyak digunakan untuk mendeteksi adanya percikan api. Alat ini sangat membantu sehingga bahaya kebakaran akan segera dapat diatasi begitu alarm berbunyi.

  1. Fix Temperature

Fire alarm ini cocok digunakan di area dengan suhu panas misalnya parkir atau basement.

  1. Smoke Detector

Sesuai dengan namanya alat ini memang diperuntukkan di ruangan merokok atau ruang produksi untuk mendeteksi ketebalan asap. Apabila asap pada ruangan tersebut sudah tidak wajar, maka alarm akan segera berbunyi.

Fire Alarm System Indonesia Berkualitas Internasional

Sebelum menggunakan fire alarm system, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui tentang kualitas fire alarm tersebut. Mengapa demikian, karena alarm yang berkualitas akan mempengaruhi hasil proteksi yang diberikan.

Berikut adalah beberapa syarat fire alarm berkualitas internasional yang harus Anda perhatikan.

  1. Komponennya Masih Lengkap

Yang harus diperhatikan sejak awal adalah lengkap tidaknya komponen yang terdapat pada fire alarm. Kelengkapan komponen ini yang akan mempengaruhi cara kerja fire alarm system. Salah satu komponen ada yang tidak berfungsi maka alarm tidak akan bekerja dengan maksimal.

  1. Masih Berfungsi Dengan Baik

Pastikan bahwa alarm dapat bekerja dengan baik sesuai dengan standar kelayakan. Anda bisa mengeceknya sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah. Jika masih berfungsi tentu akan sangat membantu Anda dalam melakukan proteksi keamanan.

  1. Tidak Harus Buatan Luar Negeri

Banyak yang mengira bahwa fire alarm system terbaik adalah produk buatan luar negeri. Padahal tidak semua produk luar bagus kualitasnya. Banyak juga distributor fire alarm di Indonesia yang memproduksi alarm ini bahkan dengan kualitas yang setara dengan produk luar.

  1. Uji Kelayakan Secara Berkala

Agar alarm dapat bekerja dengan maksimal, Anda harus sering melakukan pengecekan secara berkala dengan bantuan para teknisi yang berpengalaman meng-handle fire alarm.

  1. Memenuhi Syarat Standar Alat Pemadam Kebakaran

Alat yang bagus dan berkualitas adalah alat yang memang telah memenuhi standar kelayakan alat pemadam kebakaran. Umumnya distributor alarm akan menggunakan standar ini agar alat yang digunakan tidak mengecewakan.

Ciri Distributor Fire Alarm Terpercaya

Tertarik untuk menggunakan fire alarm? Jika iya, maka Anda harus pandai dalam memilih distributor penyedia fire alarm system Indonesia yang berkualitas. Terutama jika Anda membutuhkan alarm tersebut lebih dari satu.

Untuk mendapatkan distributor yang terpercaya, Anda harus mengantongi beberapa ciri berikut ini, yaitu:

  1. Alamat distributornya jelas.
  2. Reputasinya baik.
  3. Memberikan pelayanan yang maksimal, mulai dari konsultasi, pembelian bahkan dapat memberikan pelayanan perbaikan apabila terjadi masalah dengan fire alarmnya.
  4. Memiliki akun media sosial, kontak atau web yang dapat dipercaya untuk menghubungi atau mencari informasi terkait fire alarm tersebut.
  5. Harga alarm wajar sesuai dengan harga yang ada di pasaran.

Untuk mendapatkan distributor fire alarm system Indonesia sekarang cukup mudah. Anda dapat berkunjung ke web Totalfire untuk mendapatkan banyak informasi terkait fie alarm ini. Totalfire juga menyediakan berbagai macam alarm yang dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya bencana kebakaran.  Tunggu apalagi, segera kunjungi Totalfire untuk pelayanan yang memuaskan.