Sudah Tahu Apa Itu Novec 1230 adalah? Cari Tahu Di Sini!

novec 1230 consultant fire protection jakarta surabaya bogor

Meskipun tidak ada satu orang pun yang mengetahui atau dapat memprediksi terjadinya kebakaran, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan fire suppression system. Dengan begitu, kerugian yang dapat ditimbulkan oleh kebakaran dapat diminimalkan dan jatuhnya korban jiwa dapat dicegah.

Kebakaran yang sering terjadi ternyata terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu kelas kebakaran A yang terjadi karena terbakarnya material padat yang mudah terbakar; kelas kebakaran B yang terjadi karena terbakarnya zat cair polar dan non-polar; kelas kebakaran C yang terjadi karena terbakarnya instalasi listrik dan peralatan elektronik; serta kelas kebakaran D yang terjadi karena terbakarnya material logam.

Untuk mencegah terjadinya atau mengatasi kelas-kelas kebakaran tersebut, Anda dapat menggunakan fire suppression system. Saat menjalankan sistem ini, diperlukan bahan pemadam yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu bahan pemadam konvensional dan clean agent.

Di pasaran, bahan pemadam yang paling banyak digunakan adalah clean agent karena lebih cepat mengatasi kebakaran dan lebih ramah lingkungan. Salah satu clean agent yang banyak digunakan adalah Novec 1230.

Pengertian Novec 1230

Novec 1230 adalah salah satu bahan pemadam api yang dapat menghilangkan elemen panas dari segitiga api berupa oksigen, bahan bakar, dan panas. Jika dilihat sekilas, bentuk Novec 1230 seperti cairan. Meskipun demikian, bahan pemadam ini memiliki titik didih 48o Celcius dan mudah menguap.

Novec 1230 menjadi salah satu bahan pemadam api yang banyak digunakan di pasaran karena sangat ramah lingkungan, tidak merusak lapisan ozon, tidak akan mencemari oksigen, dan lebih mudah saat memadamkan api, baik dari kelas kebakaran A, kelas kebakaran B, kelas kebakaran C, maupun kelas kebakaran D.

Dalam pengaplikasiannya, bahan pemadam ini hanya sedikit, bahkan tidak, menggunakan pipa distribusi karena didesain secara khusus. Biasanya, Novec 1230 digunakan sebagai pengganti air yang dapat merusak benda-benda di sekitar api. Bahan pemadam ini sangat tepat digunakan pada alat pemadam kebakaran portable, aplikasi flooding total, aplikasi tipe directional spray, dan sistem flooding terlokalisasi.

Cara Kerja Novec 1230

Novec 1230 termasuk bahan pemadam yang sangat aman digunakan sehingga banyak digunakan di pasaran dan sangat cepat dalam memadamkan api. Cara kerja Novec 1230 adalah dengan tidak mengurangi jumlah oksigen, tetapi hanya menggunakan oksigen dalam konsentrasi atau jumlah yang sangat kecil, bergantung pada volume ruangan yang terbakar.

Selain itu, bahan pemadam ini akan menghilangkan radikal bebas dan elemen panas dari segitiga api berupa oksigen, bahan bakar, dan panas. Dengan begitu, api yang membakar suatu ruangan dapat dipadamkan dengan cepat.

Kelebihan Novec 1230

Jika menggunakan Novec 1230 untuk memadamkan api, baik dari kelas kebakaran A, kelas kebakaran B, kelas kebakaran C, maupun kelas kebakaran D, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan. Kelebihan Novec 1230 adalah sebagai berikut.

  1. Tidak akan menimbulkan pemanasan global karena hanya dapat bertahan di atmosfer selama 5 hari.
  2. Tidak akan merusak lapisan ozon karena masa pakainya di atmosfer sangat rendah.
  3. Karena tidak akan menimbulkan pemanasan global dan tidak akan merusak lapisan ozon, Novec 1230 sering disebut sebagai gas hijau yang nyaman dan bersih.
  4. Novec 1230 sangat ramah lingkungan, tidak akan mencemari oksigen, dan lebih cepat dalam memadamkan api.
  5. Novec 1230 lebih aman digunakan untuk memadamkan api.
  6. Memiliki tingkat konsentrasi yang rendah dalam memadamkan api sehingga dapat digunakan di ruang yang kecil.

Efek Samping Novec 1230

Berdasarkan penelitian, Novec 1230 tidak akan memberikan efek samping yang berarti dan tidak membahayakan. Adapun efek samping dari Novec 1230 adalah iritasi ringan dan tidak berbahaya saat terkena kulit. Selain itu, rasa tidak nyaman biasa juga akan Anda rasakan jika terkena mata.

Meskipun di pasaran juga terdapat bahan pemadam konvensional, clean agent lebih banyak digunakan yang salah satunya adalah Novec 1230. Novec 1230 adalah bahan pemadam kebakaran yang lebih ramah lingkungan, tidak merusak lapisan ozon, tidak akan mencemari oksigen, dan lebih mudah saat memadamkan api dengan cara menghilangkan radikal bebas dan elemen panas dari segitiga api.