Jenis Dan Cara Kerja Sprinkler System

 

Jual fire sprinkler murah

Kebakaran termasuk bencana yang paling sering terjadi, bukan hanya pada bangunan-bangunan tapi juga lahan dan tempat lainnya. Ada begitu banyak alat untuk memadamkan api yang bisa digunakan. Alat pemadam api ini ada yang sudah diinstalasi sendiri oleh pemilik gedung supaya jika ada gejala kebakaran bisa segera diatasi, dan tidak semakin menyebar ke mana-mana.

Alat-alat seperti ini akan membantu pemadaman api atau sekadar evakuasi para penghuni gedung yang masih ada di dalam sebelum pemadam kebakaran datang. Salah satu jenis alat atau sistem pemadam kebakaran yang biasa digunakan adalah sprinkler system.

Mari ketahui lebih banyak mengenai prinsip kerja dan jenis-jenis dari fire sprinkler di artikel ini.

Jenis Sprinkler

Di dalam jenisnya sprinkler terbagi menjadi 5 jenis. Semua jenis tersebut memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Mungkin ada beberapa jenis sprinkler yang sering Anda lihat di gedung-gedung atau tempat yang besar. Berikut ini 5 jenis sprinkler sistem yang dimaksud.

  • Wet Pipe System

Merupakan sprinkler otomatis yang langsung disambungkan ke supply air. Apabila ada panas yang dihasilkan dari api maka air yang tersimpan tersebut akan segera keluar lewat sprinkler yang terbuka.

  • Dry Pipe System

Beda dengan wet pipe yang menggunakan air, dengan sistem ini sprinkler secara otomatis akan disambungkan kepada sistem perpipaan yang di dalamnya terdapat nitrogen atau udara dengan tekanan. Ketika ada panas yang menyebabkan adanya api akan membuat dry pipe valve terbuka.

  • Preaction System

Sprinkler otomatis yang digunakan dengan sistem ini akan disambungkan ke sistem yang juga yang di dalamnya terkandung udara. Ada udara yang tidak bertekanan dan bertekanan.

  • Deluge System

Sistem ini akan menggunakan kepala sprinkle terbuka yang tersambung pada sistem perpipaan. Kemudian dihubungkan kembali ke supply air menggunakan sebuah valve.

Valve itu akan menggunakan sistem deteksi yang membuatnya bisa dibuka. Sistem deteksi tersebut akan dipasang pada area di mana sprinkle disimpan. Ketika valve tersebut terbuka maka air akan langsung mengalir ke sistem perpipaan, kemudian dikeluarkan lewat semua sprinkler.

  • Combiner Dry Pipe – Preaction

Sistem kelima ini merupakan sistem pipa yang isinya adalah udara yang bertekanan. Ketika kebakaran terjadi, alat pendeteksi akan membuka katup untuk mengontrol air serta udara. Kemudian keduanya akan dikeluarkan ke pipa supply, dengan begitu sistem akan terisi penuh air. Cara kerjanya mirip seperti wet pipe. Namun jika pada kerusakan pada alat deteksi maka akan bekerja seperti yang dilakukan dry pipe.

Prinsip Kerja Dari Sprinkler System

Fire sprinkler system terdiri atas beberapa komponen seperti pipa, kepala sprinkler, juga sistem untuk menyediakan air. Masing-masing punya perannya sendiri-sendiri.

Oleh karena banyak alat yang digunakan maka pemasangannya harus dilakukan dengan sangat detil dan matang. Semua itu agar dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Prinsip kerja alat pembantu pemadaman api ini adalah terobosan yang sangat luar biasa penting. Sprinkler akan langsung menyala apabila ada api yang menjadi penyebab kebakaran. Alat ini sangat diandalkan untuk bangunan-bangunan yang memasangnya.

Prinsip kerja dari alat ini ketika terjadi kebakaran di sebuah tempat adalah sebagai berikut.

  • Apabila ada kenaikan suhu sekitar 68 derajat celsius maka kepala sprinkler akan langsung mengeluarkan air yang bisa membuat api langsung mati jika memang masih kecil.
  • Apabila ada api yang muncul maka alarm pada bagian check valve akan terbuka karena terbukanya clapper pada bagian alarm valve tersebut. Akan langsung mengalir ke dalam pipa alarm trim kemudian mengaktifkannya.
  • Apabila api sudah dapat diatasi maka air bisa berhenti mengalir ke arah alarm gong, pressure switch, dan fire sprinklernya.
  • Banyaknya air yang keluar dari alat ini ditentukan oleh seberapa besar bahaya kebakaran yang terjadi dari. Mulai kebakaran ringan, sedang sampai berat.

Supaya bahaya kebakaran dapat ditangani akan lebih baik jika semua ruangan dalam sebuah bangunan dipasangi oleh sistem ini kecuali ruang panel listrik,  ruang tahan api, ruangan tangga, dan ruangan lainnya yang memang khusus dibuat untuk tahan terhadap api.

Harga fire sprinkler grosir

Bagi Anda yang sedang butuh penginstalan sprinkler system dan berada di daerah Jakarta, bisa kunjungi website https://totalfire.co.id/  atau anda bisa langsung menghubungi kami untuk info lebih lanjut melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!