Kontraktor foam system kebakaran jakarta

Sistem untuk memadamkan api atau kebakaran pada bangunan banyak sekali jenisnya. Untuk memadamkan api bukan hanya bisa menggunakan air tapi juga gas, dan foam atau busa. Sistem untuk memadamkan api menggunakan busa disebut dengan foam system. Bisa disebut juga sebagai foam fire extinguisher system.

Beda dengan  alat pembantu untuk memadamkan api lainnya, sistem busa khusus digunakan pada berbagai tempat industri yang menggunakan cairan kimia dan perminyakan. Ketahui lebih jauh mengenai foam system pada artikel ini.

Cara Kerja Alat Pemadam Dengan Foam System

Mungkin bagi Anda masih bingung bagaimana cara kerja dari alat pemadam api dengan sistem satu ini. Bagaimana mungkin busa bisa digunakan untuk memadamkan api? Mungkin itu yang ada di pikiran Anda saat ini. Kira-kira busa tersebut terbuat dari apa ya?

Sistem busa untuk memadamkan api terdiri atas dua buah kategori, yaitu chemical foam fire extinguishing system, dan air foam fire extinguisher system. Pembentuk busa dari dua kategori ini berbeda, untuk yang jenis chemical foam menggunakan busa kimia sedangkan air foam menggunakan busa air.

Keterlibatan bahan kimia antara dua kategori foam system tersebut adalah pembeda yang paling utama.

Namun bahan kimia yang aktif dapat menjadi musuh dari keberlangsungannya sebuah lingkungan hidup. Makannya sejak beberapa tahun yang lalu jenis chemical foam sudah tidak pernah digunakan atau diproduksi lagi. Sekarang hanya tersisa air foam system yang dinilai lebih aman.

Instalasi sistem ini terdiri atas pompa kebakaran, sumber air, foam maker, air foam concentrate, proportioner, rangkaian pipa, dan foam discharge outlet control panel.

Kegunaan Instalasi Pada Foam System

Di atas tadi sudah disebutkan bagian-bagian yang termasuk dalam instalasi sistem satu ini. Pada sub judul ini saya akan membahas kegunaan dari instalasi-instalasi tersebut.

Instalasi ini meskipun menggunakan busa tetap memerlukan sumber air untuk menjadi media utamanya. Air tersebut akan ditampung pada sebuah tangki dengan kapasitas yang sesuai dengan luas area yang akan diproteksi. Air tersebut akan keluar untuk memadamkan api lewat set pompa kebakaran, misalnya pompa hydrant. Pompa tersebut akan menyedot air dalam tekanan tinggi.

Air akan disalurkan oleh pompa lewat pipa-pipa yang terpasang di atas plafon atau tembok. Air tersebut akan mengalir sampai dengan jangkauan paling jauhnya.

Jika alat ini bekerja ketika mendeteksi adanya kebakaran maka akan ada pencampuran air dan larutan air foam concentrate di dalam pipa. Selanjutnya kedua bahan tersebut akan diaduk menggunakan mesin untuk membuat busa (foam maker). Mesin pembuat busa akan menghisap serta menghasilkan air foam yang ukurannya tepat kemudian hasilnya tersebut akan mereduksi api yang berasal dari cairan yang mudah terbakar menggunakan cooling effect.

Cara paling tepat untuk memutuskan rantai segitiga api penyebab kebakaran paling utama memang dengan membuat efek dingin seperti ini. Oleh karena dengan mereduksi panas, api yang berkobar bisa dihentikan.

Faktor segitiga api terdiri atas tiga bagian, yaitu bahan bakar, oksigen, dan suhu panas. Jika ketiganya saling bertemu maka akan membuat adanya percikan api.

Ada 6 buah tipe foam yang bisa dibuat oleh foam system. Antara lain air foam nozzle, air foam chamber, subsurface foam injection, air foam spray head, high expansion foam generators, dan air foam-water monitor nozzle. Setiap tipe tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Seperti air foam monitor nozzle dapat digunakan untuk memadamkan api di daerah kilang minyak lepas pantai. Air foam nozzle menjadi alat perlengkapan di tangki penyimpanan lalu bekerjasama dengan subsurface foam injection, dan air foam chamber.

Foam System fire suppression system indonesia

Selanjutnya untuk air foam spray head akan mengatasi kebakaran yang terjadi pada permukaan cairan yang mudah terbakar, dan subsurface foam injection dan air foam chamber akan memadamkan api di tangki penyimpanan terbuka.

Oh ya, ada satu lagi alat pemadam api dengan busa yang diberi nama AFF. Alat pemadam ini tidak diinstalasi pada gedung tapi hanya berbentuk tabung yang didalamnya terdapat busa. Mirip seperti yang didalmnya berisi air atau gas. Alat ini bisa langsung dibawa oleh Anda lalu disemprotkan kearah apinya secara langsung.

Apabila Anda akan memasang sistem ini pada bangunan Anda maka bisa meminta bantuan pada kontraktor. Salah satunya bisa Anda cari di website https://totalfire.co.id/.

Untuk info lebih lanjut mengenai Foam system anda dapat mengunjungi website https://totalfire.co.id/. dapat langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812 2954 5016 dan telepon 0811 823 279 atau ke alamat email: info@totalfire.co.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik! Contact us now!