Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Definisi Gas Detection Dan Fungsinya

Kontraktor Gas Detection, Gas Detector, Fire detector, Flame detector

Gas adalah salah satu bentuk benda selain benda cair dan padat. Gas selalu berwujud transparan dan bisa didistribusikan ke seluruh ruangan apapun bentuk ruangannya. Jika diletakkan di dalam ruangan, gas akan selalu memberikan tekanan pada dinding. Karena volume gas selalu menyesuaikan dengan volume tempatnya, maka jika tidak diwadahi, volume gas akan menjadi tak terhingga dengan tekanan yang sekecil-kecilnya.

Dengan sifat gas yang seperti itu, maka tidak heran jika sering terjadi kebocoran gas dalam sebuah ruangan. Sehingga diperlukan alat gas detection.

Pengertian Detector Gas

Secara sederhana, detector gas bisa diartikan sebagai alat untuk mendetekasi adanya gas pada suatu tempat. Pendeteksi gas ini biasa dimanfaatkan oleh instansi yang berhubungan dengan rawannya kebocoran gas. Seperti dapur restoran besar yang menggunakan gas untuk memasak, tempat kerja yang rawan terjadi kebocoran gas seperti kilang minyak, pabrik dan lain sebagainya.

Mengingat gas bisa menyatu dengan udara dan sulit sekali terdeteksi, maka keberadaan detector gas ini sangat penting untuk mencegah hal membahayakan akibat bocornya gas seperti kebakaran.

Manfaat Gas Detector

Dari keterangan di atas, manfaat gas detector sangatlah penting. Karena gas detector adalah alat untuk mendeteksi adanya gas berbahaya yang menyatu dengan udara agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

Adapun manfaat khusus dari gas detection adalah:

  1. Bisa mendeteksi keberadaan gas yang berbahaya seperti karbon dioksida dan gas lain yang berbahaya untuk manusia serta mudah terbakar.
  2. Ada 3 jenis gas yang bisa dideteksi, antara lain gas beracun, penipisan oksigen, serta gas bisa menyulut api.

Sebagai pencegahan dini bahaya kebocoran gas, detector gas biasanya dipasang dengan dihubungkan pada control sistem. Tujuannya, mesin akan segera berhenti ketika pendeteksi gas ini mendeteksi adanya kebocoran gas dalam sebuah tempat atau ruangan.

Selain itu, alat pendeteksi gas ini bisa dihubungkan dengan alarm atau lampu tanda bahaya. Agar ketika dideteksi adanya kebocoran gas, semua orang yang ada dalam ruangan segera melarikan diri ketika mendengar alarm berbunyi.