Kelebihan Instalasi Pemadam Kebakaran Sistem Sprinkler

Pemadam Kebakaran Sistem Sprinkler di pabrik gudang data center gedung

Pemadam kebakaran sistem sprinkler merupakan salah satu proteksi aktif yang cukup efektif dan populer. Ini banyak memiliki keuntungan dan digunakan di berbagai jenis bangunan. Memiliki komponen yang cukup rumit tentu saja pemasangannya membutuhkan bantuan dari profesional fire protection.

Keuntungan Menggunakan Sistem Sprinkler Untuk Kebakaran

Sistem fire sprinkler memiliki beberapa keuntungan dalam menangani masalah kebakaran. Sistem ini lebih efektif jika menggunakan pemadam otomatis. Sensor panas dan sumber air dengan tekanan cukup dapat sangat membantu dalam mencegah timbulnya kebakaran. Berikut ini beberapa kelebihand ari pemadam kebakaran sistem sprinkler.

  1. Mengurangi Risiko Kematian

Memasang sistem sprinkler bersama dengan metode proteksi kebakaran lainnya seperti alarm asap dapat membantu melindungi properti dan orang yang ada di dalamnnya. Bangunan yang dilengkapi dengan alarm kebakaran dan sistem pemadam bisa mengurangi risiko kematian sampai 82%. Ini tentu menjadi proteksi yang cukup efektif dan perlu dipasang di bangunan yang berisiko, bahkan rumah sekalipun.

Sprinkler juga bisa membantu memberikan jalan bagi orang yang ingin menyelamatkan diri. Ini bisa membantu menyelamatkan orang-orang dari terjebak di dalam bangunan saat terjadi kebakaran.

  1. Biaya Yang Efektif

Dibandingkan dengan kerusakan yang dapat diakibatkan oleh kebakaran, pemasangan sistem sprinkler ini akan menghabiskan biaya yang tidak terlalu besar. Ini dapat memberikan perlindungan pada properti fisik dan jiwa orang-orang yang tinggal di dalam properti tersebut. Harga dari sistem sprinkler ini tentunya tidak mahal jika dibandingkan dengan nilai bangunan.

  1. Mengurangi Risiko Kerusakan Properti

Saat semprotan air berusaha untuk memadamkan kebakaran di dalam bangunan maka ini bisa menyebabkan kerusakan baik dari tampilan visual atau struktur bangunan. Sistem sprinkler ini hanya menggunakan jumlah air yang sedikit, ini berarti kerusakan yang ditimbulkan akan lebih minim dibandingkan pemadaman api biasa.

  1. Perawatan Yang Minimum

Hampir semua tipe sprinkler membutuhkan perawatan yang minim dan dapat berjalan dengan lancar hanya dengan perawatan tahunan. Kontraktor yang profesional juga akan memberikan layanan untuk perawatan dan perbaikan. Meskipun tidak mudah rusak namun tetap perlu diperiksa secara berkala apakah bisa berjalan dengan lancar.

  1. Meningkatkan Nilai Properti

Pemasangan pemadam kebakaran sistem sprinkler bisa meningkatkan nilai properti. Sistem keselamatan bangunan yang dipasang secara profesional akan semakin membuat bangunan tersebut menarik. Saat bangunan tersebut dijual maka nilainya akan bertambah, lebih dari bangunan yang tidak dilengkapi sistem kebakaran. Jadi pemasangan sprinkler tidak akan sia-sia meskipun bangunan tersebut akan dijual pada pihak lain.

Instalasi Pemadam Kebakaran Sistem Sprinkler

Pemasangan sistem proteksi kebakaran sprinkler bisa dilakukan oleh profesional yang telah berpengalaman. Ini tak bisa dilakukan sembarangan karena ada banyak peraturan instalasi sprinkler yang dikeluarkan oleh badan terkait baik itu nasional atau internasional. Menggunakan pipa yang tersambung dengan kepala sprinkler, instalasinya tak boleh sembarangan.

Di awal, baik itu untuk bangunan baru atau lama maka perlu melakukan perancangan desain sprinkler. Langkah pertama desainer akan mengidentifikasi klasifikasi dan tingkat bahaya untuk membuat struktur sistem fire sprinkler. Jasa kontraktor yang profesional pastinya akan membuat rancangan sistem sprinkler yang memenuhi standar nasional maupun internasional. Ini termasuk kebutuhan ruang, pipa, tekanan air minimum dan pilihan komponen sprinkler yang dipasang.

Setelah desain dibuat sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku, barulah kemudian melakukan persiapan untuk pemasangan. Semua peralatan disiapkan sesuai rencana lalu para pekerja dari kontraktor bisa melakukan pemasangan di bangunan. Pipa-pipa dapat dipasang sesuai dengan desain dengan memperhatikan ruangan yang ada di bangunan. Begitu juga kepala sprinkler yang akan dipasang di ruangan yang berisiko. Setelah pemasangan sudah sesuai dengan desain yang telah direncanakan maka selanjutnya para teknisi bisa melakukan tes pada sistem sprinkler tersebut.

Saat melakukan tes pada sistem, pemilik bangunan perlu berada di sana untuk melihat apakah memang sudah berjalan dengan baik. Selain tes pertama, secara berkala inspeksi perlu dilakukan agar mengetahui apakah sistem tersebut masih berjalan dengan lancar.

Jasa Instalasi Sprinkler Di Indonesia

Sebuah bangunan tidak hanya sekadar membutuhkan tabung pemadam atau fire extinguisher saja, namun sistem keamanan yang lebih menyeluruh. Oleh karena itu perlu untuk merencanakan sistem proteksi kebakaran sejak awal. Sistem sprinkler bisa jadi pilihan tepat karena sudah terbukti efektif dalam mengurangi risiko kerugian dan kehilangan nyawa akibat kebakaran. Instalasi sprinkler dengan kontraktor profesional ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi pemilik bangunan.

Kebutuhan proteksi kebarang di bangunan perlu bekerja sama dengan jasa kontraktor fire protection. Selain pemadam kebakaran sistem sprinkler, ada beberapa sistem lainnya yang bisa digunakan untuk mengantisipasi risiko kebakaran. Bagi yang ingin melengkapi bangunannya dengan sistem kebakaran yang berkualitas maka bisa menghubungi Totalfire Indonesia, kontraktor profesional yang berpengalaman mengerjakan banyak proyek perusahaan besar.