Harus Selalu Sadar Diri Untuk Jalankan Rencana Fire Safety Indonesia

fire safety indonesia kontraktor konsultan fm200 novec

Kebakaran menjadi salah satu momok tersendiri bagi setiap orang. Karena dengan kebakaran setiap orang bisa mengalaminya dan bahkan dapat mengakibatkan kerugian. Dengan kebakaran dapat menyebabkan perabotan yang anda miliki hangus, gedung serta dokumen yang anda miliki pun bisa menjadi korban. Bahkan keluarga atau orang yang ada di sekitar anda pun dapat terkena imbasnya. Untuk itu, rencanakan penanggulangan kebakaran ini sejak dini. Rencana fire safety Indonesia memang harus digalakkan, namun kita pun harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum melakukan kemanan kebakaran tersebut. Apa saja penyebab kebakaran yang sering terjadi di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Human Error Adalah Penyebab Terjadinya Kebakaran

Bencana kebakaran yang ada di Indonesia ini pada umumnya dikarenakan human error atau kelalaian dari manusia itu sendiri. Human error memang tidak dapat dicegah, namun setidaknya anda pun dapat meminimalisasi terjadinya hal ini. Memang human error ini menjadi salah satu penyebab kebakaran yang sering terjadi di Indonesia. Baik itu kebakaran yang terjadi di rumah maupun kebakaran yang terjadi di perusahaan maupun instansi lainnya. Walaupun kebakaran bisa juga terjadi akibat factor lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Human Error?

Cara yang paling mudah dan tepat untuk meminimalisasi human error ini adalah memberikan sosialiasi kepada semua karyawan  atau penghuni yang ada di gedung tersebut terkait dengan adanya kebakaran. Lebih bagus lagi apabila mereka semua pun juga diberi pelatihan mengenai cara penanggulangan masalah kebakaran ini. Dengan mereka diberi sosialisasi dan pelatihan mengenai cara pencegahan kebakaran setidaknya dapat menjadi bekal dalam mereka berkerja dan mereka pun akan lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaannya. Serta jangan lupa selalu beritahu penghuni gedung untuk selalu melaporkan apabila terjadi tanda-tanda kebakaran yang mereka ketahui agar kebakaran ini dapat segera tertangani dengan cepat dan tepat.

Bahan Mudah Terbakar Yang Dapat  Dengan Cepat Mengakibatkan Kebakaran

Anda serta penghuni yang ada di gedung juga wajib mengetahui bahan apa saja yang dapat mudah terbakar serta dapat menyebabkan kebakaran dengan cepat. Bahan yang mudah terbakar dan sering kali kita jumpai di gedung adalah kertas, kardus dan cairan flammable. Sehingga anda pun harus berhati-hati dengan bahan yang mudah terbakar ini agar selalu membuang atau menyimpannya di tempat yang aman dan jauh jangkauan dari sumber api.

Bagaimana Solusinya?

Solusi untuk mencegah kebakaran dari bahan-bahan yang mudah terbakar adalah simpanlah di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan sumber api. Dan anda pun harus memastikan bahwa cairan yang mudah terbakar tersebut disimpan di tempat yang aman dan disegel. Serta apabila terjadi tumpahan cairan tersebut segera bersihkan. Hal ini tentunya bertujuan agar tidak memicu kebakaran apabila terdapat sumber api yang ada di wilayah tersebut. Karena bahan yang mudah terbakar ini apabila dekat dengan sumber api maka akan dapat mudah terbakar dan dapat dengan mudah memicu kebakaran.

Rokok Dapat Menyebabkan Kebakaran

Selain bahan-bahan yang mudah terbakar, kebakaran juga sering kali disebabkan karena puntung rokok. Untuk itu, mencegah terjadi kebakaran karena puntung rokok, sebaiknya anda pun menyiapkan ruangan khusus yang digunakan untuk merokok. Karena sering kali orang yang merokok membuang puntung rokok ini sembarangan. Walaupun sebenarnya di ruangan atau gedung tersebut memang sudah disediakan tempat untuk membuang puntung rokok.

Hal sepele inilah yang tekadang dapat mengakibatkan kesalahan fatal bagi anda. Untuk itu, bagi anda yang merokok, sebaiknya selalu ikuti aturan merokok yang ada di dalam ruangan, dan apabila anda harus merokok, pastikan puntung rokok yang anda buang pun sudah dalam keadaan mati. Dan jangan lupa buang puntung rokok pada tempat yang sudah disediakan, jangan pernah membuang puntung rokok di sembarang tempat. Karena hal ini dapat membahayakan semua orang.

Pada umumnya, penyebab kebakaran masih banyak lagi, namun hal-hal di atas adalah kesalahan atau penyebab kebakaran yang sering terjadi di Indonesia. Dengan demikian, untuk merencanakan keamanan kebakaran yang ada di Indonesia memang masyarakatnya sendiri harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Karena dengan masyarakat mengetahui penyebab yang sering mengakibatkan kebakaran maka setidaknya dapat menurunkan grafik kebakaran yang ada di negara Indonesia.

Untuk itu, mari sebelum merencanakan fire safety Indonesia kita bersama-sama mencari tahu serta memahami terlebih dahulu mengenai penyebab kebakaran yang sering terjadi. Selalu patuhi peraturan yang ada di manapun kita berada baik itu untuk mencegah kebakaran maupun untuk mencegah hal lainnya. Selalu lindungi diri anda maupun orang yang ada di sekitar anda. Kebakaran memang tidak bisa kita hindari, namun setidaknya dapat kita cegah dengan kesadaran diri yang ada pada diri kita masing-masing.