Waspada! Ini Dia Ragam Penyebab Kebakaran Gedung

fire alarm system adalah kontraktor fire alarm indonesia medan bogor makasaar riau

Kebanyakan orang pastinya sepakat bahwa bencana kebakaran, apapun penyebabnya, adalah hal yang mesti dihindari dan diantisipasi sejak dini. Kesepakatan tersebut lantas menyulut sejumlah teknisi dan ilmuwan di seluruh dunia untuk merancang fire alarm system yang terus mengalami modifikasi dan perkembangan dari periode ke periode.

Secara singkat, fire alarm system adalah sistem yang dirancang untuk mendeteksi keberadaan api atau tanda-tanda api secara otomatis. Caranya yakni dengan menganalisis perubahan yang terjadi area yang dipantau. Dengan cara kerja semacam ini, fire alarm system sangat bisa diandalkan untuk mencegah terjadinya kebakaran di tempat ia dipasang.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang fire alarm system, mari sejenak membahas tentang ragam penyebab kebakaran gedung. Dengan mengetahuinya, kita akan bisa piawai memilih jenis fire alarm system yang dirasa cocok dengan kebutuhan. Meminjam istilah “tak ada asap jika taka da api”, terdapat sejumlah alasan yang menyulut api berkobar sehingga berpotensi merusak dan membahayakan jiwa.

Untuk mendapatkan penjelasan tentang ragam penyebab kebakaran, mari simak uraian berikut ini.

  1. Kebakaran Disengaja

Ini merupakan alasan yang paling berbahaya, sebab peristiwa kebakaran tidak terjadi secara alami melainkan telah melewati proses perencanaan dan rekayasa. Ada sejumlah alasan mengapa orang atau oknum bisa tega merencanakan kebakaran, di antaranya karena tidak puas dengan kinerja perusahaan, motif balas dendam, agenda penipuan asuransi, pekerjaan psikopat atau alasan “kotor” lainnya.

Untuk alasan yang satu ini, fire alarm system adalah alat yang seharusnya bisa diandalkan untuk mencegah kebakaran parah. Sayangnya, para perekayasa kebakaran bisa saja merusak alat tersebut sehingga tidak bisa berfungsi, lantas agenda kebakaran bisa berjalan lancar.

  1. Kerusakan Sistem

Untuk alasan yang kedua, fire alarm system adalah alat yang bisa menjadi “pahlawan” agar Anda bisa segera melakukan penyelamatan atau pemadaman. Sebab, penyebab kebakaran yang satu ini bukanlah karena hal yang disengaja. Adapun contoh kerusakan sistem misalnya aliran listrik yang korslet, pemanas atau tungku yang meledak, ataupun barang penghasil listrik dan api lainnya yang bermasalah.

  1. Human Error

Penyebab kebakaran yang selanjutnya adalah human error atau karena kecerobohan manusia. Kita tidak pernah menyangka bahwa kecerobohan itu bisa mendatangkan bencana besar. Misalnya, Anda sembarangan membuang puntung rokok, atau lupa mematikan lilin.

Setelah menyimak tiga penyebab umum kebakaran, Anda diharapkan makin sadar akan pentingnya kewaspadaan, sembari mengambil langkah antisipatif. Pemasangan Fire alarm system adalah salah satu bentuk keseriusan Anda untuk melakukan proteksi maksimal terhadap jiwa dan properti.

Dalam agenda kerjanya, sistem pada fire alarm akan mendeteksi perubahan yang mungkin terjadi, misalnya kemunculan asap pekat, suhu ruangan yang meningkat, atau mendeteksi kemunculan api dan gas. Ketika hal ini terjadi, sensor pada fire alarm system akan segera mengirimkan sinyal pemberitahuan sehingga pada akhirnya alarm bekerja dengan menghasilkan suara bising atau cahaya terang.

Secara umum, fire alarm system dapat dibedakan menjadi dua. Di antaranya yakni sistem konvensional dan addressable. Sistem konvensional pada fire alarm system adalah sistem yang tiap zonanya membutuhkan panel alarm sendiri. Maka dari itulah, biasanya ia digunakan untuk bangunan yang tidak terlalu besar.

Sementara itu, sistem addressable bisa diandalkan untuk upaya proteksi di bangunan-bangunan besar. Ini disebabkan sistemnya yang menggunakan kode digital sehingga sistem ini mampu mendeteksi langsung lokasi terjadinya kebakaran pada suatu bangunan.

Setiap langkah pencegahan haruslah selalu diupayakan. Makanya, keberadaan fire alarm system harusnya dioptimalkan oleh semua orang dan unit usaha, sehingga bencana kebakaran bisa senantiasa tercegah. Meski Anda harus mengeluarkan biaya, tapi cara ini pastinya akan jadi investasi cerdas sehingga Anda tercegah dari kerugian akibat bencana kebakaran yang dilakukan secara sengaja maupun tidak.

Demikianlah informasi seputar ragam penyebab kebakaran, serta penjelasan singkat seputar fire alarm system. Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda. Untuk penjelasan lebih lanjut seputar kebakaran dan upaya mengantisipasinya, jangan ragu untuk membuka diskusi di kolom komentar, atau Anda bisa bertanya langsung ke admin kami via website.