Harus Paham! Berikut Jenis Sprinkler Kebakaran Pada Bangunan

Kontraktor fire jakarta surabaya jenis sprinkler kebakaran

Ancaman bahaya kebakaran tidak bisa begitu saja disepelekan. Karena sekejap saja api melahap, maka kerja keras bertahun-tahun akan sirna begitu saja. Semua asset dan manusia penghuni bangunan akan menjadi korban. Namun sayangnya, tidak ada orang yang tahu kapan kebakaran itu akan menjadi bencana. Seperti momok menakutkan yang akan terus membayangi setiap orang.

Maka dari itu, diperlukan serangkaian alat proteksi otomtis yang akan mencegah api merusak seluruh bangunan. Alat proteksi api yang ketika dideteksi adanya percikan api, seketika itu juga secara otomatis menyalakan alarm dan menyemprotkan air untuk mencegah api menjalar lebih luas.

Alat tersebut bernama fire sprinkler atau sprinkler kebakaran. Fire sprinkler adalah serangkaian alat proteksi api yang menggunakan sensor detector serta rangkaian perpipaan, baik pipa basah maupun pipa kering yang dihubungkan dengan tandon air atau water supply.

Alat ini akan bekerja di saat sensor detector menemukan percikan api yang bisa menjadi ancaman kebakaran, secara otomatis kepala sprinkler akan membuka dan air akan menyemprot untuk memadamkan percikan api yang telah timbul. Di saat itu pula, fire alarm secara otomatis akan menyala memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung untuk menyelamatkan diri.

Jika berdasarkan alat penyiramnya, ada 4 jenis sprinkler kebakaran yang biasa digunakan pada bangunan atau gedung, antara lain:

  1. Jenis Sprinkler Kebakaran Pra Aksi

Jenis sprinkler kebakaran yang satu ini dibuat dengan cara mengisi pipa sprinkler dengan udara bertekanan dan air. Air tersebut akan diizinkan untuk keluar saat kepala sprinkler terbuka karena sensor detector menemukan adanya percikan api atau hawa panas di atas ambang batas.

Namun sistem semburan air ini tidak bisa langsung secara otomatis keluar jika yang terdengar adalah alarm palsu. Sistem ini juga hanya menyemburkan air pada tempat yang menjadi titik percikan api saja. Untuk mengantisipasi adanya kerusakan barang karena semburan air.

Ada beberapa tempat yang tidak bisa dilakukan penyemburan air secara menyeluruh karena ditakutkan akan merusak barang-barang. Seperti di perpustakaan yang berisi penuh dengan buku-buku dan akan rusak ketika terkena semburan air. Maka sistem pra aksi ini sangat sesuai di tempatkan pada ruangan rawan air seperti perpustakaan.

  1. Sistem Sprinkler Kebakaran Pipa Kering

Jenis sprinkler kebakaran pipa kering ini hampir sama dengan pra aksi. Karena sama-sama menggunakan udara bertekanan di dalam pipa. Udara bertekanan ini berfungsi untuk menekan debit air yang terlalu banyak. Sehingga bisa menghindarkan pipa dari pembekuan. Terutama jika dipasang pada cool storage atau pada instalasi fire protection yang ada pada daerah kutub.

Kelebihan dari jenis sprinkler kebakaran pipa kering ini adalah menghindarkan bahaya banjir saat terjadi kebocoran pipa. Karena di dalam pipa hanya diisi dengan sedikit air. Selebihnya adalah udara yang bertekanan.

  1. Sistem Sprinkler Kebakaran Pipa Basah

Jenis sprinkler kebakaran pipa basah berkebalikan dengan pipa kering. Karena di dalam pipa sprinkler selalu diisi air. Tujuan pengisian air pada  pipa ini adalah agar mempercepat proses penyemprotan jika sewaktu-waktu terjadi percikan api. Selain itu, pemasangan pipa basah ini lebih hemat dalam biaya pemasangan dan juga perawatan. Serta mengantisipasi kalau pompa air mati sewaktu akan didunakan.

Namun kelemahannya, jika terjadi kebocoran pipa akan menyebabkan banjir di dalam ruangan yang terpasang pipa. Jenis sprinkler pipa basah ini sesuai jika dipasang pada bangunan gedung tinggi yang terdiri dari beberapa lantai. Karena tiap lantai bisa dipasang beberapa pipa.

  1. Sistem Sprinkler Deluge

Sama seperti jenis sprinkler kebakaran lainnya yang menggunakan detektor panas atau asap. Sistem spribkler deluxe mempunyai nozel yang selalu siap sedia jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Jenis sprinkler ini paling sesuai digunakan di dalam gudang yang menyimpan berbagai tanki bahan bakar yang sedikit saja terkena percikan api bisa terjadi kebakaran besar.

Demikian beberapa jenis sprinkler kebakaran yang bisa anda pilih sesuai dengan keperluan gedung atau bangunan yang anda miliki. Jika masih bingung akan memakai jenis yang mana, bisa mencoba berkonsultasi dengan kontraktor atau distributor fire protection sistem.