Ini Dia Yang Termasuk Ke Dalam Komponen Utama Fire Alarm

fire alarm adalah jual fire alarm harga fire alarm harga alarm kebakaran

Saat terjadi kebakaran di sebuah gedung, semua orang yang ada di dalamnya akan segera mengetahuinya dari fire alarm yang berbunyi sangat bising dan nyalanya lampu indikator di kontrol panel. Jika sudah seperti ini, orang-orang tersebut harus segera menyelamatkan diri.

Fire alarm adalah alat yang dibuat untuk mendeteksi adanya peningkatan suhu akibat terjadinya kebakaran di suatu ruangan. Fire alarm dilengkapi dengan bunyi yang dihasilkan dari motor sirine atau alarm bell dan lampu indikator yang dihasilkan dari strobo fire alarm atau indicating lamp.

Fire alarm adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya kebakaran lebih awal. Dengan begitu, kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran dapat diminimalkan dan jatuhnya korban jiwa dapat dihindari. Saat terjadi kebakaran di suatu ruangan yang sudah diinstalasi fire alarm, alarm akan menangkap dan mengirimkan sinyal ke panel alarm sehingga pihak pengelola gedung dapat mengetahui letak kebakaran.

Komponen Utama Fire Alarm

Agar kebakaran yang terjadi dapat ditangani dengan cepat, pihak pengelola gedung harus menginstalasi fire alarm di tempat-tempat yang tepat. Selain itu, kondisi firm alarm juga harus diperiksa secara rutin agar kinerjanya selalu optimal.

Dalam proses kerjanya, fire alarm tidak bekerja sendiri. Ada beberapa komponen utama yang membuat fire alarm dapat bekerja secara optimal. Kompenen-komponen utama tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Manual Call Point

Manual call point dikenal juga dengan emergency break glass. Komponen ini akan berbunyi dengan cara memecahkan kaca pada kotak yang tersedia jika terjadi kebakaran. Agar mudah digunakan, pihak pengelola gedung harus meletakkan manual call point di tempat yang mudah dijangkau dan mudah dilihat.

  1. MCFA

MCFA (Main Control Fire Alarm) menjadi pengendali fire alarm yang akan menerima input signal (sinyal masukan) dari semua detektor kebakaran. Saat terjadi kebakaran atau adanya automatic fire extinguisher, hydrant, dan sprinkler yang bekerja, detektor tersebut akan mendeteksinya dan mengirimkan sinyal ke kontrol panel MCFA yang akan dijadikan input data (data masukan).

Setelah menerima input data, kontrol panel MCFA akan melakukan pengolahan, penyeleksian, dan pengevaluasian data yang akan menghasilkan output data (data keluaran) berisi tentang informasi dan lokasi kebakaran. Output data tersebut akan ditampilkan dalam announciator dan akan mengaktifkan fire alarm secara otomatis.

Fire alarm adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kebakaran dangan beberapa komponen utama yang salah satunya berupa MCFA. Adapun bagian-bagian dari MCFA adalah sebagai berikut.

  • MCU (Main Control Unit), yang menjadi pusat pemantauan berupa monitor untuk mengetahui kondisi yang terjadi pada fire alarm.
  • SCU (Sub Control Unit), yang membaca sinyal dari monitor modul.
  • PSM (Power Supply Module), yang memberikan sumber atau masukan daya pada fire alarm.
  • NIU (Network Interface Unit), yang memberi tugas atau perintah pada modul interface.
  1. Fire Bell

Jika terdengar suara fire bell, itu menandakan adanya kebakaran di suatu ruangan atau tempat. Suara yang dihasilkan dari komponen ini dapat menjadi tanda bahwa orang-orang yang ada di dalam suatu gedung harus segera melakukan evakuasi. Agar suara yang dihasilkan dapat terdengar di seluruh penjuru gedung, pihak pengelola gedung harus memasangnya secara maksimal.

  1. Indicator Lamp

Fire alarm adalah alat yang dapat mendeteksi kebakaran. Salah satu komponen utama pada fire alarm berupa indicator lamp. Indicator lamp ini akan menyala atau berkedip jika terjadi kebakaran dan akan tetap mati jika situasi aman.

  1. Remote Indicating Lamp

Biasanya, remote indicating lamp diletakkan di luar ruangan tertutup, seperti kamar hotel, ruang genset, ruang panel listrik, dan ruang pompa. Hal ini bertujuan agar orang-orang yang berada di luar dapat mengetahui jika terjadi kebakaran di ruangan tertutup tersebut dan dapat segera memadamkannya.

Kebakaran memang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Karena itu, Anda harus menginstalasi fire alarm agar dapat meminimalkan kerugian, bahkan dapat mencegah jatuhnya korban jiwa. Fire alarm adalah alat yang dapat mendeteksi kenaikan suhu akibat kebakaran dan dilengkapi dengan komponen-komponen utama di atas.