kontraktor wet pipe system pemadam kebakaran api

Bagi anda masyarakat awam, tentu istilah wet pipe system seperti jarang didengar. Apa itu wet pipe system? Seperti apa pola kerjanya? Dan bagaimana penerapannya di Indonesia? Mari kita bahas sama-sama dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Wet Pipe System?

Wet pipe system atau yang biasa dikenal dengan istilah sistem pipa basah merupakan sebuah sistem dalam proteksi pemadaman kebakaran dimana sistem yang diterapkan menggunakan air dalam prosesnya. Berbeda halnya dengan dry pipe system yang kerap digunakan di negara-negara Eropa, untuk negara Indonesia penerapan proteksi pemadaman kebakaran lebih menggunakan air dikarenakan cuaca atau iklim daerah setempat. Sebenarnya, keberadaan wet pipe system maupun dry pipe system tetap diperlukan berdasarkan kebutuhannya.

Perbedaan Dry Pipe System Dan Wet Pipe System

Untuk dry pipe system sendiri, banyak digunakan perorangan di rumah pribadi untuk kebutuhan pemadam kebakaran. Dengan bentuk tabung yang tidak membutuhkan pipa panjang, membuat dry pipe system mudah dioperasikan dengan menekan katup yang tersedia. Namun bukan berarti dry pipe system hanya berperan di rumah perorangan saja melainkan tetap dibutuhkan pada gedung-gedung instansi atau perkantoran dan lain sebagainya dengan menyesuaikan kondisi dari iklim yang ada. Selain itu, dry pipe system berisi udara di dalam tabung yang berbeda dengan wet pipe System dimana penggunaan sistem pipa basah memanfaatkan keberadaan air.

Penggunaan Wet Pipe System Di Indonesia

Umumnya memang wet pipe system banyak dimanfaatkan di negara Asia seperti Indonesia karena memiliki iklim normal sehingga air yang mengaliri pipa tidak mengalami titik beku pada suhu tertentu yang membuat fungsi dari proteksi pemadam kebakaran itu sendiri bisa bekerja secara maksimal. Hal ini tentu berbeda dengan negara yang memiliki musim bercuaca dingin. Bila menggunakan sistem pipa basah, dikawatirkan pada suhu dan kondisi tertentu mengalami kebekuan sehingga tidak bisa beroperasi saat diperlukan.

Wet pipe sistem pemadam kebakaran api di gedung pabrik gudang data center