6 Poin Penting Yang Harus Dipahami Ketika Memilih Panel Alarm Kebakaran

panel alarm kebakaran bank, gudang, gedung, rumah, kantor

Saat ini fire alarm sudah menjadi barang yang dicari di kalangan masyarakat. Bahkan permintaan dari konsumen pun sudah mulai meningkat. Untuk itu tidak heran jika para produsen pun siap merancang alarm kebakaran ini yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Begitu dengan adanya panel alarm kebakaran ini pun, saat ini juga sudah menjadi incaran para konsumen. Namun bagi sebagian orang, memang belum terlalu mengetahui apa itu panel alarm kebakaran. Untuk itu, tidak ada salahnya mari mengenal lebih dekat mengenai panel fire alarm ini.

Apa Itu Panel Alarm Kebakaran?

Panel alarm kebakaran ini merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memproses data dari sistem alarm kebakaran itu sendiri. Fungsi utama dari alat ini adalah sebagai penunjuk lokasi dimana terjadi kebakaran. Namun tentunya panel alarm fire ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung lainnya, seperti setting, history, pemrograman, test, reset dan masih banyak lagi lainnya.

Para produsen pun telah merancang panel fire alarm ini dengan berbagai macam spesifikasi yang dimana tentunya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Namun secara sistem alat ini terdiri dari sistem konvensional dan addressable. Yang membedakannya adalah sistem konvensional ini masih terbatas pada zona tertentu. yaitu hanya pada zona yang memiliki detektor yang digabung menjadi satu. Sedangkan jika sistem addressable ini lebih detail dapat mengetahui lokasi detektor yang aktif pada saat itu. Jadi dapat dikatakan jika panel fire alarm yang masih menggunakan sistem konvensional, maka petugas harus melakukan pengecekan ke lokasi guna mengetahui titik pasti yang terjadi kebakaran.

Apa Saja Aturan Panel Alarm Kebakaran?

Panel alarm kebakaran ini dirancang tentunya harus sesuai dengan standar nasional yang ada atau dengan kata lain dirancang sesuai aturan yang ada. Aturannya antara lain:

  1. Panel Harus Bisa Menunjukkan Lokasi Kebakaran

Hal ini tentunya aturan wajib yang harus dimiliki oleh panel fire alarm. Karena melihat dari fungsi utama dari panel fire alarm ini adalah memang untuk mengetahui lokasi kebakaran yang sedang terjadi.

  1. Panel Harus Mampu Membantu Kerja Sistem

Panel fire alarm dirancang untuk membantu kerja sistem dari alarm kebakaran itu sendiri secara keseluruhan yang tentunya berhubungan dengan komponen input maupun output. Komponen input di sini antara lain call point, detektor dan flow switch, sedangkan untuk komponen outputnya yaitu lampu dan bell.

  1. Panel Harus Dilengkapi Dengan Peralatan Yang Memadai

Panel fire alarm ini tentunya dirancang dengan dilengkapi peralatan yang memang dibutuhkan. Peralatan ini tentunya dapat membantu operator untuk mengetahui apakah kondisi instalasi dalam keadaan normal ataupun trouble. Peralatan yang biasa ada pada panel fire alarm ini adalah:

  • Perlengkapan yang digunakan untuk pengujian atau test.
  • Perlengkapan yang dapat digunakan untuk mengetahui trouble, yaitu berupa buzzer dan lampu.
  • Perlengkapan yang digunakan untuk pemberitahuan alarm palsu.
  • Perlengkapan yang digunakan untuk memantau sistem catu daya, aktif atau tidak, berasal dari listrik atau baterai serta dilengkapi dengan voltmeter.
  • Perlengkapan lampu indikator yang dapat menunjukkan zona aktif.
  • Pengalihan operasi yang dapat dilakukan secara otomatis, tentunya disertai dengan bunyi pada buzzer.
  • Selector switch.
  • Perlengkapan yang dapat digunakan untuk menguji lampu indikator.
  • Perlengkapan yang dapat digunakan untuk mematikan alarm.
  1. Peletakan Panel

Panel ini wajib untuk diletakkan di tempat yang aman, mudah untuk dilihat atau diketahui orang serta memiliki ruang yang bebas minimal 1 meter di depannya.

  1. Lakukan Pemeliharaan

Panel fire alarm ini sebaiknya juga dilakukan pemeliharaan atau perawatan. Untuk itu anda sebaiknya menempatan alat ini di ruang yang memang bebas baik itu dari arah depan maupun dari arah belakang.

  1. Ruang Tempat Panel Sesuai Aturan

Ruang tempat panel yang tepat adalah wajib diproteksi dengan detektor.

Dengan banyaknya aturan dari fire alarm ini, maka anda harus benar-benar pintar dalam memilih alat ini maupun dalam melakukan perawatannya. Untuk itu, jika anda memang belum terlalu memahami akan alat ini dan anda diharuskan untuk membelinya, maka carilah informasi yang sekiranya dapat membantu anda dalam memilih spesifikasi panel fire alarm ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Saat ini banyak produsen yang menawarkan panel fire alarm baik dari harga yang rendah sampai dengan harga yang relatif mahal, salah satunya adalah TotalFire. Untuk itu, anda pun harus berhati-hati dalam memilih panel fire alarm ini saat membeli. Jangan sampai anda terlalu tergiur dengan penawaran dari produsen sedangkan anda tidak begitu mengetahui tentang spesifikasi alat ini secara jelas. Untuk itu, tidak ada salahnya anda meminta bantuan teman yang lebih mengerti tentang panel alarm kebakaran jika akan membeli alat ini.