Jual perlengkapan sistem pemadam kebakaran, fire protection kontraktor

Alat pemadam api dari segi kapasitasnya bisa dibedakan menjadi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan APAB (Alat Pemadam Api Berat). Kedua jenis alat pemadam tersebut sebenarnya memiliki fungsi utama yang sama namun hanya beratnya yang berbeda. Alat pemadam api berat lebih ditujukan pada bangunan yang besar seperti pabrik, hanggar pesawat, lokasi konstruksi, dan lain-lain. 

Jenis Alat Pemadam Kebakaran Ringan dan Berat

Alat pemadam api bisa membantu untuk memadamkan api yang baru menyala. Adanya alat pemadam berbentuk tabung ini bisa membantu untuk membuat api tidak membesar dan menjalar. Ini bisa digunakan langsung oleh penghuni atau orang yang berada di bangunan tersebut. 

Namun alat ini juga terbatas untuk api yang tidak terlalu besar dan belum menyebar luas. Jika api terlalu besar maka bisa menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk menanganinya. 

Alat pemadam api ringan atau APAR umumnya digunakan di bangunan atau ruangan yang tidak terlalu besar. Kapasitasnya seberat 1 sampai 9 kg sehingga mudah untuk dibawa langsung. 

Di setiap bangunan, para karyawan atau penghuni sebaiknya juga memahami cara penggunaan tabung pemadam ini. Saat ada api yang tak diinginkan, maka bisa langsung menggunakan alat ini.

Alat pemadam api berat atau APAB memiliki berat antara 20 kg sampai100 kg. Meskipun berat tapi alat ini sudah dilengkapi dengan roda sehingga tetap bisa dijalankan oleh satu orang. Roda untuk alat pemadam api juga dibuat kuat dan bisa melalui jalanan yang berbatu. 

Berbeda dengan APAR, alat pemadam api berat lebih cocok digunakan untuk komersial dan industri. Kapasitasnya yang besar dan ukurannya yang lebih besar tentunya lebih cocok untuk area yang luas. Selang dari alat pemadam ini juga lebih panjang sehingga mudah menjangkau area yang sulit. 

Baik pemadam api ringan dan berat sama-sama memiliki kelas pemadam yang berbeda-beda. Agen pemadam yang digunakan bisa berupa air, water mist, foam, bubuk kering, karbon dioksida, dan zat kimia basah. Alat pemadam dilengkapi dengan simbol dan warna untuk membedakan isi agen pemadam serta kelasnya. 

Di sebuah bangunan kadang membutuhkan beberapa jenis alat pemadam. Ini disesuaikan dengan bahaya kebakaran dan bahan-bahan yang mudah terbakar di area tersebut. Semakin luas bangunan maka semakin banyak dan semakin besar kapasitas alat pemadam yang dibutuhkan. Perencanaan sistem proteksi kebakaran ini bisa dikonsultasikan pada jasa profesional.

APAB untuk Bangunan Komersial dan Industrial

Bagi perusahaan yang memiliki bangunan besar maka perlu untuk menyediakan alat pemadam kebakaran berat. Alat dengan kapasitas besar dan beroda ini cocok untuk bangunan luas yang memiliki bahaya kebakaran. Beberapa tempat yang umum memiliki alat pemadam api besar, misalnya:

Pabrik Kimia

Chemical plant atau pabrik industri kimia membutuhkan sistem proteksi kebakaran yang profesional karena bahaya kebakaran yang tinggi. Memiliki area yang luas, ada banyak bahan yang mudah terbakar di tempat ini. Alat pemadam api berat juga dibutuhkan untuk tempat yang luas seperti pabrik kimia ini. 

Penggunaan APAR dan APAB untuk Sistem Proteksi Kebakaran

Dok Kapal

Area dok kapal juga membutuhkan alat pemadam api berat. Di area tempat kapal bersandar ini juga berisiko terhadap bahaya kebakaran. Area yang luas dengan kapal yang besar tentunya membutuhkan alat dengan kapasitas yang besar pula. Adanya alat pemadam api berat bisa membantu proses pemadaman api dengan lebih cepat.

Fasilitas Penyimpanan Barang

Tempat penyimpanan barang seperti gudang pabrik juga membutuhkan alat pemadam dengan kapasitas besar. Gudang yang luas dan memiliki banyak barang yang menumpuk tentunya membutuhkan alat pemadam dengan kapasitas besar. Api yang menyala di tempat seperti ini bisa dengan cepat menyebar jika tidak segera dipadamkan. 

Area Konstruksi

Area konstruksi merupakan tempat mendirikan bangunan. Ini bisa berupa area yang luas dengan banyak pekerja dan alat berat. Alat pemadam berat juga dibutuhkan di area seperti ini. 

Jasa Penyedia APAR dan APAB 

Alat pemadam api ringan dan alat pemadam api berat digunakan untuk lokasi yang berbeda disesuaikan dengan kapasitasnya. Kantor dengan ruangan kecil tentu akan lebih cocok dengan alat pemadam ringan. Ini mudah ditempatkan di lokasi strategis dalam ruangan. Begitu juga rumah tinggal juga lebih cocok menggunakan APAR.

Perusahaan bisa juga menyediakan dua jenis alat pemadam ini. Sebuah bangunan besar membutuhkan beberapa alat pemadam sehingga memberikan proteksi yang memadai. Apalagi jika ada banyak bahan yang mudah terbakar di area tersebut. Bahaya kebakaran yang sedang atau tinggi di sebuah bangunan harus dilengkapi dengan sistem proteksi profesional. 

Kami merupakan jasa profesional yang menyediakan sistem proteksi kebakaran seperti APAR dan APAB. Kami memiliki sertifikasi standar internasional sehingga bisa dipercaya oleh banyak perusahaan. Bagi yang ingin memasang alat pemadam, detektor, maupun sprinkler pemadam kebakaran bisa segera menghubungi Totalfire Indonesia.