Lima Alasan Mengapa Penting Pasang Fire Alarm

fire alarm adalah jenis fire alarm, kontraktor fire alarm

Peristiwa kebakaran, di mana pun dan kapan pun lokasinya, selalu membuat hati miris plus batin prihatin. Pasalnya, kobaran api yang membesar bukan hanya menghasilkan asap pekat, tapi juga berpotensi meledak, lantas merusak dan membahayakan apa saja yang ada di sekitarnya. Maka dari itulah, sangat penting untuk melakukan pencegahan kebakaran sedini mungkin, salah satunya dengan memasang fire alarm.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan fire alarm? Secara singkat, fire alarm adalah rangkaian kata bahasa Inggris yang artinya “Alarm Kebakaran”. Sebagaimana namanya, ia merupakan tanda peringatan diri dengan sistem tertentu yang memungkinkan Anda menyadari adanya potensi kebakaran sedini mungkin. Tentu saja, setelah mengetahuinya, Anda akan segera melakukan tindak penyelamatan dan pemadaman.

Mungkin di antara Anda masih awam akan pentingnya fire alarm. Maka dari itulah, keberadaan artikel ini akan fokus menguraikan sejumlah alasan, mengapa Anda harus melengkapi segala macam perangkat properti dengan fire alarm yang tepat dan efektif. Setidaknya, terdapat lima alasan, mengapa Anda harus pasang alarm kebakaran dalam upaya melindungi aset berharga Anda. Untuk penjelasannya, mari simak uraian berikut ini.

  1. Perangkat Keamanan Wajib

Fire alarm adalah perangkat keamanan yang wajib ada di setiap bangunan atau properti, terlebih jika bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan aset berharga. Seperti diketahui, kobaran api selalu dimulai dari percikan kecil yang sering kali tak terdeteksi. Misalnya dari lilin yang menyala, listrik korslet atau kompor gas yang bocor.

Ketika Anda memasang fire alarm, alat tersebut akan secara otomatis mendeteksi potensi kebakaran dengan cara mengukur tingkat panas, api, asap, gas maupun melalui indikator lainnya. Ketika tanda kebakaran berbunyi, Anda pastinya akan punya banyak waktu untuk melakukan tindak penyelamatan serta pemadaman.

  1. Bagian Dari Sistem Proteksi Jiwa Dan Harta

Kobaran api dan pekatnya asap pastinya sangat mengancam jiwa dan harta. Maka dari itu, fire alarm adalah juga merupakan bagian dari sistem proteksi jiwa dan harta yang jangan sampai disepelekan keberadaannya. Hampir sama dengan poin pertama, alasan selanjutnya mengapa Anda harus pasang alarm kebakaran yakni untuk menegaskan penjagaan diri agar tidak begitu saja menjadi korban kebakaran tanpa upaya apa-apa.

  1. Berteknologi Mutakhir

Saking pentingnya peran alarm kebakaran, para ilmuwan dan teknokrat terus menyempurnakan sistem alarm kebakaran agar bisa berfungsi efektif dan akurat. Fire alarm adalah alat yang cukup diperhitungkan, ramai peminat, dan terdiri dari beragam pilihan menyesuaikan dengan di mana si alarm ditempatkan.

Misalnya, ketika Anda ingin memasang alarm kebakaran untuk gudang, maka bisa memilih detektor alarm yang peka terhadap api atau gas. Tapi jika untuk kebutuhan perkantoran, Anda bisa memilih yang lebih terjangkau, yakni yang sensitif terhadap asap.

  1. Harga Terjangkau

Kualitas yang bagus untuk sebuah alarm tak mesti harganya mahal. Justru, perkembangan teknologi telah memungkinkan kita mendapatkan produk yang murah meriah, tapi kualitasnya tetap bisa diandalkan. Termasuk dalam urusan alarm kebakaran. Mengingat fire alarm adalah alat yang hampir dibutuhkan oleh semua pelaku usaha, maka terdapat banyak pilihan produk yang harganya terjangkau.

  1. Mudah Diaplikasikan

Jangan membayangkan suatu kerumitan yang berkepanjangan ketika Anda ingin melakukan pemasangan alarm kebakaran. Sebab, alat semacam ini sudah lazim diaplikasikan makanya familiar pula dalam pemasangannya.

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk memasangnya secara mandiri, saat ini terdapat sejumlah perusahaan jasa pemasangan alarm kebakaran bertarif rendah yang siap membantu Anda kapan dan di mana saja. Biasanya perusahaan semacam ini juga menjual alarm kebakaran dengan kualitas dan lisensi yang terpercaya.

Setelah menyimak uraian di atas, jelaslah bahwa fire alarm adalah alat yang sangat vital, terutama dalam agenda proteksi diri dan properti. Di sisi lain, alarm kebakaran juga telah memiliki banyak pilihan dari mulai jenis, harga serta kapasitasnya. Pemasangan alarm kebakaran pun relatif mudah, bahkan jasa pemasangannya bertebaran di mana-mana.

Karena itulah, jika Anda benar-benar memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan dan bahaya kebakaran, tidak ada lagi alasan untuk menolak menggunakan fire alarm. Untuk informasi lebih lanjut seputar produk alarm kebakaran terbaik, jangan ragu untuk berkonsultasi pada kami via website. Anda juga bisa berpartisipasi dalam diskusi dengan mengajukan pertanyaan di kolom komentar.