Procurement adalah salah satu komponen penting dalam bisnis, yakni pengadaan bahan atau alat yang diperlukan dalam penanganan kasus tertentu. Contohnya adalah Totalfire Indonesia yang bisa melakukan pengadaan barang dengan cepat apabila terjadi kekurangan saat kebakaran atau keadaan darurat terjadi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai procurement yang harus Anda ketahui berikut ini.

procurement pengadaan fire alarm, apar, fire protection system

Pengertian Procurement

Pengadaan atau procurement adalah kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan untuk mendapatkan barang atau jasa sesuai kebutuhan. Pengadaan alat-alat pemadam pada umumnya dilakukan dengan sumber dari pihak luar seperti vendor maupun penyedia dari pihak ketiga.

Proses procurement alat-alat pemadam dan alat keselamatan dilakukan oleh pelaksana. Dan tentunya diberikan tanggung jawab pada manajer bidang pengadaan. Manager bidang pengadaan akan menganalisa kebutuhan pengadaan barang atau jasa yang tidak dapat dipenuhi secara mandiri dengan kapabilitas perusahaan.

Perusahaan nantinya akan berusaha melakukan upaya procurement dengan tujuan mendapatkan barang maupun jasa sesuai kebutuhan dan spesifikasi dari perusahan. Agar tidak terjadi kekurangan alat atau pengamanan saat kondisi darurat di lapangan terjadi.

Selain itu, procurement yang dilakukan secara teratur juga dapat membantu dalam berbagai hal, contohnya pengadaan alat pemadam api untuk latihan. Maka dari itu proses procurement sangat penting.

Pada akhirnya, tujuan dari procurement adalah melakukan efisiensi pengadaan demi mendapatkan hasil maksimal. Tidak hanya memaksimalkan efisiensi usaha dengan menghemat biaya, namun juga memaksimalkan hasil dengan menyediakan spesifikasi atau kualitas terbaik.

Keuntungan Adanya Procurement

Karena service procurement adalah pengadaan, baik berupa benda maupun layanan atau jasa yang berupa sumber daya manusia, maka tak heran jika keberadaannya sangat dibutuhkan. Sedangkan, untuk beberapa alat di Totalfire Indonesia sendiri telah memiliki pengadaan yang baik atau bahkan menjadi supplier.

Baik dari bagian mesin maupun pengadaan bendanya, perusahaan ini jelas memiliki penyediaan yang sangat baik. Khususnya untuk penanganan masalah darurat.

Contohnya, keberadaan Hydrant Pillar atau water monitor yang memiliki fungsi jalan keluar dari pompa dan menjadi sambungan, berguna untuk memanjangkan semprotan agar mengenai api. Ada juga panel MCFA untuk menjadi pusat dari seluruh sistem kontrol jaringan pada fire alarm.

Alat lainnya yang selalu melakukan pengadaan alias procurement adalah Smoke Detector yang bisa mendeteksi adanya asap sekaligus mendeteksi kecenderungan bahaya kebakaran. Smoke detector tentu berguna untuk banyak bangunan dengan penggunaan asap dalam radius tertentu.

Procurement sangat berguna untuk banyak hal. Sebab jika barang yang diperlukan tidak tersedia maka bagaimana harus bertindak jika terjadi keadaan darurat?

pengadaan sistem proteksi kebakaran, procurement alarm kebakaran sprinkler

Procurement untuk Beberapa Alat Pemadam Kebakaran

Berdasarkan penjabaran sebelumnya, dapat ditarik fakta jika procurement adalah sebuah proses kompleks untuk pengadaan yang perlu dilakukan. Adapun beberapa alat pemadam yang sangat diperlukan dan tidak luput dari proses pengadaan adalah sebagai berikut.

Fire Hydrant System

Alat berbentuk tabung ini biasanya diletakkan di tempat umum, yang mana merupakan tempat di mana terdapat banyak orang. Ukurannya juga bervariasi dan disesuaikan berdasarkan tempat, baik di taman maupun di beberapa halaman perumahan.

Mask Respiration

Menjadi salah satu APD alias alat perlindungan diri. Masker ini juga sangat dibutuhkan pengadaannya karena dapat memproteksi pelaku pemadam kebakaran. Pernapasan akan sangat rawan menjadi sasaran asap mengepul dari kebakaran, debu dan gas juga bisa sangat berisiko.

Maka dari itu, dibutuhkan masker khusus untuk melindungi keamanan pekerja lapangan pemadam kebakaran juga.

Pompa Hydrant

Pompa hydrant berguna untuk memompa air. Tentunya agar bisa menekan air pada sumber api sebelum api tersebut menimbulkan banyak kerusakan lainnya. Keberadaannya sangat penting untuk pemadam kebakaran, maka dari itu pengadaannya pun sangat diperhatikan.

Selang Hydrant

Setelah tersambung dengan pompa maka hal yang dibutuhkan adalah selang untuk mengarahkan air pada titik api dengan benar. Istilah kegunaan selang hydrant, yang mana bukan sembarang selang, namun selang kuat yang tidak mudah kempes atau putus.

Nozzle

Nozzle merupakan keran untuk mengatur volume keluarnya air dan tekanan yang ada. Keberadaannya biasa ditempelkan pada bagian depan moncong selang, dengan tambahan spray gun dan bagian pegangannya juga.

Alat Lain yang Memerlukan Pengadaan untuk Pemadam Kebakaran

Untuk beberapa keadaan, alat pemadam kebakaran pelengkap juga sangat penting. Utamanya untuk menunjang keefektifan di lapangan.

Salah satunya adalah Hydrant Valve digunakan untuk mengatur berapa kiranya jumlah air yang keluar dari mobil pemadam untuk meredakan api, bisa juga dipakai dari sumber air. Sedangkan Siamese Connection, yang memiliki fungsi menggandakan tempat keluarnya air menggunakan pipa Hydrant apabila air pemadam di tabung mobil kurang memadai.

Biasanya ada juga pemadam api ringan yang ditempatkan di beberapa titik bangunan umum. Kantor, rumah sakit, perumahan, bahkan pusat perbelanjaan.

Alat ini bisa digunakan untuk setidaknya meredakan api sebelum pemadam kebakaran sampai ke lokasi. Keberadaannya sangat penting, apalagi untuk tempat yang padat dan memiliki banyak orang di dalamnya atau pengunjung.

Kemudian, ada juga tabung pemadam api dalam gedung, yang dimaksudkan untuk meminimalkan api. Tabung ini sendiri biasanya berwarna merah dengan ukuran sedang dan diletakkan dalam ruangan tertentu, seperti di rumah sakit atau area dapur restoran.

Namun ada juga tabung pemadam api yang bisa Anda temukan di beberapa titik tempat umum. Contohnya pada beberapa halte atau bahkan di dalam bus besar untuk keamanan.

Sebab bisa saja di dalam bus terjadi kecelakaan yang melibatkan api, atau terjadi kecelakaan lalu lintas yang membuat orang-orang di dalamnya terjebak. Maka keberadaan tabung ini bisa digunakan sebagai senjata, misalnya adalah memecahkan jendela

Sedangkan untuk proteksi di dalam gedung, biasanya memasang fire alarm system, bahkan di pabrik dan tempat kerja juga wajib memilikinya. Sebab kegunaan dari alat ini adalah memberi peringatan ketika kebakaran terjadi dengan membunyikan bel sebagai pertanda agar segera mengevakuasi diri.

Procurement adalah Peran Penting dalam Sistem Pengadaan Alat Pemadam Api

Totalfire Indonesia akan membantu Anda untuk melakukan procurement sistem proteksi kebakaran dengan profesional dan menawarkan kualitas terbaik. Kami menyediakan layanan engineering, procurement dan construction yang mencakup desain hingga instalasi sistem proteksi kebakaran.

Untuk menyusun sistem proteksi yang efisien, procurement adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan dengan matang. Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan solusi lengkap instalasi sistem proteksi kebakaran untuk gedung Anda.