tipe bahaya kebakaran tinggi parah

Kebakaran bisa dibedakan berdasarkan bahayanya. Ada tipe bahaya kebakaran tinggi, sangat tinggi, sedang, dan juga rendah. Risiko yang ditimbulkan setiap tipe kebakaran tersebut berbeda tingkatnya. Ada kebakaran yang sangat berbahaya dan ada juga yang tidak begitu berbahaya. Sistem pemadam kebakaran yang baik diperlukan untuk semua tipe kebakaran tersebut.

Tipe Bahaya Kebakaran

Pemisahan tipe bahaya kebakaran ini sebenarnya digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk kebakaran hutan atau alam liar. Namun ini juga bisa menjadi acuan untuk membedakan bahaya antara kebakaran satu dan lainnya. Berikut ini beberapa tingkat bahaya kebakaran.

Rendah (Low)

Bahan bakar tidak mudah menyala dari api kecil, meskipun panasnya lebih tinggi seperti kilat. Ini bisa memicu kebakaran jika mengenai beberapa jenis kayu. Kebakaran di tempat terbuka seperti padang rumput yang dapat terbakar perlahan-lahan. Meski tampak padam sejenak setelah hujan, kebakaran ini bisa tetap membara dan merayap.

Sedang (Moderat)

Api bisa dimulai dari penyebab yang tak disengaja, dengan pengecualian petir. Kebakaran di tempat terbuka seperti padang rumput akan terbakar dengan cepat. Ini bisa menyebar dengan cepat pada hari-hari yang berangin. Kebakaran pada kayu pohon bisa menyebar perlahan sampai cukup cepat.

Api rata-rata berintensitas sedang meski konsentrasi bahan bakar yang berat. Kebakaran ini bisa berjarak pendek tapi tidak persisten. Pengendalian tingkat kebakaran sedang relatif mudah dan tidak menjadi bahaya yang serius.

Tinggi (High)

Kebakaran tinggi memiliki karakteristik semua bahan yang mudah terbakar menyala dan api mudah menyebar dari banyak benda. Api bisa menyebar dengan cepat dengan pembakaran intensitas tinggi. Ini bisa terjadi dalam konsentrasi bahan bakar yang halus. Kebakaran jenis ini bisa menjadi serius dan sulit untuk dikendalikan.

Sangat Tinggi (Very High)

Api mudah menyala dari semua benda dan segera setelah menyala menyebar dengan cepat. Kebakaran ini bisa meningkat intensitasnya secara cepat. Titik api menjadi bahaya yang konstan. Api menyala dengan intensitas tinggi seperti titik jarak jauh. Api bisa menyebar mengikut arah angin dan membakar semua benda.

Ekstrem (Extreme)

Kebakaran ekstrem memiliki bahaya yang lebih tinggi dari kebakaran high dan very high. Pada kebakaran jenis ini perkembangan kebakaran lebih cepat dari api kecil menjadi api yang besar.

Pemadaman langsung akan menjadi sulit dan berbahaya kecuali segera setelah api menyala. Api akan berkembang dengan pesat dan tidak terkendali. Satu-satunya tindakan pengendalian yang efektif dan aman yaitu saat perubahan cuaca atau pasokan bahan bakar kebakaran tersebut berkurang.

mencegah kebakaran di gedung pabrik gudang kantor

Kebakaran di Gedung Tinggi

Istilah kebakaran tinggi mungkin juga diasosiasikan dengan kebakaran yang terjadi di gedung tinggi. Di Indonesia saat ini juga banyak bermunculan gedung-gedung bertingkat terutama di perkotaan. Masalah bahaya atau risiko kebakaran juga lebih besar jika terjadi di gedung bertingkat tinggi ini.

Kebakaran di gedung tinggi bisa terjadi karena beberapa hal. Lima penyebab utama dari kebakaran di gedung tinggi, antara lain:

Peralatan Dapur

Gedung tinggi apakah itu untuk apartemen atau kantor, biasanya ada ruangan dapur. Ada peralatan masak di beberapa ruangan di gedung bertingkat. Peralatan masak ini bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran.

Peralatan Pemanas

Peralatan pemanas biasanya ditemukan di gedung yang berada di daerah dengan cuaca dingin. Peralatan jenis ini bisa memicu overheating yang menimbulkan kebakaran.

Peralatan Listrik dan Lampu

Peralatan listrik dan lampu juga menjadi yang umum ditemui di setiap ruangan gedung bertingkat. Jika tidak dirawat dan diperiksa secara rutin, peralatan listrik ini bisa berisiko menimbulkan kebakaran.

Material Rokok

Material rokok juga bisa menjadi penyebab kebakaran. Penting agar orang-orang yang merokok untuk tidak meninggalkan puntung rokok dalam keadaan menyala.

Kebakaran yang Disengaja

Kebakaran di gedung tinggi juga bisa disebabkan karena kesengajaan. Ini lebih sulit untuk dicegah karena berasal dari keinginan seseorang.

Kebakaran tinggi atau kebakaran di gedung tinggi bisa dikendalikan dengan menerapkan sistem proteksi kebakaran yang baik. Setiap gedung tinggi perlu memiliki sistem proteksi yang baik sehingga bisa meminimalkan risiko terjadinya kebakaran.

Dampak kebakaran bisa mengancam nyawa, menimbulkan trauma, kerusakan properti, sampai pada kerusakan lingkungan. Perusahaan yang gedungnya mengalami kebakaran tentu tidak ingin mengalami kerugian yang besar. Bisnis bisa menjadi terhambat jika gedung tak bisa dipakai dan data juga dapat rusak karena kebakaran tersebut. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan sistem proteksi kebakaran sejak awal mendirikan bangunan.

Totalfire Indonesia menyediakan layanan untuk pemasangan sistem proteksi kebakaran yang komprehensif. Ahli kami bisa merencanakan sistem untuk bahaya kebakaran tinggi di pabrik, gedung, atau bangunan lainnya. Tersedia berbagai alat untuk proteksi kebakaran mulai dari alarm kebakaran sampai sistem sprinkler. Kami juga telah berpengalaman dalam mengerjakan proyek untuk berbagai perusahaan ternama.