Berbagai Komponen Yang Ada Pada Alarm Kebakaran Kantor

Kontraktor Fire Alarm Kebakaran Kantor gedung

Kebakaran di sebuah kantor bukanlah perkara mudah. Karena salain banyak asset yang harus dilindungi, juga ada nyawa karyawan dan penghuni lain yang harus diselamatkan. Maka tak heran jika banyak pemilik kantor penerapkan sistem pemadam kebakaran dan proteksi api yang terpadu pada kantor mereka. Salah satunya adalah alarm kebakaran kantor.

Alarm kebakaran ini berfungsi untuk memberi peringatan dini pada seluruh penghuni kantor untuk menyelamatkan diri serta beberapa barang berharga yang masih bisa diselamatkan jika terjadi kebakaran sehingga peran alarm sangat penting bagi keselamatan penghuni.

Alarm ini akan segera menyala jika sensor detector pada fire protection menangkap objek yang dianggap akan menjadi penyebab kebakaran. Misalnya api, gas, asap, dan berbagai hal lain yang mungkin bisa menyebabkan kebakaran. Agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik, berikut beberapa komponen alarm kebakaran kantor yang menyusun pada komposisinya.

  1. Panel Alarm Kebakaran

Bisa dikatakan bahwa panel alarm kebakaran ini adalah pusat utama dari segala sistem rangkaian penadam kebakaran. Di sinilah nantinya akan dimonitor berbagai masukan dan output untuk memastikan bahwa alarm bekerja sebagaimana mestinya. Di panel ini juga segala proteksi terhadap api di sekitar area terjadinya kebakaran ditangani. Maka dari itu, pastikan anda memahami berbagai macam kode api lokal untuk mengetahui apa kode dari api tersebut.

  1. Primer Power Supply

Agar alat pemadam kebakaran bisa mendapat pasokan listrik dengan baik, maka diperlukan primer power supply ini. Bisa dikatakan bahwa primer power supply ini merupakan sebuah kekuatan dari komponen pemadam kebakaran yang bersumber dari non switched AC. Selain untuk alarm kebakaran kantor, alat ini biasa digunakan oleh para perusahaan listrik.

  1. Power Supply Sekunder

Adalah sebuah alat yang bisa membatu rangkaian alat pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran listrik di tempat kejadian. Tugasnya adalah memastikan berbagai alat kebakaran tersebut bisa berjalan dengan baik. Terdiri dari baterai bertenaga tinggi serta generator yang mampu membangkitkan listrik dari dalam sistem.

  1. Initiating Device

Merupakan sebuah alat yang terdiri dari activating otomatis maupun actiating mamual yang bisa mengaktifkan sebuah alarm kebakaran kantor. Disini terdapat sensor detectif yang bisa langsung mrngaktifkan alarm saat sensor tersebut mendeteksi adalah perubahan fisik di sekitar yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Misalnya percikan api, kenaikan gas ataupun asap di ambang batas normal, dan lain sebagainya.

  1. Pemberitahuan Alarm

Dari sekian komponen alarm kebakaran kantor, ini adalah komponen paling inti. Karena pada titik inilah perangkat akan memberi kode pada seluruh penghuni kantor bahwa ada bahaya kebakaran mengintai. Untuk menjalankan misinya, pemberitahuan alarm biasanya menggunakan speaker atau kedipan lampu strobo yang menyala keras sehingga mendapat perhatian khusus dari para penghuni kantor.

  1. Safety Interface

Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengontrol semua komponen jika terjadi oprasi bangunan. Seperti sistem fentilasi, pintu serta peredam saluran.

Demikian beberapa komponen penting yang harus ada dalam alarm kebakaran kantor. Karena begitu pentingnya alarm tanda kebakaran ini, maka anda harus memastikan bahwa semua komponen sesuai standar. Oleh sebab itu, jangan asal membeli produk. Belilah produk yang asli dan juga berkualitas.

Bagaimana jika and termasuk orang yang awam mengenai alarm kebakaran ini? Anda bisa meminta tolong atau menyewa jasa kontraktor fire protection system untuk menangani proyek pemasangan proteksi api ini. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk memilih produk dengan spesifikasi seperti apa yang hendak anda pasang pada kantor anda.

Biasanya kontraktor proteksi api akan memberikan berbagai pertimbangan mengenai produk dan sistem apa yang paling sesuai untuk diterapkan pada kantor anda. Agar hasilnya sesuai harapan, maka pilihlah kontraktor yang berpengalaman serta profesional. Kontraktor yang profesional biasanya sudah banyak malang melintang memasang fire protection system pada beberapa kliennya.

Untuk bisa memastikan seberapa jauh tingkat kemampuan kontraktor tersebut? Anda bisa mencoba melihat track recordnya. Bertanyalah pada beberapa klien yang pernah ditangani oleh kontraktor tersebut. Jika testimoninya bagus, anda bisa mempertimbangkannya.