Mengenal Jenis-Jenis Alarm Kebakaran Yang Cocok Untuk Perkantoran

alarm kebakaran perkantoran jenis alarm kebakaran fire alarm office

Rasa aman dan nyaman ketika bekerja di kantor pastinya dibutuhkan oleh semua karyawan. Apapun bidang pekerjaan yang digeluti, jaminan keamanan di kantor akan menunjang kualitas kerja, yang pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Nah, salah satu instrumen keamanan yang paling direkomendasikan terpasang di kantor adalah alarm kebakaran perkantoran.

Seperti diketahui, alarm merupakan alat penanda atau peringatan. Dengan alat ini, setiap orang bisa segera menyadari tanda bahaya untuk kemudian melakukan tindakan penyelamatan. Saking dibutuhkannya, alarm kebakaran mengalami sejumlah perkembangan dan perbaikan dari sisi teknologi, tampilan dan harga, sehingga orang-orang bisa memanfaatkannya secara efektif, tapi harganya tetap terjangkau.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis alarm kebakaran perkantoran yang bisa Anda pilih untuk perangkat keamanan kantor yang terbaik. Dengan mengetahuinya, diharapkan Anda bisa lebih bijak untuk memilih satu yang terbaik, disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan serta kemampuan.

Namun sebelum menginjak ke pembahasan utama, mari terlebih dahulu kita mengetahui secara singkat komponen yang terdapat dalam alarm kebakaran. Adapun komponen utamanya secara umum disebut Fire Alarm Control Panel yang fungsi utamanya menerima input signal semua detektor serta komponen pendeteksi lainnya.

Mula-mula, automatic fire extinguisher dan hydrant bekerja mendeteksi tanda kebakaran, kemudian control panel akan mengolah, menyeleksi, serta mengevaluasi data tersebut secara cepat dan tepat. Kinerja control panel akan menghasilkan output data yang memuat informasi tentang lokasi zona kebakaran. Selanjutnya, announciator akan secara otomatis mengaktifkan alarm kebakaran berupa suara bising atau lampu penanda yang menyala terang.

Adapun pembahasan tentang jenis-jenis detektor alarm kebakaran akan dijelaskan dalam uraian berikut ini.

  1. Detektor Pendeteksi Panas

Sebagaimana namanya, alarm kebakaran perkantoran jenis ini dilengkapi sensor pendeteksi panas dengan jangkauan mencapai 50 meter persegi untuk ketinggian platfon 4 meter. Detektor jenis Rate of Rise (ROR) Heat Detektor saat ini paling banyak digunakan karena dinilai ekonomis dan bisa diaplikasikan secara dinamis.

  1. Fix Temperature

Pada dasarnya, alarm jenis ini termasuk ke dalam kelompok heat detector atau detector pendeteksi panas. Bedanya, detektor yang satu ini bekerja mendeteksi derajat panas yang langsung tinggi. Orang-orang biasa menggunakan alarm jenis ini untuk keperluan pengamanan di ruang genset, dapur-dapur foodcourt, basement, bengkel las, gudang beratap asbes dan yang lainnya.

  1. Pendeteksi Asap

Smoke Detector atau pendeteksi asap memiliki sistem yang sangat sensitif ketika terkena kepulan asap. Alarm jenis ini akan secara otomatis aktif berbunyi ketika mendeteksi ada asap dalam tingkatan tertentu yang diduga sebagai pertanda kebakaran.

  1. Pendeteksi Api

Jika pada poin tiga terdapat detektor yang mendeteksi bahaya asap, maka ada pula jenis alarm yang didesain sensitif pada api, tapi ia bukan termasuk jenis alarm kebakaran perkantoran. Selain api, Flame Detektor atau pendeteksi api ini juga dirancang agar sensitif terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh nyala api.

Anda cocok menggunakan alarm jenis ini untuk penggunaan di berbagai ruangan industri yang risiko kebakarannya tinggi. Tempat-tempat tersebut di antaranya gudang kimia, bahan bakar, dan sebagainya. Sebaiknya, untuk ruangan perkantoran, alarm jenis ini kurang cocok.

  1. Gas Detector

Pendeteksi gas atau gas detector sangat bisa diandalkan untuk mendeteksi kebocoran gas yang bisa menjadi salah satu dalang kebakaran. Ketika memilih alarm jenis ini, Anda mesti jeli menentukan jenisnya, menyesuaikan dengan keperluan. Sebab, Gas Detector terbagi menjadi dua jenis yakni untuk mendeteksi kebocoran gas Liquefied Pretroleum Gas (LPG) dan Liquefied Natural Gas (LNG).

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis detektor alarm yang wajib Anda ketahui. Tujuannya agar Anda bisa lebih bijak memilih satu yang terbaik dari segi fungsi dan kualitas, disesuaikan dengan harganya. Jangan sampai Anda memasang alarm kebakaran perkantoran, padahal alarm tersebut lebih cocok untuk gudang.

Untuk informasi lengkap seputar produk alarm terbaik dan termurah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami. Anda bisa mengontak langsung via website atau menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan link artikel ini di media sosial Anda. Dengan begitu, proses berbagi manfaat dan pengetahuan seputar alarm akan terus berlangsung dan meluas.