Bahaya Kebakaran Sedang Tipe 1

Bahaya kebakaran dibedakan menjadi beberapa tipe salah satunya kebakaran sedang tipe 1. Setiap tipe kebakaran memiliki karakter masing-masing. Tempat terjadinya kebakaran serta tipe bahaya kebakaran bisa menjadi pertimbangan untuk memilih alat pemadam yang sesuai. Sebuah bangunan juga perlu menyiapkan sistem proteksi kebakaran yang baik agar kerugian bisa diminimalkan.

Mengenal Klasifikasi Kebakaran dan Tempatnya

Menurut Keputusan Menteri No.189 Tahun 1999 tentang Klasifikasi Kebakaran, bahaya kebakaran dibedakan menjadi beberapa tipe. Bahaya kebakaran tersebut juga memiliki tempat-tempat yang berisiko dengan tipe kebakaran tersebut. Berikut ini beberapa klasifikasi kebakaran di tempat kerja berdasarkan bahayanya.

Kebakaran Ringan

Bahaya kebakaran ringan berada di tempat kerja yang memiliki jumlah dan kemudahan terbakar yang rendah. Jika terjadi kebakaran maka pelepasan panas rendah sehingga proses menjalarnya api juga lambat.

Beberapa tempat dengan klasifikasi bahaya kebakaran ringan antara lain tempat ibadah, gedung kantor, gedung pendidikan, perumahan, restoran, perpustakaan, perhotelan, rumah sakit, museum, dan penjara.

Kebakaran Sedang Tipe 1

Bahaya kebakaran sedang 1 berada di tempat kerja yang memiliki jumlah dan kemudahan terbakar sedang. Di sini ada penimbunan bahan namun tidak lebih tinggi dari 2.5 meter. Jika terjadi kebakaran maka pelepasan panas dalam tingkat sedang.

Beberapa tempat dengan klasifikasi bahaya kebakaran sedang 1 antara lain tempat parkir, pabrik elektronika, pabrik roti, pabrik barang gelas, pabrik permata, pabrik susu, binatu, dan pabrik pengalengan.

Kebakaran Sedang Tipe 2

Bahaya kebakaran sedang tipe 2 berada di tempat kerja yang memiliki jumlah dan kemudahan terbakar sedang. Di sini ada penimbunan bahan namun tidak lebih dari 4 meter. Jika terjadi kebakaran maka pelepasan panas sedang dan menjalar dalam tingkat yang sedang pula.

Beberapa tempat dengan klasifikasi bahaya kebakaran sedang 2 antara lain pabrik bahan makanan, bengkel mesin, gudang perpustakaan, pabrik tembakau, pabrik bahan makanan, perakitan kayu, dan lain-lain.

Kebakaran Sedang Tipe 3

Kebakaran sedang tipe tiga berada di tempat yang memiliki potensi kebakaran agak tinggi. Di sini terjadi penimbunan bahan lebih dari 4 meter. Jika terjadi kebakaran maka pelepasan panas agak tinggi dan menyebar agak luas.

Kebakaran Berat

Bahaya kebakaran berat berada di tempat kerja dengan jumlah dan bahan yang mudah terbakar tinggi. Di tempat ini juga biasanya menyimpan bahan kimia cair yang mudah terbakar.

Beberapa tempat dengan klasifikasi kebakaran berat misalnya pabrik kimia dengan bahan mudah terbakar tinggi, pabrik korek api, pabrik bahan peledak, pabrik kembang api, dan lain-lain.

Contoh Tempat Kerja dengan Kebakaran Sedang Tipe 1

Kebakaran sedang 1 memiliki bahaya risiko kebakaran yang cukup sedang. Ini memiliki bahan-bahan yang mudah terbakar tapi tidak terlalu berbahaya. Berikut beberapa contoh tempat kerja dengan bahaya kebakaran sedang 1 dan penjelasannya.

Tempat Parkir

Tempat parkir memiliki bahaya kebakaran yang sedang. Di sini ada kendaraan yang di parkir. Kendaraan tentunya memiliki risiko terbakar karena memiliki bahan bakar minyak serta komponen listrik di dalamnya. Mobil yang sedang diparkir dan tidak menyala memang cenderung aman. Namun bahaya kebakaran tetap ada di tempat ini. Tempat parkir yang terbuka cenderung lebih aman daripada yang tertutup.

Pabrik Elektronika

Pabrik barang elektronik juga memiliki risiko bahaya kebakaran sedang. Di tempat ini terdapat peralatan listrik yang dibuat dan digunakan. Alat-alat listrik tersebut bisa aman jika memang terawat dan selalu diperiksa keamanannya. Manajemen juga perlu membuat proses kerja yang aman serta menyiapkan sistem proteksi kebakaran yang memadai.

Pabrik Roti

Pabrik roti menggunakan beberapa mesin listrik. Di sini juga menyimpan beberapa bahan makanan. Meskipun tidak berbahaya tinggi, namun pabrik dengan peralatan dan bahan-bahan makanan tersebut juga berisiko mengalami kebakaran. Alat pemadam serta alarm kebakaran profesional juga diperlukan di tempat ini.

Binatu

Binatu merupakan tempat untuk mencuci pakaian dan mengeringkannya. Di tempat ini terdapat banyak mesin cuci yang bekerja dengan listrik. Peralatan listrik di tempat binatu ini bisa menjadi salah satu sumber penyebab kebakaran. Meski hanya berbahaya sedang, namun tempat binatu juga membutuhkan alat pemadam kebakaran yang berjalan dengan baik.

Jasa EPC Pencegah Bahaya Kebakaran

Secara umum, tempat dengan bahaya kebakaran sedang memiliki risiko yang sedang terhadap terjadinya kebakaran. Jika terjadi kebakaran maka bisa ditangani dengan alat pemadam yang sesuai. Petugas kebakaran bisa membantu menangani jenis kebakaran sedang. Namun tentu akan lebih baik jika sudah tersedia sistem proteksi kebakaran dalam area tersebut.

Totalfire Indonesia bisa diandalkan untuk melakukan perencanaan dan pemasangan alat proteksi kebakaran di berbagai jenis bangunan. Tempat-tempat dengan bahaya kebakaran sedang tipe 1 perlu memiliki alat proteksi kebakaran profesional.

Kami menyediakan jasa dan alat proteksi yang diperlukan untuk tempat dengan berbagai tipe bahaya kebakaran. Konsultasikan kebutuhan proteksi kebakaran bangunan Anda dengan para ahli di Totalfire Indonesia.