Office Fire Safety Guna Mencegah Dan Memadamkan Kebakaran Gedung Kantor

Office fire safety diperlukan untuk menjaga bangunan kantor terhindar dari kerugian yang besar karena kebakaran. Kantor sendiri ada berbagai jenis sehingga risiko kebakarannya juga akan berbeda-beda. Risiko akan meningkat jika kantor tersebut semakin besar, semakin banyak orang, serta memiliki bahan yang mudah terbakar. Penggunaan sistem fire safety untuk bisa dilakukan melalui jasa kontraktor profesional.

Penyebab Bahaya Kebakaran di Kantor

Kantor merupakan salah satu bangunan yang memiliki risiko kebakaran. Namun bahaya kebakaran di kantor bisa berbeda-beda tingkat tergantung dari luas bangunan serta perlengkapan di dalamnya. Office fire safety secara umum diperlukan untuk bangunan kantor agar bisa melindungi dan mencegah risiko kebakaran. Apa saja penyebab bahaya kebakaran di kantor? Berikut daftar dan penjelasannya.

Masalah pada Peralatan Listrik

Menempati daftar penyebab paling umum kebakaran di tempat kerja, peralatan dan instalasi listrik yang rusak dapat mengakibatkan beberapa ancaman keselamatan yang serius.

Salah satu alasan mengapa begitu umum adalah karena setiap kantor dilengkapi dengan listrik, dan gangguan dapat terjadi di mana saja. Kabel yang longgar, soket yang kelebihan beban, dan pemasangan yang salah semuanya dapat menambah risiko kebakaran pada properti.

Bahan yang Mudah Terbakar

Jika kantor berurusan dengan bahan yang mudah terbakar maka perlu memastikan bahwa bahan tersebut disimpan dengan benar. Jika pihak kantor tidak menyimpan dengan benar maka bisa menjadi kontributor kebakaran kantor. Mengingat bahayanya bagi karyawan dan pengunjung, semua bahan yang mudah terbakar seperti kertas, kayu, dan karton harus dijauhkan dari sumber api, disimpan dengan hati-hati, dan dibuang secara teratur.

Kekacauan/Ketidakrapian

Masalah umum yang ditemukan di banyak kantor, kekacauan karena kurangnya pembersihan yang konsisten membuat tempat kerja tidak rapi dan berantakan. Meskipun mungkin terlihat tidak menarik secara visual, itu juga menambah risiko kebakaran, terutama jika itu terjadi di kantor yang berventilasi buruk.

Kurangnya kebersihan dan pemeliharaan juga dapat menyebabkan peralatan kantor menjadi terlalu panas dan tidak berfungsi, menyebabkan kebakaran jika dibiarkan tanpa pengawasan.

Kesalahan Manusia

Adanya banyak orang di kantor pada waktu tertentu, kesalahan manusia dapat menjadi kontributor besar kebakaran kantor. Ini bisa berupa penggunaan peralatan yang tidak tepat hingga ketidakmampuan mereka untuk melaporkan mesin yang rusak dan merokok sembarangan. Karyawan dan pengunjung, jika tidak diberikan pelatihan yang tepat dan diberitahu tentang prosedur yang benar untuk diikuti, dapat menyebabkan kecelakaan yang menyebabkan kebakaran.

Pembakaran yang Disengaja

Office fire safety diperlukan juga saat terjadi pembakaran yang disengaja. Ini mungkin terdengar aneh dan sulit dipercaya, tetapi sebagian besar dari semua kebakaran serius di Inggris, baik perumahan maupun komersial, diduga disebabkan oleh pembakaran.

Ini dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan ke tempat kerja dan menyebabkan kerusakan pada kehidupan dan properti. Terkait alasan ini, sangat penting bagi untuk mengidentifikasi risiko dengan benar dan mengamankan diri, kantor, dan semua penghuninya dari perusak dari luar.

Cara Mengurangi Risiko Kebakaran di Kantor

Risiko kebakaran di lingkungan kantor dapat diminimalkan dengan memiliki sistem proteksi kebakaran yang baik. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kebakaran di kantor, antara lain:

  • Membuat Penilaian Risiko Kebakaran untuk kantor, dan membuat rencana darurat.
  • Menjaga agar pintu kebakaran dirawat secara teratur, dan jangan biarkan staf membukanya.
  • Pastikan semua item listrik diuji dan dirawat.
  • Pastikan sistem kelistrikan juga diuji secara teratur, setidaknya sekali setiap tahun.
  • Edukasi staf tentang risiko soket yang kelebihan beban, dan pastikan tidak ada orang yang menggunakan pengisi daya telepon palsu.
  • Memasang dan memelihara sistem deteksi dan pemadaman kebakaran yang sesuai.
  • Pastikan bahwa pelatihan keselamatan kebakaran dan latihan kebakaran dilakukan secara teratur.
  • Pertimbangkan penyandang disabilitas, tidak semua orang dapat merespons dan melarikan diri dari kebakaran dengan cara yang sama.
  • Miliki kebijakan merokok dan melaksanakannya.
  • Penting untuk mempertimbangkan risiko dari tetangga kantor, apakah itu berada di satu bangunan atau tidak.

fire safety fire alarm fire sprinkler

Peralatan Pengendalian Kebakaran

Office fire safety memerlukan peralatan pengendali kebakaran. Penyediaan peralatan ini dapat melalui jasa fire protection. Berikut ini pengendalian dan peralatan keselamatan kebakaran yang harus temukan di kantor.

  • Alarm kebakaran: Ini akan berbunyi ketika dipicu baik oleh campur tangan manusia atau oleh detektor asap/panas.
  • Detektor asap: Ini harus di berbagai tempat di sekitar kantor, seperti yang disarankan dan dipasang oleh orang yang kompeten.
  • Selimut api: Selimut api terbuat dari bahan tahan api dan dapat memadamkan api kecil.
  • Alat pemadam kebakaran: Di kantor dianggap sebagai kebutuhan untuk memiliki alat pemadam api air dan CO2 karena ini harus mencakup semua skenario. Jumlah dan penempatan alat pemadam kebakaran harus diuraikan, dengan dukungan orang yang kompeten.
  • Penerangan darurat: Semua rute darurat dan pintu keluar harus menyala dengan baik. Ini harus mencakup penerangan di setiap pintu, koridor, perubahan arah dan ketinggian lantai, tangga, dan di samping peralatan dan alarm pemadam kebakaran.
  • Sistem sprinkler: Sistem sprinkler bereaksi sangat cepat; mereka dapat secara dramatis mengurangi panas, nyala api dan asap yang dihasilkan dalam api.
  • Signage: Semua tanda keselamatan kebakaran harus berisi gambar sehingga siapa pun dapat memahaminya secara sekilas. Pastikan lampu menyala dengan baik sehingga dapat terlihat dalam keadaan darurat, meskipun listrik padam.
  • Pintu kebakaran: Ini harus selalu ditutup. Pintu kebakaran harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga mencegah penyebaran api, sambil mempertahankan rute pelarian.

Bagi yang ingin memasang sistem office fire safety, bisa melalui PT. Totalfire Indonesia. Kami menyediakan jasa yang lengkap mulai dari desain, pemasangan, sampai pemeliharaan sistem proteksi kebakaran. Tersedia peralatan kebakaran berkualitas sesuai dengan standar keselamatan internasional.