Apa Saja Yang Masuk Dalam Kategori Fire Protection?

Fire protection adalah kontraktor proteksi api kebakaran

Kebakaran memang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti suhu yang panas, kadar oksigen yang tinggi di sekitar tempat yang bersuhu panas, dan adanya bahan-bahan yang memang mudah terbakar, baik padat maupun cair.

Terjadinya kebakaran akan sangat merugikan, bahkan kemungkinan dapat menelan korban jiwa. Jika kebakaran terjadi di sebuah rumah, harta benda yang ada di dalamnya akan ikut terbakar, bahkan api dapat merambat ke rumah-rumah lain yang ada di sekitarnya. Jika kebakaran terjadi di sebuah gedung perkantoran, semua aktivitas bekerja akan terganggu dan inventaris kantor turut dilalap si Jago Merah.

Untuk meminimalkan kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran, setiap rumah dan gedung, baik pusat perbelanjaan, pabrik, perkantoran, hotel, maupun gudang, harus dilengkapi dengan fire protection. Fire protection adalah konstruksi yang sangat penting dan harus ada saat membangun rumah atau gedung untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Kategori Fire Protection

Sebelum membangun sebuah rumah atau gedung, Anda harus merencanakannya sebaik mungkin, termasuk memikirkan pemasangan fire protection di tempat yang tepat. Fire protection adalah hal yang sangat penting dan harus ada dalam pembangunan rumah atau gedung dan menjadi cara yang ampuh untuk mencegah terjadinya kebakaran yang sangat merugikan.

Fire protection ini dapat dibagi menjadi 3 kategori utama, yaitu program engineering, program penegakan sistem, dan program edukasi.

  1. Program Engineering

Program engineering adalah program pencegahan kebakaran yang meliputi perencanaan dan proses pembangunan yang aman sehingga terhindar dari kebakaran, seperti instalasi fire protection system (pasif) dan instalasi fire detection system (aktif). Program ini memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya kebakaran. Tanpa program engineering yang baik, program penegakan sistem dan program edukasi tidak dapat bekerja secara optimal.

Prinsip yang harus diperhatikan pada program ini adalah bahan bangunan, desain dan konstruksi bangunan, desain dan rencana pengembangan bangunan, jaringan pasokan air pemadam, pemasangan sistem perlindungan kebakaran, serta sistem pemadaman kebakaran.

Selain memerhatikan prinsip-prinsip tersebut, seseorang yang membangun rumah atau gedung juga harus bekerja sama dengan ahli atau inspektur kebakaran. Hal ini dikarenakan ahli kebakaran memiliki pengetahuan tentang regulasi kebakaran dan fire code, seperti kebijakan perusahaan, NFPA (National Fire Protection Association), OSHA (The Occupational Safety and Health Administration), perusahan asuransi yang digunakan, dan regulasi pemerintah.

Fire protection adalah hal yang sangat penting dalam pembangunan dan harus dibuat sesuai dengan standar nasional atau standar internasional. Oleh karena itu, orang-orang yang terlibat di dalamnya harus mengetahui letak yang tepat dan banyaknya fire protection, fire extinguisher, dan sprinkle yang diperlukan.

  1. Program Penegakan Sistem

Program penegakan sistem adalah program pencegahan kebakaran yang bertujuan untuk memastikan semua sistem fire protection bekerja sesuai dengan regulasi atau fire code yang ada. Fire protection adalah konstruksi yang harus selalu ada dalam pembangunan rumah atau gedung. Agar dapat bekerja secara optimal, fire protection harus diperiksa secara berkala.

Setiap pemeriksaan, apalagi jika ditemukan adanya kerusakan, harus dilaporkan pada pihak pemilik rumah atau pengelola gedung untuk segera diperbaiki. Semakin cepat perbaikan yang dilakukan, peluang untuk mencegah terjadinya kebakaran semakin besar.

  1. Program Edukasi

Program edukasi adalah program pencegahan kebakaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pekerja tentang kebakaran. Program ini meliputi bahaya kebakaran, cara mencegah kebakaran, mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran, evakuasi saat terjadi kebakaran, dan berbagai pelatihan tentang kebakaran.

Itulah 3 kategori utama yang harus diperhatikan dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran. Dalam membangun rumah atau gedung, Anda harus memasang fire protection dengan 3 kategori utama tersebut. Fire protection adalah konstruksi yang sangat penting dan harus ada di setiap rumah atau gedung yang proses pemasangannya harus sesuai dengan standar nasional atau standar internasional.

Jika suatu gedung tidak menggunakan fire protection, pihak pengelola gedung harus membentuk komite keselamatan kebakaran untuk mencegah terjadinya kebakaran dengan cara memberikan pelatihan pada para pekerja di gedung tersebut, melakukan perencanaan kegiatan tentang pencegahan kebakaran, dan mengidentifikasi bahaya kebakaran.